Jenis – Jenis Pangan Nabati Khas Daerah dan Asalnya

Produk pangan nabati khas daerah memiliki jumlah yang sangat banyak di Indonesia dibandingkan dengan produk pangan hewani sebab hampir disetiap daerah memiliki banyak produk pangan khas yang bahan bakunya dari bahan Nabati.

Beberapa contoh produk pangan nabari khas daerah yang terdapat di Indoensia adalah sebagai berikut.

  • Asinan,
  • Friut leather (kulit buah),
  • Keripik buah, dan 
  • Mochi.

Jenis Pangan Nabati Khas Daerah Beserta Asalnya.

Keempat jenis produk pangan nabati khas daerah ini juga cukup banyak dan dikenal di Indonesia, tapi inovasi terhadap produk ini masih dapat terus ditingkatkan, baik inovasi produknya ataupun inovasi dari segi kemasan.

a. Jenis pangan khas daerah (Mochi).


Jenis – Jenis Pangan Nabati Khas Daerah dan Asalnya
Jenis Pangan Nabati Khas Daerah ( Mochi ) dan Asalnya

Mochi adalah jenis makanan yang terbuat dari ketan yang ditumbuk sehingga terasa lembut dan lengkat, dan dapat dibentuk sesuai dengan selera. Makanan ini banyak ditemukan di daeah Sukabumi-Jawa Barat, dengan bentuk dan kemasan yang saat sudah cukup baik.

Tantangan wirausaha ini, yaitu terutama pada stabilitas mutu keawetan sedangkan peluangnya adalah pengembangan dari segi variasi bentuk, rasa,dan isi serta kemasannya.

b. Jenis pangan khas daerah (Fruit Leather/kulit buah).

Fruit Leather adalah jenis makanan berbahan dasar buah yang telah melalui proses dengan cara menghancurkan buah, pencetakan, yang kemudian dikeringkan. Fruit Leather mulai dikembangkan di beberapa daerah di Indonesia yang memiliki Sumber Daya buah – buahan yang melimpah, seperti Jawa Barat dan Jawa Timur.

Tantangan peluang usaha Fruit Leather ini masih sangat terbuka, sebab persaingan masih sangat sedikit, bahan baku melimpah dan pasar cukup besar dan Inovasi produk serta kemasannya juga  masih sangat terbuka lebar untuk dikembangkan.

c. Jenis pangan khas daerah (Asinan).

Jenis – Jenis Pangan Nabati Khas Daerah dan Asalnya
Pangan Nabati Khas Daerah ( Asinan ) dan Asalnya

 Asinan merupakan makanan khas yang terbuat dari buah – buahan dan sayuran segar, yang dicampur dengan bumbu dengan perpaduan berbagai jenis bumbu, terutama cabe, gula, dan pengasaman seperti asam jawa atau asam cuka makanan.

Asinan dikenal sebagai oleh – oleh khas daerah dari kota Bogor-Jawa Barat, walaupun sudah banyak ditemukan juga di daerah lain di Indonesia. Tantangan dna peluang usaha ini adalah peningkatan mutu asinan, keawetan dan pengemasan yang lebih baik agar konsumen lebih nyaman dalam membawanya sebagai oleh – oleh atau untuk dikonsumsi.

d. Jenis pangan khas daerah (Keripik buah).

Keripik buah adalah keripik yang terbuat dari buah – buahan yang diproduksi dengan menggunakan teknologi Vacuum Frying dimana teknologi ini digunakan untuk mengurangi kadar air pada buah. Keripik buah banyak dikembangkan di berbagai daerah, terutama di daerah Malang-Jawa Timur.

Tangangan dan peluang wirausaha ini sangat menarik, sebab produk pangan khas daerah ini relatif sangat disukai oleh berbagai kalangan dari yang anak – anak hingga dewasa. Peningkatan mutu prosuk, inovasi produk dan kemasan produk perlu dilakukan untuk dapat memasuki pasar bisnis ini.


Nah sampai disini, mungkin kita sudah bisa mengira – ngira produk pangan nabati dan hewani khas daerah lainnya yang ada disekitarmu yang dapat kalian kembangkan sebagia produk usaha yang mungkin dapat menjadi nilai tambah ciri khas daerahmu dan menjadi usaha yagn dapat memberi anda keuntungan yang besar yang tentunya harus dibarengi dengan usaha dan kerja keras.

Semoga sukses dan sampai disini uraian singkat tersebut diatas, semoga bermanfaat.
Sumber:Prakarya-Kemdikbud-RI.2018.

0 Response to "Jenis – Jenis Pangan Nabati Khas Daerah dan Asalnya"

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel