Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha Makanan Khas Daerah

Wirausaha Makanan Khas Daerah

Keberhasilan seorang wirausaha dalam menjalankan usahanya dapat diketahui melalui defenisi berikut ini.

a. Keyakinan yang kuat dalam berusaha,
b. Sikap mental yan gpositif dalam berusaha,
c. Percaya diri dan keyakinan terhadap diri sendiri,
d. Tingkahlaku yang bisa di pertanggung jawabkan,
e. Inovatif dan kreatif,
f. Keunggulan dalam menjalankan usaha,
g. Sasaran yang tepat dan menantang dalam berusaha,
h. Pengelolaan waktu yang efektif dan efisien,
i. Pengembangan diri,
j. Selalu melakukan evaluasi atas usaha yang dijalankan.

Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha Makanan Khas Daerah
Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha Makanan Khas Daerah

Dalam melakukan usaha, terdapat dua kemungkinan, yaitu kegagalan dan keberhasilan. Setiap orang pada umumnya tidak akan mau menerima suatu kegagalan. Hanya sedikit orang yang memahami bahwa sesungguhnya kegagalan itu hanya sementara saja karena kegagalan merupakan awal dari suatu keberhasilan.

Jika seseorang mempunyai mental dan prbadi wirausaha, dia tidak akan putus asa jika mengalami kegagalan. Ia akan berusaha untuk bangkit kembali hingga ia berhasil memperoleh apa yang menjadi harapannya. Biasanya setelah mengalami kegagalan sekali, ia gunakan pengalaman dan tidak akan mengulangi kegagalan yang serupa. 

Adapun hal-hal yang menyebabkan kegagalan usaha adalah sebagai berikut.

a. Tidak adanya tujuan tertentu dalam usahanya,
b. Kurang berambisi, 
c. Kurang disiplin,
d. Pendidikan yang tidak cukup,
e. Sikap selalu menunda-nunda,
f. Kesehatan terganggu,
g. Kurang tekun,
h. Kepribadian yang negatif,
i. Tidak jujur, dan 
j. Tidka dapat bekerjasama dengan orang lain.

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan seorang wirausahawan itu dikatakan berhasil atau gagal. Secara umum, ada dua faktor penyebab keberhasilan atau kegagalan tersebut, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. 

Sebagai seorang wirausahawan, keberhasilan dan kegagalan merupakan dua sisi mata uang, ini berarti bahwa sewaktu-waktu ia dapat mencapai hasil yang baik, tetapi di waktu yang lain ia dapat mendapatkan hasil yang kurang berhasil. Untuk itu, perlu diedentifikasi apa saja faktor-faktor yang menyebabkan  kegagalan atau berhasilan tersebut antara lain sebagia berikut.

a. Perencanaan.

Usaha makanan khas daerah harus dibuat dengan perencanaan yang sangat matang.

b. Menetapkan tujuan.

Bersamaan dengan perencanaan adalah menetapkan tujuan. Tujuan pengelolaan makanan khas daerah harus jelas, apakah usaha makanan khas daerha tersebut hanya sekedar untuk hobi atau untuk mendapatkan profit atau keuntungan.

c. Adaptasi.

Setiap bisnis, apa pun bentuk dan jenisnya,akan selalu menghadapi tantangan dan persaingan yang tidak ada habisnya. Dari sini dibutuhkan kemampuan adaptasi dan mengatasi tantangan-tantangan ini untuk menentukan apakah usaha tersebut dapat bertahan atau tidak.

d. Inovasi.

Merupakan faktor yang sangat penting bagi keberlanjutan usaha makanan khas daerah bahkan lebih penting daripada sekedar mampu beradaptasi dengan perubahan kondisi pasar, pengusaha yang sukses akan terus-menerus fokus pada upaya mereka untuk berinovasi dan peningkatan atau membuat mereka keluar dari bisnis saat pelanggang mencari pesaing yang menawarkan sesuatu yang tidak kita pikirkan.


e. Memasarkan.

Memasarkan merupakan kunci keberhasilan suatu usaha tidak terkecuali usaha makanan khas daerah. Seberapa besar produksi makan khas daerah yang kita hasilkan, terapi pemasaran terhadap barang yagn kita produksi buruk, usaha yang kita jalani tidka akan berlanjud.

f. Jangan mengeluh.

Jangan mengeluh dan tetap berusaha inilah yang merupakan kunci utama keberhasilan dari suatu usaha.

Keenam elemen ini merupakan hal penting untuk mendapatkan suatu kesuksesan bisnis. Ini akan sangat membantu jika kita berfikir sebagai potongan puzzle yang harus diletakkan bersamaan untuk mengubah ide kita, kerja keras, uang, dan keterampilan menjadi satu usaha yang berhasil dan sukses.

Demikianlah penjelasan singkat tentang Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha Makanan Khas Daerah  diatas dan tedapat artikel terkait lainnya dengan tema yang sama dan membahas tentang Risiko dan Peluang Wirausaha Produk Makanan Khas Daerah yang semoga bermanfaat untuk anda. Terimakasih.
Sumber: Prakarya-Kemdikbud_RI.