Strategi dan Cara Bisnis Toko Obat (Apotek) di Tahun 2020, Masih Menguntungkan

Salam sobat sehat sekalian dimanapun berada, kita tentunya sudah sama - sama tahu kan yang nama apotek atau toko obat. Ya.. toko itu tentunya menjual berbagai macam produk obat-obatan untuk menjamin kesehatan kita sebagai manusia. Nah... maka dari itu, kali ini bagi sobat sekalian yang ingin mencoba peruntungan dengan bisnis ini ada baiknya sobat menyimak dulu bagaimana strategi atau cara untuk membangun toko obat atau apotek yang baik dan benar. Penasaran? berikut uraiannya.


Strategi dan  Cara Bisnis Toko Obat (Apotek) di Tahun 2020, Masih Menguntungkan
Strategi dan  Cara Bisnis Toko Obat (Apotek)

Cara Berbisnis Toko Obat (Apotek)


Setiap harinya, dari bayi, dewasa hingga orang tua pasti ada yang selalu terkena penyakit, apalagi di zaman yang semakin penuh dengan hingar bingar yang terkadang tidak peduli lagi mengenai soal kesehatan sendiri.

Mereka yang sakit pastinya memerlukan obat-obatan untuk proses penyembuhan atau pencegahan dari berbagai penyakit yang dideranya. Selain dari orang sakit, orang sehat juga sangat membutuhkan suplemen dan vitamin. Nah.. Maka dari itu, kita tentunya bisa membuka toko obat atau apotek untuk memanfaatkan peluang tersebut.

Perlu sobat sekalian ketahui pula bahwa membuka usaha toko obat, lebih mudah dari sisi perizinannya jika dibandingkan dengan apotek sebab toko obat hanya menjual obat bebas, sedangkan apotek menjual obat-obatan dengan resep dokter juga. 

Nah.. untuk memulai usaha bisnis toko obat apotek ini, maka ada beberapa hal yang harus sobat ketahui dan lakukan yang diantarnya sebagai berikut.


A. Pengetahuan dan Keterampilan Toko Obat (Apotek)


Sob.. tentunya dalam membangun suatu usaha yang sah secara hukum haruslah ada beberapa hal yang patut di sediakan yang diantaranya adalah sebagai berikut.


  • Pengurusan izin usaha. Izin usaha merupakan jaminan akan legalitas usaha kita sib jadi harus dimiliki.
  • Sumber obat-obatan. Sumber atau penyalur obat-obatan juga penting sob sebab hal tersebut dapat mempermudah kita dalam membangun usaha toko obat atau apotek.
  • Harga Obat. Harga - harga untuk obat-obatan juga penting sob untuk menentukan harga penjualan yang tepat agar bisa mendapatkan keuntungan dalam berbisnis toko obat atau apotek ini sob.
Nah.. selain itu kita juga harus tahu apa saja yang dibutuh selain dari pengetahuan dan keterampilan diatas sob, seperti modal yang dibutuhkan.


B. Modal Bisnis Toko Obat (Apotek)


Berbicara modal bukan hanya sedekar berbicara tentang materi atau uang sob, tetapi juga beberapa hal lain yang diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Ruko untuk usaha yang bisa dibeli atau disewa.
  • Bentuk ruangan dengan desain standar toko obat atua apotek.
  • Peralatan, seperti rak/tempat untuk meletakkan obat, kasir, ATK, dan papan nama.
  • Gaji karyawan.
  • Biaya perizinan.
  • Stok Obat-obatan. Biasanya sales obat akan memberikan jangka waktu pembayaran mundur, dan
  • Biaya operasional sehari-hari

Dari kedua hal penting diatas, mulai dari keterampilan dan modal usaha yang harus diketahui, hal yang tidka kalah penting juga sob yaitu strategi promosi bisnis usaha toko obat kamu sob yang caranya adalah sebagai berikut.


C. Strategi Promosi Toko Obat (Apotek)


Sederhana saja sob, yaitu dengan cara bekerjasama dengan Dokter dalam satu lokasi kerja maka dengan cara ini, pelanggang rutin akan selalu datang sebab pasien akan selalu mendapatkan rujukan obat dari Dokter yang bekerja sama dengan anda sob.

Selain dari strategi promosi diatas, juga terdapat beberapa kiat-kiat dalam menjalankan bisnis toko obat atau apotek ini sob yang sebaiknya perlu atau patut untuk diketahui yang diantarnya adalah sebagai berikut.


D. Kiat Usaha Toko Obat (Apotek)


Yang harus sobat lakukan dalam kiat usaha toko obat ini diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Rancanglah jenis obat - obatan yang akan atau hendak dijual, termasuk barang-barang lainnya yang masih berhubungan, seperti minuman dan makanan untuk kesehatan.
  • Menyewa atau membeli tempat yang strategis. Hal ini penting dikarenakan letak yang strategis dapat medongkrak jumlah penjualan produk obat-obatan salah satunya dengan cara membuka toko obat dilokasi padat penduduk dan tidak ada toko obat lain disekitarnya.
  • Carilah sumber penyuplai obat-obatan terpercaya, seperti pabrik atau dealer obat sebab biasanya pada awal usaha ini, terkadang sangat sulit untuk mendapatkan stok obat maka dari itu cobalah untuk bermitra dengan toko apotek yang sudah sudah lama atau sudah besar usahanya agar stok obat-obatan sobat terus terjaga.
  • Jika hendak membuka Apotek, rekrutlah karyawan yang berlisensi apoteker, asisten apoteker, dan dua orang pekerja sebagai pelayan toko sedangkan untuk toko obat, carilah pelayan toko yang mengerti atau memiliki pengetahuan tentang merek obat dan faedahnya serta ramah.
  • Dan jangan lupa untuk mengurus surat perizinan usaha atau bisnis apotek atau toko obat anda sob.

Nah sampai disini mungkin sobat sekalian berminat untuk membuka atau melanjudkan bisnis toko obat atau apotek anda sob. Atau jika anda baru mau memulainya maka semoga artikel singkat ini dapat membantu dan bermanfaat untuk anda. 

Jika sobat belum juga berani untuk mencoba salah satu bisnis yang tidak ada matinya ini sob, masih ada laternatif lain yang mungkin bisa sobat bisa coba, seperti membuka usaha barang-barang pendukung kesehatan, seperti susu dan lainnya, jasa dokter bersama, atau jasa laboratorium sob.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih atas segenap perhatiannya. Semoga sukses.

0 Response to "Strategi dan Cara Bisnis Toko Obat (Apotek) di Tahun 2020, Masih Menguntungkan"

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel