Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Musik Adalah: Pengertian, Sejarah dan Genre Musik

Ilmucerdasku.com. Musik dikelompokkan menjadi 3 jenis musik, yaitu musik tradisional, musik modern, dan musik kontenporer (kolaborasi musik tradisional dan modern). Musik tidak telah ada di zaman dulu bahwa juga ada dewa musik yang disebut dengan 'muse' dan itu telah ada sejak berabad-abad lamanya.

Musik tidak akan pernah lepas dari kehidupan manusia dari dulu hingga saat ini dan musik juga sangat memiliki peran penting dalam kehidupan manusia itu karena musik memiliki nilai dinamis, ekonomis dalam hal bisnis serta sangat populer dikalangan masyarakat.

Begitulah musik, selalu memberi warna dalam kehidupan dan menemani dalam kesunyian serta menjadi teman saat kesepian.

Musik Adalah: Pengertian, Sejarah dan Genre Musik

Pengertian Musik dan Unsur Musik.

Dilansir dari id.wikipedia.org menyatakan bahwa musik yang dalam bahasa yunani disebut dengan 'mousike' adalah suatu kesenian dalam menyusun nada atau suara hingga sedemikian rupa sehingga membentuk irama dan keharmonisan.

Musik sendiri terdiri dari beberapa unsur musik diantaranya adalah melodi, harmoni, ritme, dan timbre dan segala bentuk benda yang bisa menghasilkan bunyi-bunuian disebut dengan musik.

Pengertian musik secara umum dikutip dari dosenpendidikan.co.id mengatakan bahwa musik adalah serangkaian nada dan bunyi yang mengekspresikan emosi manusia yang dibentuk sedemikian rupa sehingga membentuk irama, lagu dan harmoni.

Sedangkan pengertian musik menurut para ahli diantaranya yaitu dari Jamalus (1998:1) menyatakan bahwa musik adalah hasil dari karya seni bunyi-bunyian dalam bentuk lagu atau komposisi pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur pokok seperti irama, melodi, harmoni serta lagu dan ekspresi yang membentuk suatu kesatuan.

Sejarah Musik.

Tidak ada yang tau pasti kapan seni musik mulai dikenal namun bekangan muncul perkiraan atau spekulasi bahwa musik hadir sejak munculnya para manusia Hmo Sapiens sekitar 100.000 tahun silam.

Menurut penemuan arkelogi di benua afrika terdapat perubahan atau evolusi pada otak manusia yang lebih pintar dari hewan. Dimasa itu manusia mulai merancang perubahan yang lebih teratur dan terarah sehingga pengetahuan yang mereka milik digunakan untuk berburu hewan untuk dijadikan makanan.

Hal tersebut menjadi bukti bahwa manusia dimasa itu mulai mengggunakan imajinasi dan spiritualitasnya.Kehidupan yang berpindah -pindah bisa jadi memberinya inspirasi untuk menggunakan tulang kering kaki hewan buruannya untuk dijadikan alat tiup yang mengeluarkan bunyi. 

Ada pula yang mungkin mendapatkan inspirasi saat memperhatikan alam dengan menggunakan rongga kayu untuk ditiup hingga mengeluarkan bunyi dan jadilah suling purba.

Musik Zaman Prasejarah.

Teori pra sejarah hanya berdasarkan atas penemuan arkelogi paleolitik dimana seruling merupakan salah satu alat yang paling banyak dipreoritaskan untuk di teliti dimana suling dimasa itu berbentuk seperti 'Shakuhachi' yang berasal dari jepang. 

Juga terdapat seruling 'Divje Babe' yang terbuat dari tulang paha hewan beruang yang menurut penelitian suling tersebut sudah ada sekitar 40.000 tahun lalu.

Hal menarik lainnya yaitu alat musik yang terbuat dari dawai atau senar juga sudah ada sejak zaman peradaban lembah sungai indus di India yang juga memiliki salah satu prasasti musik tertua didunia yang sumbernya dari kitab Weda.

Penemuan terbesar dan tertua dari alat musik pra sejarah terdapat di Cina yang berjarak sekitar 6600 sampai 7000 sebelum masehi dibuktikn dengan ditemukannya lagu-lagu 'Hurri yang berupa kumpulan musik tertulis dalam bentuk tulisan kuno yang digali dari Hurrian di kota Ugarit yang diperkirakan telah ada sejak 1400 masehi.

Berbagai Jenis Genre Musik.

Dilangsir dari gramedia.com. Dimasa sekarang ini seiring dengan perkembangan seni musik dunia, sudah tercipta berbagai macam genre musik yang terkenal di dunia. Segala jenis genre musik tersebut menjadi penomenal dengan keunikannya masing-masing baik di daerah hingga manca negara.

