Jenis – Jenis Pangan Hewani Khas Daerah dan Asalnya

Pangan khas daerah adalah makanan atau minuman yang diproduksi di suatu daerah, yang merupakan identitas dari daerah tersebut dan menjadi pembeda atau menjadi ciri khas dengan daerah yang lainnya. Wirausaha di bidang pangan khas daerah ini pun , dapat menjadi pilihan yang baik, sebab kita lebih banyak mengenal produk pangan khas daerah daripada daerah lainnya.

Pangan khas daerah juga dapat dibagi berdasarkan bahan utamanya. Bahan utama pangan adalah bahan nabati dan hewani. Di Indonesia dengan keberagaman olahan pangan yang kaya, produk pangan berbahan nabati lebih banyak jika dibandingkan dengan yang berbahan hewani.

Jenis dan Asal Pangan Hewani Khas Daerah.


Terdapat beberapa jenis produk pangan khas daerah yang terdapat di Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut;

  • Telur asin,
  • Dadih,
  • Ikan asin, dan 
  • Rendang.


Keempat jenis produk ini sudah cukup familiar di mana saja di Indonesia, dan masih dapat terus dikembangkan, baik secara mutu maupun dari kemasannya.

a. Jenis pangan khas daerah ( Rendang ).

Jenis – Jenis Pangan Hewani Khas Daerah dan Asalnya
Jenis Pangan Hewani Khas Daerah ( Rendang ) dan Asalnya

Rendang adalah produk makanan dengan bahan dasar daging sapi dengan cita rasa pedas yang diperkaya dengan bumbu dan rempah – rampah terutama cabe merah dan santan kelapa. Pada mulanya rendang adalah makanan khas Padang – Sumatera Barat, namun pada masa sekarang ini sudah banyak ditemui di seluruh daerah di Indonesia hingga dunia, sebab cita rasanya yang relatif disenangi oleh berbagia kalangan.

Peluang pengembangan rendang, yaitu dengan penyediaan rendang berbagia level tingakt kepedasan, peningkatan mutu yang lebih baik dan seragam, serta peningkatan keawetan dengan bantuan pengemasan yang lebih baik lagi.

b. Jenis pangan khas daerah ( Telur Asin ).

Telur asin adalah makanan yang bahan bakunya dari telur (telur itik), yang melalu proses pengawetan dengan cara penggaraman atau diasinkan. Pemberian garam dimaksudkan untuk mengawetkan produk dan memberikan cita rasa khas pada telur tersebut.

Setelah melalui proses penggaraman, telur tersebut akan menjadi awet dan dapat bertahan hingga 30 hari pada suhu ruangan. Telur asin juga dikenal sebagia makanan khas daerah Brebes-Jawa Tengah meski sudah banyak daerah lain yang juga membuatnya.

c. Jenis pangan khas daerah ( Dadih/dadiah ).

Jenis – Jenis Pangan Hewani Khas Daerah dan Asalnya
Jenis Pangan Hewani Khas Daerah ( Dadih/dadiah ) dan Asalnya

Dadiah atau dadih adalah hasil fermentasi alami air susu kerbau dalam batang bambu yang sudah lama di hasilkan di daerah Sumatera Barat dan Jambi. Dadih merupakan produk fermentasi yang sangat kaya akan nilia gizi. Peluang dan tantangan peningkatan mutu produk ini, diantaranya dengan melakukan inovasi rasa agar dapat lebih disukai oleh banyak kalangan, proses produksi agar lebih higienis dan efisien, serta pengawetan dan pengemasan yang lebih baik lagi.

d. Jenis pangan khas daerah ( Ikan asin ).

Ikan asin adalah ikan laut yang diawetkan melalui proses penjemuran dan pemberian garam untuk mengurangi kadar airnya. Makanan khas ini diproduksi terutama pada daerah atau wilayah pantai yang dekat dengan sumber bahan bakunya. Ikan asin bisa ditemukan dan terdapat dimana saja di daerah Indonesia, namun sangat disayangkan karena masih banyak produk ikan asing yang menggunakan bahan tambahan pangan yang tidak diizinkan dan jumlah yang berlebihan.

Sampai disini mungkin anda sudah bisa menerka – nerka produk lain yang sejenis yang berada di wilayah anda sesuai dengan sumber daya alam tempat anda tinggal yang dapat dijadikan sebagai usaha sekaligus menjadi ciri khas daerah anda. Cukup sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat.
Sumber:Prakarya-Kemdikbud-RI.2018.

0 Response to "Jenis – Jenis Pangan Hewani Khas Daerah dan Asalnya"

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel