Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Budidaya Ayam Petelur - sarana dan peralatan yang di butuhkan

Salam sahabat sekalian dimanapun berada, berikut ini kita akan coba mengulas tentang sarana serta peralaan yang digunakan dalam proses budi daya unggas petelur yang semoga dapat memberi manfaat untuk anda sekalian dan untuk mempersingkat waktu mari kita sama – sama menyimak uraian singkat berikut ini.

Budidaya unggas petelur merpakan usaha pengelolaan sumber daya hayati yaitu unggas dengan maksud dan tujuan untuk dipanen hasilnya. Dalam prosesnya, tentu budi daya ini memutuhkan sarana dan peralatan untuk menjamin kesuksesan budidaya tersebut.

Pemilihan lokasi harus dilakukan sebaik mungkin dan sesuai untuk budidaya ayam petelur yakni jauh dari keramaian, mudah dijangkau untuk pemasaran, serta bersifat menetap.


Sarana dan Alat Budidaya Unggas Petelur


Terdapat beberapa jenis sarana dan peralatan yang dibutuhkan dalam budidaya ayam petelur yang terdiri atas kandang ayam dan peralatannya, bibit ayam, pakan ayam, vitamin serta obat – obatan untuk menjamin unggas ayam petelur tetap sehat. 


Budidaya Ayam Petelur  - sarana dan peralatan yang di butuhkan
Kandang Ayam Petelur

A. Kandang Ayam atau Unggas Petelur.


Kandang adalah kebutuhan utama dalam usaha budidaya ternak unggas yang berguna untuk menjaga ayam atau unggas peliharaan tidak berkeliaran, untuk memudahkan pemeliharaan seperti pemberian pakan, dan obat – obatan, serta memudahkan dalam proses panen dari ternak. Selain itu kandang juga memiliki fungsi untuk menghasilkan hasil panen yang memiliki kualitas.

Kandang sangkar merupakan kandang yang pada umumnya digunakan oleh wirausahawan yang telah dimodifikasi menjadi kandang battery. Bisasanya ayam atau unggas petelur terlebih dahulu dipelihara dalam kandang postal dan selanjudnya dipindahkan ke kandang battery jika sudah mencapai usia dewasa.

Kandang battery biasanya diletakkan dalam bangunan kandang, jadi seolah – olah ada kandang didalam kandang. Kandang ini dibuat dari kawat, kayu atau bambu yang didesain hingga sedemikian rupa sehingga telur dapat menggelinding keluar dari kandang battery jika unggasnya sudah mulai menghasilkan telur. Biaya kandang ini lumayan besar, namun keuntungan yang bisa didapatkan diantaranya adalah sebagai berikut;

  • Memudahkan pengambilan dan pengumpulan telur,
  • Menghindarkan telur dari kerusakan karena unggas itu sendiri,\
  • Memperoleh telur yang bersih dari kotoran unggas,dan
  • Menghindari kanibalisme antarunggas.


B. Peralatan Kandang Ayam atau Unggas Petelur.


Selian dari mempersiapkan kandang dalam proses pemeliharaan unggas petelur, juga dibutuhkan peralatan kandang yang terdiri dari beberapa jenis peralatan berikut ini;

  • Tempat makan ayam/unggas,
  • Tepat minum ayam/unggas, dan 
  • Grit.


Kandang portal harus memiliki fasilitas tempat makan dan minum sehingga harus tersedia dalam jumlah yang cukup. Tempat makan dan minum pada kandang battery sudah menyatu dengan kandang yang dapat dibuat dari bambu, aluminium atau bahan lainnya yang bertekstur kuat, tidak mudah bocor, dan tidak mudah karatan.

C. Bibit Ayam atau Unggas Petelur.


Bibit dari ayam/unggas petelur bisa diperoleh pada penyedia bibit. Bibit ayam yang digunakan disebut dengan DOC ( Day Old Chicken) atau ayam umur sehari dengan harus memenuhi syarat sebagai berikut;


Budidaya Ayam Petelur  - sarana dan peralatan yang di butuhkan
Bibit Ayam/Unggas Petelur

  • Anak ayam (DOC) berasal dari induk yang sehat,
  • Bulu ayam nampak halus dan penuh serta baik pertumbuhannya,
  • Tidak terdapat cacatan pada tubuh ayam,
  • Nafsu makan anak ayam harus terlihat baik,
  • Ukuran badan normal anak ayam, yaitu memiliki berat badan antara 35-40 gram, dan
  • Tidak Terdapat tinja yang menempel di duburnya.


D. Pakan Ayam atau Unggas Petelur.


Pakan adalah campuran dari beberapa bahan baku pakan, baik yang sudah lengkap maupun yang masih akan dilengkapi, yang disusun secara khusus dan mengandung gizi yang mencukupi kebutuhan ternak untuk dapat dipergunakan sesuai dengan jenis ternaknya.

Pakan dapat dibuat dari bahan – bahan hasil panen pertanian, perikanan, dan peternakan serta industri yang mengandung zat gizi dan layak digunakan sebagai pakan yang baik dan telah diproses atau diolah ataupun yang belum diolah.

Pakan unggas terdiri atas camupuran bahan makanan seperti jagung, kedelai, dan bahan – bahan lainnya sehingga memiliki komposisi nutrisi karbohidrat (kalori), serat kasar, protein, lemak, kalsium, dan fospor sehingga sesuai sebagai pakan ayam/unggas petelur.

Pakan ayam sudah tersedia dalam bentuk siap pakai sebelu diberikan kepada ayam yang dapat dibeli di toko pakan ternak. Sebagai contoh pakan ayam petelur yang perjualbelikan harus sesuai dengan standar SNI 01-3929-2006. Saat ini sudah tersedia berbagia jenis pakan unggas petelur yang telah disesuaikan dengan umum unggas tersebut.

Jika mungkin kita juga dapat meggunakan dedak, sisa dari penggilingan beras, sebagai pakan ternak. Biaya pakan ternak adalah komponen biaya paling besar dalam usaha budidaya ternak unggas. Kita dapat membuat pakan ternak sendiri dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di lingkungan sekitar tepat tinggal kita.

E. Obat – Obatan untuk Ayam atau Unggas Petelur.


Obat – obatan diberikan kepada ternak hewan unggas jika dibutuhkan sepeti jika ada ayam yang sakit dan obat tersebut diberikan harus pula sesuai dengan dosisi dan penyakit yang diderita oleh unggas terebut serta waktu yang tepat.

Selain itu ada juga vitamin yang bertujuan untuk membantu pertumbuhan dan kenjaga kesehatan pada unggas, sedangkan hormon pertubuhan berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan unggas. Secara alami unggas dapat tumbuh sehat jika mendapatkan pakan dalam jumlah yang cukup.

F. Peralatan Panen Ayam atau Unggas Petelur.


Peralatan yang dibutuhkan dan digunakan tentunya harus mempermudah dan mempercepat proses panen dan selain itu, peralatan panen yan digunakan juga harus dapat mencegah dari keruskan pada telur yang dihasilkan oleh ayam/unggas petelur. Peralatan penen adalah wadah atau tempat untuk mengumpulkan telur yang telah dipanen seperti Rak Telur.

Dari seni semoga kita semua dapat mengerti apa saja kita perlukan untuk melakukan budidaya ayam/unggas petelur tersebut diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Sumber:Prakarya-Kemdikbud-RI.2018.