Hasilkan Banyak Uang dengan Bisnis Garage Sale Berikut Tips dan Triknya

Bisnis garage sale merupakan suatu tradisi yang pada dasarnya berasal dari luar negeri yang kemudian diadopsi oleh masyarkat Indonesia dan menjadi usaha yang cukup unik dan banyak memiliki peminat.

Dari negara asalnya, garage sale dikenal pula dengan sebutan yard sale, tag sale, moving sale, atau junk sale. nama - nama tersebut berkaitan dengan tempat diadakannya transaksi yang biasanya diadakan di garasi atau halaman rumah.

Barang - barang yang dijual adalah barang baru, barang bekas dan juga semi baru. Pasar dadakan ini biasanya berlangsung informal, santai, dan bersifat kekeluargaan, namun jika dikelola dengan benar maka bisnis ini dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan besar.

Hasilkan Banyak Uang dengan Bisnis Garage Sale Berikut Tips dan Triknya
Garage Sale

Barang - barang yang ditawarkan  pada garage sale umumnya adalah barang bekas atau baru yang sudah tidak diinginkan lagi oleh pemiliknya, namun masih memiliki kondisi barang yang masih bagus, bahkan masih sangat bagus. di Indonesia, tradisi memberi kado berupa barang masih umum sehingga sering kali kado (yang sama) menumpuk di gudang. Hal inilah yang kemudian menjadi peluang untuk menjual secara garage sale.

Seorang teman yang sukses berjualan garage sale ternyagta rajin menghubungi teman atau keluarganya yang baru menikah untuk menawarkan solusi akibat dari kado pernikahan yang menumpuk. Bahkan, disetiap kesempatan, baik itu arisan keluarga, reuni dengan teman sekolah, gathering atau pikinik kantor suaminya, ia selalu gencar menawarkan jasanya. dengan demikian, dia selalu memiliki stok garage sale yang selalu up-to-date.

Garage Sale Berikut Tips dan Triknya.

jika anda berminat dengan bisnis maka maka yang perlu anda ketehui terlebih dahulu yaitu apa saja jenis barang - barang yang dapat dijual secara garage sale. Berikut uraiannya.

  • Furnitur, seperti meja, kursi, sofa, lampu (lampu baca, lampu duduk, lampu gantung), lemari dan rak buku,
  • Elektronik, seperti televisi, radio, tape, komputer, oven/mocrowave, setrika, panggangan roti, peralatan BBQ, dan kompor,
  • Pecah belah, seperti piring, gelas, cangkir, teko, sendok, garpu, dna tempat sayuran,
  • Vas bunga dan pajangan keramik/kristal,
  • Seprei, sarung bantal dan guling, bantal kursi serta teplak meja,
  • Mainan anak dna bayi, 
  • Perlengkapan bayi, seperti kereta dorong, gendongan bayi, dan boks bayi,
  • Sepatu, baju, dan tas, dan juga 
  • Buku - buku bacaan.

Nah.. setelah mengetahui jenis - jenis barang tersebut diatas, anda tenuntanya sudah mulai bisa mendapatkan gambaran tentang jenis barang lainnya yang dapat anda jual pada bisnis garage sale ini. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah apakah pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini? berikut uraiannya.

  • Informasi, seperti info dari pasangan yang baru saja menikah, bisa taman atau kerabat, yang memiliki kado yang banyak, keluarga yang pindah rumah yang biasanya tidak membawa semua barang atua perlengkapan rumah tangganya, individu yang hobi belanja dan cepat bosan dengan barang-barangnya atau tidak membutuhkannya lagi, seperti kereta dorong dan box bayi sebab anaknya sudah beranjak besar.
  • Kemampuan bernegosiasi atau melakukan pendekatan pribadi dengan pemilik barang. hal ini bertujuan agar hubungan baik dapat terjalin dan pemilik barang tidak tersinggung jika anda menawarkan diri untuk memborong barang-barang miliknya untuk di garage sale. dan
  • membeli barang yang akan di garage sale dari pemilik jika pembeliaan tidak mau dibayar mundur/konsinyasi.

Lalu, selain dari hal tersebut diatas, berapakah perkiraan modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini? anda hanya perlu menyiapkan hal berikut.
  • Lahan untuk menaruh barang- barang seperti di garasi atau dihalaman rumah. jika tidak memungkinkan, anda dapat menyewa lahan dekat rumah anda atau menyewa rumah kosong/tidak terpakai.
  • Meja dan rak untuk memajang barang-barang dna gantungan baju.
  • Jangan lupa, beri label harga pada setiap produk anda.
Kiat- kiat dalam menjalankan usaha garagte sale ini juga akan kami sajikan, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Bersihkan dan rapikan setiap barang-barang yang akan digarage sale. Ingat, orang yang pada umumnya tertarik dengan penampilan. meskipun barang bekas, jika terlihat baru, bersih, dan wangi (harganya juga terjangkau) tentunya orang akan semakin tertarik dan tidak gengsi untuk membelinya,
  • Buatlah daftar dan pemetaan barang-barang yang hendak di-garage sale berikut harganya,
  • Kelompokkan barang-barang yang hendak dijual menurut kategorinya dan tata produk tersebut semenarik mungkin,
  • Buat nama daftar teman atua kerabat yang menyukai atau berminat terhadap barang-barang garage sale. undang atau beri tahukan mereka menimal seminggu sebelum acara dimulai,
  • Karena pada umumnya garage sale diadakan dirumah, beritahukan tetangga dan meminta izin pada RT setempat agar mereka tidak terganggu dan bahkan mungkin bisa ikutan pula untuk membeli.
  • Kuatkan mental dan bersikap ramahlah dalam melayani pembeli sebab banyak orang masih memandang rendah barang bekas. jangan kaget atau tersinggung mendengar reaksi/komentar orang akan barang-barang anda. Yang penting, nada tahu benar kualitas dari barang-barang bekas tersebut.

Nah.. sampai disini apakah anda berminat? jika belum, anda mungkin dapat mencoba alternatif bisnis lainnya seperti berikut ini.
  • Membuka toko barang-barang bekas,
  • Perantara penjualan barang lain yang tidak bisa di bawa karena berukuran besar, seperti tempat tidur, lemari dan rumah.
Demikian uraian singakat tersebut diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Hasilkan Banyak Uang dengan Bisnis Garage Sale Berikut Tips dan Triknya "

Posting Komentar

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel