Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis, Bahan dan Fungsi Kerajinan Fungsional Berbahan Limbah

Salam teman - teman sekalian dimanapun berada. Kali ini sesuai dengan tema atau judul diatas, maka kita akan coba mengulas tentang apa saja jenis - jenis dari kerajinan fungsional dari bahan limbah dan apa itu kerajinan fungsional.

Nah.. sebelum mencari jawabannya, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu sedikit penjelasan berikut agar kita dapat lebih mengerti tentang tema yang kita bahas dan berikut uraian singkatnya.

Jenis, Bahan dan Fungsi  Kerajinan Fungsional Berbahan Limbah
Jenis, Bahan dan Fungsi  Kerajinan Fungsional Berbahan Limbah

Pada dasarnya, produk fungsional dibuat dan diciptakan untuk membantu manusia apa lagi dengan aktifitas manusia yang begitu banyak dari pagi hingga malam harinya dan termasuk salah satu kegiatan tersebut adalah makan.

Berkaitan dengan masalah makan, maka tentunya kegiatan memasak tentu membutuhkan produk - produk fungsional yang digunakan untuk memasak. Begitu juga dalam proses penyajian makanan yang juga banyak membutuhkan produk fungsional.

Produk alat masak banyak memiliki ragam bergantung pada jenis masakan yang dimasak dan begitu pula dengan alat makan juga sangat banyak bergantung pada jenis makanannya. Kegiatan masak dan makan hanya salah satu dari kegiatan manusia sehari-harinya dan masih banyak lagi kegiatan lainnya yang pada umumnya membutuhkan produk yang bersifat fungsional.

Selain kegiatan dasar, setiap orang juga memiliki kegiatan yang berbeda-beda tergantung dari usia, pekerjaan, hobi, dan lokasi temoat tinggalnya. Seorang remaja yang hobi mancing di danau membutuhkan produk fungsional yang berbeda dengan remaja yang suka mencari sifut di sawah. 

Jadi, keragaman aktifitas tersebut membutuhkan produk fungsional yang berbeda- beda juga.Hal ini merupakan peluang untuk berkreasi untuk membuat berbagai macam produk fungsional dari bahan limbah tentunya.


- Apa saja contoh jenis, bahan dan fungsi kerajinan fungsional tersebut?

Berikut ini contoh jenis, bahan dan fungsi dari kerajinan fungsional berbahan limbah diantaranya adalah sebagai berikut.


  • Busana (pakaian) dari limbah kain yang berfungsi untuk melindungi tubuh.
  • Pangolin dari ban bekas yang berfungsi untuk penyimpanan.
  • Tas dari limbah kemasan pembersih dengan fungsi sebagai penyimpanan.
  • Tas dari limbah keyboard komputer dengan fungsi untuk tempat penyimpanan.
  • Sepatu daur ulang dari libah sepatu lainnya yang berfungsi untuk melindungi kaki. dan 
  • Ikat pinggang dari limbah tutuo kaleng yang berfungsi sebagai style dan juga untuk menjaga agar celana tidak melorot.

Dan masih banyak lagi jenis kerajinan fungsional lainnya yang terbuat dari bahan limbah yang tidak bisa dijelaskan satu persatu. 

- Apa itu produk kerajinan fungsional berbahan limbah ?

Produk fungsional dapat berupa kerajinan yang terbuat dari bahan limbah. Kerajinan dari limbah ini dapat menjadi produk fungsional sederhana yang digunakan sehari-hari. Pemanfaatan limbah untuk produk kerajinan fungsional membuat produk namak unik. 

Produk kerajinan yang memiliki keunikan tentu memiliki potensi menjadi produk yang diminati oleh para konsumen. Perlu diketahui pula bahwa produk fungsional memiliki tingkat nilai estetis yang berbeda - beda pula sesuai dengan pengelompokannya seperti contoh berikut :

a. Untuk gaya hidup dan fashion.
  • Tas,
  • Sepatu,
  • Asesoris busana,
  • Asesoris rumah, 
  • dan lainnya,
b. Untuk yang bersifat non Fashion.
  • Alat kebersihan rumah tangga,
  • Tempat sampah,
  • Pot tanaman,
  • Dan lainnya.

Jenis, Bahan dan Fungsi  Kerajinan Fungsional Berbahan Limbah
Jenis, Bahan dan Fungsi  Kerajinan Fungsional Berbahan Limbah

Produk Kerajinan Fungsional berbahan Limbah adalah produk kerajinan dari bahan buangan yang dibentuk atau dibuat menjadi suatu kerajinan yang berguna/bermanfaat/berarti dan berarti. Maksudnya bahwa proudk kerajinan yang dibuat terbuat dari limbah yang dibuang dan diolah kembali untuk dijadikan suatu produk kerajinan yang memiliki nilai fungsi.

Nah sampai disini dulu uraian singkat tentang produk kerajinan fungsional berbahan limbah tersebut diatas, semoga bermanfaat untuk anda sekalian dan terimakasih.
Sumber:Kemdikbud-RI-2018.