Setiap wilayah baik di daerah hingga dunia tercipta berdasarkan karakteristik budaya serta keahlian para penemunya dalam menciptakan alat musik yang berusumber dari beragai jenis peralatan musik, mulai dari alat musik tabuh tradisional seperti tifa di papua hingga alat musik pukul modern di eropa seperti Drum.

Jenis-Jenis Musik.

Dikutip dari Gramedia.com, jenis atau genre musik saat ini sangat banyak jenisnya yang diantaranya adalah sebagai berikut.

- Genre musik Klasik,

- Genre musik Blues,

- Genre musik Jazz,

- Genre musik Contry,

- Genre musik Teckno,

- Genre musik R&B,

- Genre musik Reggae,

- Genre musik Metal,

- Genre musik Rap,

Sedangkan diIndonesia sendiri terdapat beberapa genre musik yang terkenal seperti:

- Genre musik Danggut,

- Genre musik Pop, dan

- Genre musik Balada.

Kita Bahas satu persatu ya biar lebih jelas tentang jenis pertunjukan musik ini, berikut uraian singkatnya.

a. Musik Klasik.

Awal mula perkembangan musik klasik ini dimulai di Eropa sekitar tahun 1750-an dan musik klasik sendiri paling dengan warna musik yang memiliki nuansa romantis.

Beberapa genre musik klasik yang terkenal hingga saat ini diantaranya adalah ;

- Chopin,

- Mozart,

- Johann Pachelbel, dan

- Beethoven.

Keempat jenis musik klasik ini menjadi sumber inspirasi dari berbagai musisi yang beru muncul di zaman ini.

b. Musik Blues.

Blues pertama kali diperkenalkan di Amerika sebagai musik vocal dan instrument yang bersumber dair musik spiritual yang datangnya dari para mantan budak-budak afrika yang tinggal di Amerika yang dibuktikan dengan adanya blue not dan adanya penerapan dalam pola call and response (terdapat tanya jawab antara penyanyi pertama dan penyanyi ke dua).

c. Musik Jazz.

Musik jazz merupakan penggabungan beberapa jenis atau arna musik seperti musik band, ragtime, musik eropa dan blues. 

Pada musik jazz juga terdapat aliran turunan atau sub genre dari musik jazz seperti Smooth Jazz, Free jazz, Jazz Fusion, Cool Jazz dan lainnya.

Yang unik dari aliran jazz ini salah satunya adalah banyaknya jenis alat musik yang digunakan dalam memainkannya seperti Trombon, Trompet, Piano, Saksofon, Gitar bas, Gitas melodies, hingga Akustik.

Keunikan lain dari musik jazz ini diantaranya adalah posri improvisasi yang tidak lepas dari setiap tampilannya yang semakin memperkaya harmoni musik tersebut dan menambah nilai estetik musik yang membuat para penikmatnya bisa hanyut dalam setiap permainnanya.

d. Musik Contry.

Awal mula musik country yaitu di Amerika tepatnya di pegunungan Appalachia Amerika Selatan dengan ciri khas musik dengan nada yang ceria yang membawa unsur santai dan sangat enka di nikmati jika berada di pesisir pantai.

Menurut sejarah, Sumber utama kemunculan musik country ini berasal dari lagu-lagu rakyat Amerika Utara seperti musik gospel, kelt dan perkembangannya dimulai pada tahun 1920-an dan di tahun 1940-an mulailah di kenal dengan musik contry yang menggantikan istilah musik hillbilly yang didalam pengertiannya memiliki kesan merendahkan dan istilah country yang melekat pada musik ini semakin populer setelah tahun 1970-an.

e. Musik Dangdut.

Di Indonesia sendiri terdapat jenis musik dangdut dan siapapun manusianya tidak akan pernah mengatakan tidak kenal dengan musik dangdut sebab musik dangdut merupakan ikon dari musik ciri khas Indonesia.

Dengan menggunakan alat musik seperti gendang dan tabla, hal tersebut membuat musik dangdut memiliki ciri khas tersendiri di mata masyarakat dan juga di mata dunia.

Musik dangdut sebenarnya terinspirasi dari musik-musik Bollywood di India maka dari itu antara dangdut dan musik India hampir memiliki ciri khas yang sama namun membedakan hanya ada pada teknik memainkan alat dan jenis alat tabuhnya saja.

Nah itulah beberapa penjelasan singkat tentang musik terkait pengertian sejarah dan genre musik nya. Bagi teman- teman yang ingin lebih lengkapnya silahkan copy link berikut. https://www.gramedia.com/best-seller/genre-musik/. Cukup sekian dari kami semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Musik Adalah: Pengertian, Sejarah dan Genre Musik"