Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yang bukan menjadi penyebab keberhasilan seorang wirausaha menjadi sukses adalah

Faktor yang bukan menjadi penyebab keberhasilan seorang wirausaha.

Salam sahabat ilmucerdasku dimanapun berada. Dalam berwirausaha tentunya terdapat faktor yang menjadi penyebab keberhasilan dan kegagalan serta apa yang bukan menjadi penyebab dari keberhasilan seorang wirausaha menjadi sukses.

Hal tersebut akan coba kita bahas bersama - sama dalam artikel ini secara detail dan lengkap. Namun sebelum memulainya, sekedar kami mengingatkan agar senantiasalah membaca hingga tuntas agar mudah mengerti dan tidak gagal faham dalam memaknai setiap penjelasan yang akan diberikan.

Terkait judul diatas tentang apa saja yang bukan menjadi faktor penyebab keberhasilan wirausahawan menjadi sukses akan kita bahas diakhir artikel dan berikut uraiannya.

Apa itu wirausaha, penyebab keberhasilan dan kegagalannya?

Banyak defenisi tentang wirausaha/wirausahawan atau entrepreneur yang salah satunya di kemukakan dalam KBBI atau kamus besar bahasa indonesia yang menyatakan bahwa wirausaha adalah orang yang cerdas atau pandai serta berbakat dalam mengenal atau meciptakan produk baru atau menyusun roduk baru serta mengenalnya dan dapat mengatur permodalan dan memasarkannya.

Secara umum, didalam keputusan menteri koperasi dan pembinaan -engusaha kecil no 961/KEP/M/XI/1995, manyatakan bahwa kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau aktifitas yang mengarah pada usaha baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Selain itu, seorang wirausahawan juga dituntut untuk berani mengambil resiko, memiliki kemampuan berfikir yang baik serta mampu berinovatif dalam membangun usahanya.

Keberhasilan dan kegagalan wirausaha.

Yang bukan menjadi penyebab keberhasilan seorang wirausaha sukses

Terkait dengan keberhasilan dan kegagalan dalam berwirausaha perlu diketahui bersama bahwa seseorang pada umumnya tidak mau menerima suatu kegagalan.

Baca juga: Perbedaan usaha, wirausaha dan kewirausahaan. Klik Disini.

Kalaupun ada itu terkesan hanya sedikit saja sebab mereka tidak mampu memahami bahwa kegagalan itu hanya sementara saja karena kegagalan merupakan awal mula dari keberhasilan itu sendiri.

Seorang wirausahwan yang memiliki mental serta pribadi yang kuat dalam kewirausahaan tidak akan mudah untuk putus asa jika berada dalam ambang kegagalan dan ia akan selalu berusaha bangkit kembali untuk memperoleh apa yang diinginkannya.

Hal terpenting lainnya adalah bahwa seorang wirausaha yang cerdas akan senantiasa menjadikan kegagalan tersebut sebagai suatu pelajaran dan pengalaman buruk yang tidak akan diulanginya lagi dikemudian hari.

Keberhasilan seorang wirausaha sukses.

Faktor penyebab keberhasilan dari seorang wirausahwan sukses terdiri dari beberapa faktor yang diantaranya adalah sebagai berikut.

- Perencanaan.

Perencanaan yang matang dalam usaha merupakan faktor terpenting keberhasilan dari usaha itu sendiri sebab jika tanpa perencanaan maka terkesan wirausahawan tersebut tidak memiliki tujuan dalam merintis usahanya.

- Menetapkan tujuan.

Perencanaan tidak akan terlepas dari penetapan tujuan sebab kedua hal tersebut selalu seiring sejalan sebab perencanaan tanpa tujuan sama saja bohong karena tujuan perencanaan tersebut akan menentukan apakah usaha yang kita rintis hanya sekedar hobi atau untuk mendapatkan keuntungan.

Baca juga: Kewirausahaan makanan awetan. Klik Disini.

- Adaptasi.

Setiap usaha pasti akan selalu menemukan dan mendapatkan tantangan dalam hal persaingan yang tidak ada habisnya. Maka dari itu, dibutuhkan kemampuan dalam hal adaptasi guna menghadapi dan menyelesaikan tantangan tersebut sebagai penentu apakah usaha tersebut akan lanjud atau gulung tikar.

- Inovasi.

Seorang wirausaha yang sukses tidak hanya sekedar mampu beradaptasi namun juga wajib untuk berinovasi terhadap produknya agar para konsumen tidak lari kepada pesaingnya yang lebih inovatif dalma hal membuat dan memasarkan produknya.

- Pemasaran.

Teknik yang digunakan dalam memasarkan produk yang dibuat seorang wirausahawan juga menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan wirausaha tersebut sebab jika dalam memasarkan produk kita tidak inovatif dan tidak produktif maka hal tersebut dapat mengakibatkan usaha tersebut gagal.

- Tidak mengeluh.

Selalu berusaha dan tidak mengeluh. Inilah faktor utama keberhasilan suatu usaha sebab mengeluh bukanlah solusi dan hanya akan membuat seorang wirausahawan akan semakin pesimis dalam menjalankan usahanya.

Dari semua penjelasan terdapat pula hal- hal yang dapat mengakibatkan kegagalan dalam menjalankan suatu usaha, lalu apa hal yang bisa membuatkan kegagalan dalam berwirausaha?

Baca juga: Pengertian, Karakter dan sifat seorang wirausahawan sukses. Klik Disini.

Kegagalan seorang wirausahawan.

- tidak disipilin,

- tidak memiliki tuuan usaha,

- tidak memiliki ambisi,

- ilmu yang tidak cukup, 

- suka menunda - nunda, 

- tidak jujur,

- tidak bisa bekerjasama dengan orang lain, dan lainnya.

Setelah membaca uraian singkat diatas, maka dapat kita tarik jawaban atas pertanyaan tentang faktor yang bukan menjadi penyebab keberhasilan seorang wirausaha menjadi sukses, yaitu fokus pada suatu produk dan inovatif.

Mengapa demikian? alasannya adalah sebab apapun jenis produk seorang wirausahawan sukses baik satu jenis produk atau banyak produk, serta apapun inovasinya jika faktor keberhasilan dan kegagalan yang telah dijelaskan diatas tidak dijalankan secara disiplin maka semua akan sia sia saja.

Baca juga: Wirausaha inspirasi objek budaya lokal. Klik Disini.

Nah.. sampai disini mungkin kita semua sudah bisa memahami dan mengerti serta menemukan jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut. 

Sebelum kami akhiri, sedikit kami menyampaikan agar sekiranya dan sudi kiranya anda membagikan artikel singkat ini dengan cara share (bagikan) ke teman - teman anda yang lainnya untuk membantu kami agar terus berkembang.

Mungkin cukup sekian dari kami tim ilmucerdasku semoga artikel ini dapat membantu dan teman - teman anda yang lainnya dan terimakasih.

Sumber referensi :

Kiat sukses menjadi seorang wirausahawan 

Apa saja faktor keberhasilan wirausaha.

13 faktor keberhasilan wirausaha yang wajib dimiliki.