Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tulis dan jelaskan pengertian serat alam

Salam sobat pendidikan dimanapun berada, berdasarkan pertanyaan diatas maka akan coba kita uraikan beberapa penjelasan yang akan mengantarkan anda untuk menemukan jawaban dari pertanyaan tentang pengertian dari serat alam. namun sebelum menjawabnya agar kalian lebih faham maka biasakanlah membaca terlebih dahulu hingga tuntas agar tidak gagal faham. berikut uraiannya.


pengertian serat alam


Penjelasan serat alam.

Bahan serat suatu jenis bahan yang berupa potongan - potongan  dari komponen yang membentuk jaringan memanjang yang utuh. 

Serat adalah suatu  meterial  yang perbandingan panjang dan lebarnya sangat besar dan molekul penyusunnya terorientasi, terutama kearah panjang. serat kapas misalnya  memiliki perbandingan penjang dan lebar mulai dari 500 (1 sampai dengan 1000 ).

Istilah serat sering dikaitkan dengan sayuran, buah buahan dan tekstil. sayuran dan buah - buahan merupakan  makanan dengan serat yang tinggi dan sangat baik bagi sistem pencernaan makanan. 

Serat dalam bahan baku tekstil adalah serat - serat yang digunakan dalam pembuatan benang dan kain sebagai bahan baku dalam pembuatan benang dan kain, serat memegang peran penting dalam hal ini.

Sifat serat akan akan mempengaruhi sifat benang atau kain yang dihasilkan , baik dari pengolahan secara mekanik ataupun pengolahan secara kimia. Bahan baku tekstil ini merupakan bahan pembuat pakaian dan kebutuhan  lain.

Pengertian serat alam.

Nah... sampai disini apakah kalian sudah bisa menemukan jawaban dari pengertian serat alam? saya harap demikian sebab diatas telah dijelaskan tentang dari mana sumber serat alam, bahan serat itu apa, dan sifat dari serat alam itu sendiri.

Jadi pengertian serat alam adalah Bahan serat yang berasal atau bersumber dari alam seperti serat dari buah, tumbuhan dan hewan. 

Perlu diketahui pula bahwa bahan serat alam telah dikenal sejak  ribuan tahun sebelum masehi melalui bukti sejarah yang mencatat bahwa bahan serat alam telah digunakan sejak zaman dahulu dimana negara yang pertama kali mengolah bahan serat alam adalah negara cina.

Cina sejak dahulu telah menciptakan serat sutera yang dihasilkan dari ulat yang kemudian mengolahnya menjadi benang untuk kebutuhan produk tekstil mereka, selain serat sutera, bahan serat alam lainnya yang merekam menfaatkan yaitu serat dari kapas.

dari semua penjelasan diatas, kami berharap kalian bisa semakin memahami tentang apa itu serat, manfaat dan sumbernya. Demikian penjelasan singkat ini semoga bermanfaat.