Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah pertama dalam pembuatan karya kerajinan dari bahan lunak adalah

Langkah Pertama Dalam Pembuatan Kerajinan Bahan Lunak.

Salam sabahat ilmucerdasku dimanapun berada. Dalam materi kali ini kita akan mengurai sedikit tentang langkah pertama dalam pembuatan kerajinan dari bahan lunak yang semoga dapat memberikan jawaban atas petanyaan anda.

Namun sebelumnya, biasakanlah membaca hingga tuntas agar materi yang disampaikan jelas dan tidak salah faham dan atau gagal faham dalam mengurai jawabannya.

Untuk singkat dan jelasnya mari kita sama - sama menyimak uraian singkat berikut dibawah ini.

Bagaimana langkah pertama dalam pembuatan karya kerajinan dari bahan lunak? berikut uraiannya.

a. Tahap melakukan Rancangan (desain)

Hal pertama dalam pembuatan karya kerajinan dari bahan lunak ini dimulai dengan ide (gagasan) yang kemudian dibuat sketsa/rancangan kerajinan yang akan dibuat.

Rancangan ini biasanya dilakukan dengan membuat sketsa dengan cara digambar atau dengan cara membuat prototype (berbentuk 3 dimensi namun belum berupa kerajinan yang sebenarnya).

b. Tahap mempersiapkan alat dan bahan.

Setelah rancangan dibuat rancangan kerajinan yang akan dibuat selanjudnya mempersiapkan bahan serta alat untuk membuat kerajinan dari bahan lunak tersebut. Usahakan agar bahan yang digunakan telah di seleksi terlebih dahulu untuk menunjang kualitas dari kerajinan bahan lunak yang akan dibuat.

c. Tahap pembuatan kerajinan sesuai dengan model rancangan.

setelah bahan dan alat telah siap selanjutnya yaitu membuat benda kerajinan yang dimulai dari bagian dasar dari bentuk kerajinan tersebut agar mudah dibentuk serta mempercepat proses pembuatan.

d. Tahap Penyelesaian.

Tahapan penyelesaian sering juga dikenal atau disebut dengan finishing, pada proses ini dilakukan dengan cara merapikan, memberikan hiasan atau aksesorie pada kerajinan,atau dengan pewarnaan untuk lebih menambah nilai estetik pada produk kerajinan bahan lunak yang telah dibuat.

Secara umum, jenis bahan dasar produk kerajinan dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu produk kerajinan dari bahan lunak dan produk kerajinan dari bahan keras.

Beberapa kerajinan lebih banyak memanfaatkan bahan - bahan alam seperti tanah liat, serta alam, kayu, bambu, kulit, rotan, logam, batu dan lainnya.

Selain itu, juga terdapat pengerajin yang memanfaatkan limbah sintetis seperti limbah kertas, plastik dan karet.

Langkah pertama dalam pembuatan karya kerajinan dari bahan lunak

a. Pengertian kerajinan dari bahan lunak.

Kerajinan dari bahan lunak adalah produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat lunak.

Adapun beberapa bahan lunak yang digunakan dalam pembuatan produk kerajinan dari bahan lunak, yaitu sebagai berikut:

b. Bahan lunak alami.

Bahan lunak alami adalah bahan lunak yang diperoleh dari alam sekitar dan cara pengolahannya juga secara alami tidak dicampur maupun dikombinasi dengan bahan buatan.

Contoh dari bahan lunak alami yang banyak dikenal adalah tanah liat, serat alam dan juga kulit.

c. Bahan lunak buatan.

Bahan lunak buatan adalah bahan untuk karya kerajinan yang diolah menjadi lunak. Beragam karya kerajinan dari bahan lunak buatan dilah dapat dibuat berdasarkan bahan yang digunakan.

Bahan - bahan yang digunakan dapat berupa bubur kertas, gips, fiberglas, lilin, sabun, spons dan lainnya.

Nah itulah sedikit penjelasan singkat tentang apa itu kerajinan dari bahan lunak, apa itu bahan lunak alami, dan apa itu bahan lunak buatan.

Nah.. sampai disini kami rasa sudah cukup jelas tentang tahapan pertama dalam pembuatan karya kerajinan dari bahan lunak diatas, semoga dapat memberikan jawaban yang tepat untuk anda dan terimakasih.