Cara Membuka Usaha Bisnis Parcel Berikut Ide, Jenis, Kiat dan Modalnya

Bisnis Parcel Berikut Ide, Jenis, Kiat dan Modalnya


Halo sobat sekalian dimanapun berada, kita semua tentunya tau tentang apa yang di sebut dengan parcel alias bingkisan khusus yang sering kita liat di mana saja dipusat perbelanjaan. bisnis parcel merupakan salah satu bisnis yang bergerak dibidang produk siap pakai yang telah dilengkapi dengan berbagai sentuhan kreatif oleh tangan para kreator agar produk tersebut terlihat menarik.

Nah berikut ini, saya akan coba mengurai sedikit tentang apa seji jenis - jenis parcel, kiat membangun usaha parcel serta modal apa yang dibutuhkan dalam membangun dan membesarkan bisnis parcel ini, penasaran? berikut uraiannya.


Cara Membuka Usaha Bisnis Parcel Berikut Ide, Jenis, Kiat dan Modalnya
Cara Bisnis Parcel Berikut Ide, Jenis, Kiat dan Modalnya

A. Jenis - Jenis Parcel.


Bicara sal parcel pasti kita akan teringat dengan lebaran sebab parcel sangat identik dengan hari besar umat islam tersebut meski pada dasarnya parcell memiliki makna yang lebih luas dari sekedar hari lebaran.

Mengapa parcel disebut dengan bingkisan khusus? dikatakan sebagia bingkisan khusus karena parcel memang sengaja dibuat khusus untuk orang - orang khusus atau special person dan waktu yang khusus pula alias special moment.

Selain memiliki kemasan yang syantik..., isi dari parcel itu sendiri juga semakin banyak atau beragam dan tentunya hal tersebut dapat menjadi peluang bisnis bagi anda yang berotak kreatif dan memiliki banyak ide yang brillian.

Berikut uraian singkat tentang jenis - jenis parcel, yaitu ;

1. Parcel Lebaran (Idhul Fitri).

Parsel idul fitri atau lebaran biasanya berupa kue, cake, snak, satu set pecah belah, satu set perangkat sholat dan terkadang ditambahkan dengan baju koko dan peci. Selain bermain pada kemasan dan aksesorisnya, anda juga dapat memberikan sentuhan pribadi lainnya seperti berikut ini.

  • Buat hantaran makanan siap saji khas daerah yang awet tahan lama untuk disimpan, seperti rendang ayam, daging, paru dan kering tempe,kentang atau teri kacang.
  • Masukkan dalam toples bening seperti kaca atau mika, aneka kacang, seperti (kacang bawang, kacang telur, atau kacang mede), aneka kerupuk, seperti  kerupuk keju, kerupuk ikan berbentuk stik, kerupuk bawang), atau aneka asinan atau manisan.


2. Parcel Natal.

Tidak hanya parcel lebaran, parcel natal juga merupakan produk yang tidak kalah bagusnya sob.. selain berupa makanan atau minuman, kue, ice cream, dan snack, anda juga dapat membuat parcel berupa pernak - pernik natal atau kaset lagu rohani. Parcel natal umumnya identik dengan nuansa warna merah dan hijau, namun sobat sekalian juga tidak ada salahnya mencoba warna yang lain dengan kesan mewah seperti warna emas dan perak.

3. Parcel Pengantin.

Dalam ritual adat ada istilah yang disebut dengan "seserahan" sob. Seserahan ini pada umumnya berisi perlengkapan mempelai atau pengantin wanita, seperti set perlengkapan make-up, bahan kebaya dan kain, seperangkan selop, aksesori, dan uang yang dibentuk sedemikian rupa hingga terlihat menarik misalnya dirangkai menyerupai kipas.

Sobat sekalian juga bisa membuat hal unik lainnya untuk sipengantin, misalnya satu set audio compo atau MP3 player lengkap dengan kaset atau dvd dari hal - hal yang pengantin tersebut sukai, seperti lagu - lagu kesukaannya, film kesukaannya dan lainnya.

4. Parcel Kelahiran.

Pada umumnya, parcel untuk bayi tentu sudah sobat udah tahu kan.. benar sob.. isinya itu perlengkapan bayi dan bukan perlengkapan untuk ibunya heheheha..., isinya itu biasanya berupa 1 set peralatan mandi bayi, peralatan makan, gendongan bayi, baju, sepatu dan topi bayi. 

Nah.. untuk lebih kreatif lagi, sobat sekalian bisa membuat sedikit perbedaan pada parcel anda dengan cara mengubah atau memberi sentuhan pada parselnya hingga semenarik mungkin dengan memberinya mainan anak - anak atau balon yang berwarna - warni.

5. Parcel lainnya.

Sob, ada juga parcel khusus yang dapat dibuat untuk saat kenaikan jabatan, kelulusan sekolah, atau pada acara pindah rumah yang tentunya disesuaikan juga dengan kesukaan dipenerima yang bisa anda tanyakan langsung pada yang memesan.

Hal tersebut dilakukan agar yang menerima parcel tersebut lebih terkesal dengan parcel anda dan tertarik untuk menjadi pekanggang tetap anda nantinya.

Nah itulah beberapa jenis parcel yang bisa sobat coba dirumah, dan selanjudnya tentu kita juga sama - sama tahu bahwa setiap memulai bisnis itu harus membutuhkan keteramipilan, modal dan lainnya, maka dari itu, saya akan coba mengurai hal - hal lain yang berkaitan dengan bisnis tersebut berikut ini.


Cara Membuka Usaha Bisnis Parcel Berikut Ide, Jenis, Kiat dan Modalnya
Cara Membuka Usaha Bisnis Parcel Berikut Ide, Jenis, Kiat dan Modalnya

B. Ilmu dan Keterampilan yang Dibutuhkan.


Nah.. untuk keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan sobat sekalian perlu mengetahui beberapa hal berikut yang diantaranya adalah;

  • Kemampuan untuk bisa menjalin hubungan baik dengan siapa saja lalu mempertahankannya.
  • Mengetahui Sumber barang yang murah seperti tangan pertama (sumber produksi produk).
  • Mengetahui berbagai teknik merangkai parcel dengan mengikuti kursus singkat jika memungkinkan.
  • Mintalah nomor telepon para pemesan produk anda agar dapat memudahkan anda dalam bertransaksi dan memudahkan anda untuk mengantarkan barang.

C. Modal yang Diperlukan.

  • Kreatifitas, sebab parcel adalah pekerjaan seni terutama pada teknik pengemasannya.
  • Dana untuk modal pembelian aneka wadah parcel, seperti keranjang rotan, kayu, kardus cantik, toples aneka model dan ukuran, eneka jenis pita dan warna, kertas kado yang unik, gunting, selotip,dan double tape. 

    Contohnya, Modal awal untuk membeli peralatan berkisar 500.000,-00 dan modal awal untuk membuat 50 unit parcel cantik berkisar 100.000,-00, paling tidak anda harus memiliki modal 3/4-nya, yaitu sekitar 3. 750.000,-00.
  • Tempat untuk meletakkan parcel anda yang belum terbeli atau terkirim.
  • Rak/lemari untuk tempat aksesoris seperti pita, kardus,dan aneka toples.
  • Mobil/motor dan sopirnya untuk proses pengantaran dimana modal transportasi termasuk sopirnya sudah masuk kedalam hitungan modal awal parcel.
  • Peta kota/lokasi pengantaran parcel.
  • Tempat atau ruangan khusus bagi anda yang ingin memiliki showroom/toko secara tetap agar klien dapat melihat contoh parcel setiap saat jika mereka mau.

    Toko ini tidak harus dikhususkan untuk bisnis parcel saja, namun juga sobat bisa menggabungkannya dengan usaha sejenis lainnya seperti menjual pernak - pernik kebutuhan anak atau aksesoris wanita dan remaja.

D. Kiat Usaha Bisnis Parcel.


Untuk sobat yang hobi bisnis, berikut ini beberapa kiat yang mungkin bisa bermanfaat sob dalam menjalankan bisnis parcel ini dan berikut uraiannya.

  • Tawarkan produk anda pada kerabat, tetangga, teman dekat,dan saudara.
  • Sensitiflah terhadap waktu pengantaran terutama jika parcel anda berupa makanan yang sudah matang atau setengah matang.
  • Sensitif terhadap keinginan pelanggang, misalnya jika orang yang memesan parcel anda adalah orang yang doyan masak, coba sajikan dan tarwarkan pula alat memasak untuk menciptakan kesan, seperti wadah teplon, sudip 1 set, tempat bumbu unik, celemek, aneka bumbu siap saji, dan jangan lupa buku resepnya.
  • Teruslah belajar, berkreasi, dan menggali ide anda dari mana saja lalu menjualnya.
  • Agar usaha bisa cepat berkembang, siapkan media promosi seperti foto - foto produk parcel dan brosur.


Nah... dari semua penjelasan tersebut diatas, semoga sobat semua bisa mendapatkan manfaat dan bisa mempertimbangkan usaha atau bisnis parcel ini. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuka Usaha Bisnis Parcel Berikut Ide, Jenis, Kiat dan Modalnya"

Posting Komentar

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel