ilmucerdasku.com | Milenial ? Disini Aja

Kegiatan seseorang dalam menilai atau menghargai karya seni disebut ?

Kegiatan menilai atau menghargai karya seni disebut ?

Salam sahabat ilmucerdasku dimanapun berada. Kegiatan seseorang dalam menilai atau menghargai karya seni disebut dengan apresiasi. mengapa demikian?

Berikut penjelasan singkat yang akan coba kami uraikan berdasarkan pengalaman kami dan perlu diperhatikan agar biasakanlah membaca hingga tuntas agar tidak salah paham dan gagal paham. Berikut penjelasan singkatnya.

Apa yang dimaksud dengan apresiasi karya seni ?

Apresiasi karya seni adalah aktifitas mengindra karya seni, merasakan, menikmati, menghayati, dan juga menghargai keindahan dalam karya seni serta menghormati keberagaman konsep dan variasi konvensi artistik eksistensi dunia seni.

Secara teori, menurut Brent G. Wilson bahwa apresiasi seni memiliki tiga domain, yaitu feeling (perasaan), valuing (penilaian), dan emphatizing (empati).

Feeling, dalam hal ini berkaitan atau berhubungan dengan perasaan keindahan.

Valuing, berkaitan dengan nilai dan empati terhadap suatu karya seni, dan 

Emphatizing, berkaitan dengan sikap hormat terhadap dunia seni rupa, termasuk kepada seniman, yaitu perupa seperti pelukis, pematung, penggrafis, pendesain, pengriya dan lainnya.

Bagaimana cara kita mengembangkan sikap empati kepada seniman ?

Kegiatan seseorang dalam menilai atau menghargai karya seni

Apresiasi seni budaya, termasuk seni rupa sebagai bagian dari estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitifitas kemampuan mengapresiasi keindahan serta harmoni mencakup apresiasi secara saintifik dan ekpresi,

Baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.

melalui pengenalan dengan para tokoh seniman seni budaya, reputasi dan konstibusi mereka bagi masyarakat dan bangsa, atau kemanusiaan pada umumnya, adalah upaya nyatamengembangkan perasaan simpati, 

Yang jika dilkukan berulang ulang akan meningkat menjadi perasaan empati. Dengan demikian, peserta didik menjadi kagum akan apresiasi dan jasa - jasa para seniman atau budayawan berdasarkan kualitas karya seni pengakuan serta penghargaan yang diperoleh, baik dalam tingkat lokal, nasinal dan internasional.

mungkin cukup sampai disini apa yang bisa kami sampaikan, semoga artikel tentang seseorang dalam menilai atau menghargai karya seni disebut diatas beramanfaat untuk anda dan terimakasih.

Kegiatan seseorang dalam menilai atau menghargai karya seni disebut ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Akbar Pagala

0 komentar: