Rencana Pemasaran Kerajinan Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang

Dilihat dari sisi perekonmian, produk kerajinan dapat menjanjikan dan juga memiliki peluang pasar yang lumayan menyenangkan apalagi jika tunjang dengan melimpahnya bahan baku, tenaga kerja yang relatif murah dibandingkan negara lainnya, sehingga dapat mnekan biaya produksi dari suatu produk kerajinan.

Penguasaan pasar dalam arti mendistribusikan hasil produksi merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Agar pasar dapat dikuasai maka kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli (kemampuan) konsumen.

Rencana Pemasaran Kerajinan Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang
Rencana Pemasaran Kerajinan Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang

Rencana Pemasaran Kerajinan Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang


Faktor pemasaran dapat dikatakan berhasil jika jangkauan pasar semakin luas dan masa produksi dapat bertahan dalam waktu yang lama. Maka dari itu, hal-hal yang kiranya perlu untuk dipertimbangkan, meliputi;

- Sasaran pasar, 
- Selera konsumen,
- Citra produk, 
- Saluran distribusi, dan 
- Penentuan harga.

Pada zaman dahulu, ketika negara sedang tumbuh, promosi mungkin tidak terlalu penting karena masyarakat memang mancari dan menemukan suatu barang. Seiring dengan perkembangan ekonomi dan munculnya persaingan – persaingan di dalam pasar, seorang wirausahawan harus memikirkan strategi promosi dan penjualan agar bisnisnya tetap dapat berjalan dengan lancar.

Terdapat 3 elemen penting dari sarana atau target sebuah promosi yang diantaranya adalah sebagai berikut.

- Pembentukan merek (branding),
- Layanan kepada konsumen yang berupa komunikasi dan pemberian informasi, dan
- Menciptakan kesetiaan pelanggan.

Terdapat pula enam kegaitan dan rencana pemasaran yang dapat dilakukan untuk mengomunikasikan produk dan merek (branding) usaha, yaitu ;

a. Penjualan personal ( personal selling).


Penjualan personal adalah bentuk komunikasi yang menggunakan media individu. Sistem komunikasi antara perusahaan dan konsumen dilakukan oleh tenaga penjual atau wiraniaga. Sistem komunikasi dengan cara penjualan personal banyak dilakukan untuk produk-produk jasa, distribusi, perdagangan, dan lainnya. Penjualan personal digunakan jika anggaran promosi tidak terlalu besar.

b. Iklan (advertising).


Iklan adalah komunikasi produk melalui media dan tidak dilakukan dengan cara individu aau perorangan. Melalui sistem kominikasi diharapkan caln pelanggan bisa melihat, mendengar, membaca, dan akhirnya tertarik dengan produk yang diiklankan disebuah media, misalnya spnduk banner, intenet, radio atau televisi.

c. Promosi penjualan (sales pormotian).


Promosi penjualan digunakan untuk memasarkan dan mengomunikasikan pesan produk anda kepada calon konsumen. Promosi penjualan terdiri dari beragam alat promosi yang dirancang untuk mengetahui kecepatan dan kekuatan rangsangan dan respon pasar terhadap suatu produk.

d. Publikasi (piblikation).


Publikasi mencakup pengaturan komunikasi massa diluar iklan dan promosi penjualan. Biasanya publikasi bertujuan untuk meningkatkan penjualan atau memperkuat merek secara tidak langsung dan tidak bersifat menjual.

e. Sponsorship.


Sponsorship merupakan aplikasi dalam mempromosikan produk atau merek yang berasosiasi dengan kegaitan perusahaan lain atau kegiatan pemerintah dan masyarakat.

f. Komunikasi di tempat.


Melakukan komunikasi di tempat yagn akan membeli (pint of purchase)

g. Komunikasi dengan sistem.


Komunikasi dengan sistem bertujuan untuk mempengaruhi seseorang pada saat orang tersebut akan mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk.

Demikianlah penjelasan singakat tentang Rencana Pemasaran Kerajinan Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang tersebut serta lihat juga materi berkaitan lainnya dengan tema yang sama tentang Administrasi Kerajinan Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Jawabanmu disini (SELENGKAPNYA=>)
Sumber: Prakarya-Kemdikbud_RI.

0 Response to "Rencana Pemasaran Kerajinan Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang"

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel