Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kebudayaan non benda dan bukan kebudayaan non benda

Kebudayaan non benda dan bukan kebudayaan non benda.

ilmucerdasku.com. Banyak contoh dan jenis budaya non benda di sekitar kita tanpa kita sadari, bahkan kadang kita sendiri yang melakukannya tanpa kita ketahui.

Bahkan sebagian dari mereka para pelaku seni dan budaya terkadang tidak tahu kalau yang mereka lakukan merupakan salah satu budaya non benda.

Berikut ini akan kami uraikan sedikit tentang jenis dan contoh kebudaya non benda/takbenda yang lengkap dengan penjelasannya sebagai berikut.

Contoh Kebudayaan non benda dan bukan kebudayaan non benda
Contoh Kebudayaan non benda dan bukan kebudayaan non benda

A. Kebudaya Non Benda atau Tak Benda.

10 Kebudayaan Unik Indonesia, Salah satunya bikin merinding.

Kebudayaan non benda adalah kebudayaan yang menghasilkan produk tidak dalam bentuk benda/non-benda karena memiliki sifat yang abstrak/non-materil, tidak dapat dilihat dan diraba juga dihirup melainkan hanya bisa dirasakan kehadirannya.

1. Contoh Kebudayaan Non Benda.

Terdapat  beberapa jenis contoh kebudayaan non benda. Berikut  ini adalah contoh beberapa jenis kebudayaan non benda adalah :

  • Seni tari tradisional,
  • Seni musik,
  • Lagu daerah
  • Cerita rakyat/dongeng,
  • Puisi,
  • Sajak,
  • Pantun,
  • Adat istiadat/kebiasaan,
  • Keyakinan/kepercayaan,
  • Seni Dua Dimensi/lukisan,
  • Dan lainnya, termasuk seni drama.

Salah satu dari budaya non benda di atas adalah seni musik, musik dikatakan budaya non benda karena musik hanya bisa didengar dan di rasakan keindahannya melalui indra pendengaran dan bukan dengan indra penglihatan.

10 Kampung yang aneh bikin heran, cuma ada di Indonesia.

Begitu juga dengan seni tari dan drama yang bisa dilihat dan dirasakan keindahannya namun tidak berwujud benda melainkan manusia.

Sedangkan sajak, pantun dan puisi dikatakan non benda itu karena ketiganya hanya bisa didengarkan dan tidak bisa di raba dan dilihat melainkan hanya bisa dirasakan.

Adat istiadat atau kebiasaan dan juga kepercayaan disebut kebudayaan non benda itu karena hal tersebut hanya bisa dirasakan dengan hati dan tidak bisa dilihat juga diraba.

Sedangkan lukisan bisa di lihat dan diraba namun tidak berwujud benda seperti seni patung karena lukisan terbuat dari cairan yang bewarna yang ditorehkan diatas kanfas.

B. Yang Bukan Termasuk Kebudayaan Non  Benda.

Salah satu kebudayaan yang bukan termasuk non benda salah satunya sudah dijelaskan di atas seperti tarian tradisional dan Drama

Ada juga : Wisata Tomohan yang Bikin Bulu Kuduk Merinding

Contoh lain warisan budaya yang bukan termasuk kebudayaan non benda yaitu tradisi dan ekspresi lisan, wayang, keris dan lainnya.

2. Kebudayaan Keris dan Wayang.

Bukankah keris dan wayang berwujud benda? benar demikian namun didalam benda tersebut ada nilai yang hidup hingga saat ini.

Dikatakan sebagai kebudayaan tak benda itu karena didalam batik dan keris serta wayang terdapat motif dan sejarah terciptanya budaya tersebut.

Sama halnya dengan musik, alat musiknya mungkin bisa di raba, dilihat dan dirasakan namun bunyi - bunyian yang dihasilkan benda tersebut tidak dapat di raba dan dilihat melainkan hanya bisa dirasakan.

Jadi pada intinya, keris, wayang ataupun batik dikatakan sebagai kebudayaan yang tidak tergolong dalam kebudayaan non benda itu karena benda tersebut tidak dinilai dari segi fisiknya melainnya nilai - nilai sejarahnya.

Sampai disini kita semua mungkin sudah bisa memahami maksud dari pertanyaan di atas melalui penjelasan singkat ini.

Cukup sekian dari kami selamat belajar dan terimakasih.