ilmucerdasku.com | Milenial ? Disini Aja

Sebutkan dua macam seni rupa berdasarkan jenisnya

Seni Rupa Berdasarkan Jenisnya

Salam Sahabat ilmucerdasku dimanapun berada, berikut akan coba kita uraikan tentang dua macam seni rupa berdasarkan jenisnya yang semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua.

Tapi sebelumnya, biasakanlah membaca hingga tuntas agar tidak salah faham dan gagal faham, dan adapun uraiannya adalah sebagai berikut. 

Dalam berkarya seni rupa, kita mengenal ada dua macam seni rupa yaitu karya seni rupa dua dimensi dan karya seni rupa tiga dimensi.

dua macam seni rupa berdasarkan jenisnya
Dua macam seni rupa berdasarkan jenisnya

Seni rupa dua dimensi.

Menurut jenisnya, seni rupa dua dimensi dibagi lagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah seni rupa murni dan seni rupa terapan.

Contoh seni rupa murni diantarnaya adalah seni rupa drawing, relief, seni lukis, dan seni grafis, sedangkan untuk karya seni rupa terapan terbagi lagi menjadi dua jenis, yakni seni kriya, dan seni desain.

Seni rupa lainnya: Pengertian seni lukis, gaya dan aliran seni lukis.

Contoh seni kriya diantaranya adalah seni membatik, kriya anyaman, dan kriya sungging, dan untuk seni rupa desain contohnya adalah seni poster, ilustrasi, logo, dan motif kain.

Seni rupa tiga dimensi.

Untuk karya seni rupa tiga dimensi, juga dibagi berdasarkan fungsinya, yaitu fungsi pertama adalah fungsi pakai (seni rupa terapan - appliet art) dan yang kedua adalah sebagai fungsi ekpresi saja (seni rupa murni - pure art).

Contoh dari seni rupa tiga dimensi dengan fungsi pakai diantaranya adalah seperti gelas minum yang terbuat dari keramik, sendok yang terbuat dari plastik atau kayu, kursi dari rotan atau ban bekas, dan lainnya.

Seni rupa lainnya: Unsur - unsur visual dalam seni lukis.

Sedangkan untuk karya seni rupa tiga dimensi yang berfungsi sebagai fungsi hias saja diantaranya adalah patung taman, pot bunga dari tanah liat, dan liannya.

Kita semua tentunya sudah tahu kalau seni rupa itu punya banyak jenis, baik itu dari segi fungsi, bahan, waktu perkembangannya dan juga tekniknya.

Masih ada lagi yang lainnya? ada dong.. yaitu seni rupa berasarkan tujuan pembuatannya, tujuan pembuatan yang dimaksud disini adalah seorang perupa membuat karya seni rupa dengan maksud tertentu.

Seni rupa lainnya: 14 Aliran seni rupa nusantara dan mencanegara dan contohnya.

Misalnya perupa membuat patung figura (wajah) seorang pahlawan dengan tujuan agar setiap orang yang melihat patung tersebut maka akan mengingat pula perjuangan orang dalam figur tersebut dalam sebuah sejarah di tempat iya berada.

Nah sampai disini mungkin kita semua sudah bisa mengerti tentang macam - macam seni rupa berdasarkan fungsinya tersebut di atas, semoga bermanfaat dan terimakasih. Salam ilmucerdasku.

Sebutkan dua macam seni rupa berdasarkan jenisnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Akbar Pagala

0 comments: