Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tuliskan Serat yang Berasal Dari Tumbuhan

Sahabat pendidikan dimanapun berada. Sebelum kita mengurai tema diatas, ada baiknya sobat sekalian membiasakan membaca hingga tuntas dan tidak terburu - buru dalam mengerjakan tugas yang diberikan dengan tujuan agar dalam mengerjakan tugas tidak terjadi salah faham atau faham salah dalam mengartikan atau menjelaskan tugas tersebut. 

Untuk lebih jelasnya silahkan simak uraian singkat berikut ini secara seksama dan tenang agar mudah dimengerti.

Serat yang Berasal Dari Tumbuhan

Apa itu Serat ?

Serat adalah suatu jenis bahan berupa komponen dari potongan - potongan yang berbentuk jaringan memanjang dan utuh.

Serat adalah material dengan perbandingan panjang dan lebarnya sangat besar yaitu berkisar antara 1 berbading 1000.

Serat adalah bahan baku yang digunakan dalam proses pembuatan benang dan kain serta memiliki peran yang sangat penting dalam proses ini.

Serat juga memiliki sifat mempengaruhi sifat benang atau kain yang dihasilkan, baik secara proses mekanik pengolahannya maupun secara kimia.

Baca juga: Pengertian Serat Alam.

Serat Apa yang Berasal Dari Tumbuhan ?

Serat dari tumbuhan terdiri dari beberapa jenis serat yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. serat dari buah,

2. serat dari daun,

3. serat dari batang,dan

4. serat dari biji.

Serat Dari Buah.

Jenis tumbuhan yang memiliki buah sangatlah beragam. namun yang menghasilkan buah yang dapat dioleh untuk menjadi bahan serat tidak begitu banyak.

Salah satu buah yang dimanfatkan untuk bahan serat yaitu buah kelapa sebab buah kelapa memiliki serabut yang membungkus atau melapisi buah kelapa dan telah banyak digunakan sebagai bahan serat.

Baca juga: Pengertian, Jenis dan Karakteristik Bahan Serat.

Manfaat dari sabut kelapa juga banyak, seperti sabut dengan serat yang panjang, serat pendek, hingga debus abut yang dimanfaatkan  semuanya, namun yang digunakan sebagai bahan serat hanyalah yang memiliki serat yang panjang saja yang kemudian di oleh kembali menjadi suatu bahan baku.

Serat Dari Daun.

Terdapat beberapa jenis serat dari daun yang bisa dimanfaatkan seratnya, yaitu serat daun nenas, serat daun mending (purung tikus) dan serat daun pandan.

Serat dari daun memang tidaklah banyak jenisnya namun masih digunakan sebagai bahan baku produk tekstil. Selain itu ada pula serat dari daun eceng gondok, daun abaka, daun sisal dan juga daun henequen.

Serat Dari Batang.

Tak ada tumbuhan yang tidak memiliki batang dan struktur batang disetiap tumbuhan tidaklah sama satu dengan yang lainnya. Jenis batang yang menghasilkan serat alam dapat berupa jenis batang yang berkambium atau yang tidak berkambium.

Diantara beberapa banyak pohon yang ada, terdapat beberapa pohon dengan batang yang menghasilkan serat seperti serat batang pohon Anggrek, serat batang pohon Melinjo atau Ganemon, serat batang pohon Mahkota Dewa, serat batang pohon Beringin, serat batang pohon Yonkori, serat batang pohon Flax, serat batang pohon Jute, serat batang pohon Henep, serat batang pohon Rami, serat batang pohon Urena, serat batang pohon Kenaf dan serat batang pohon Sunn.

Semua jenis pohon yang menghasilkan serat batang ini masih digunakan sebagai produk bahan baku penghasil serat dari batang yang menunjang produk bahan tekstil.

Serat dari Biji.

Tumbuhan memiliki biji yang beraneka ragam dan diantara tumbuhan yang memiliki biji tersebut telah memenuhi syarat untuk diolah menjadi bahan serat.

Baca juga: Materi, Pewarna dan Aksesoris Kerajinan Tekstil

Beberapa biji pohon yang menghasilkan serat tersebut diantaranya adalah biji dari pohon kapas dan juga biji pohon kapuk. Meskipun demikian, pada masa sekarang ini kapas dan kapuk sudah jarang digunakan sebagai bahan baku produk tekstil. Mengapa demikian?

Itu karena para peminat dari bahan baku tekstil kapas dan kapuk mulai berkurang dan bahan kapas lebih banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku kosmetik dibandingkan dengan untuk keperluan bahan baku tekstil ataupun kerajinan.

Nah.. Sampai disini mungkin kalian sudah bisa memahami dan menemukan jawaban dari pertanyaan tentang jensi bahan serat dari tumbuhan diatas. Semoga bermanfaat dan terimakasih.