Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan proses penyiapan dan pembentukan model teknik cetak tekan

Penyiapan dan pembentukan model teknik cetak tekan

A. Penyiapan model teknik cetak tekan.

Proses penyiapan model pada pembuatan keramik teknik cetak dapat mengambil dari karya yang sudah jadi, seperti topeng kayu atau keramik. Atau, dapat pula membuat model sendiri sesuai dengan keinginan. Berikut ini beberapa contoh penyiapan pembuatan model hiasan dinding berupa topeng wajah manusia.

1. Buatlah model secara global dengan menggunakan tanah liat model.

2. Bentuklah model secara detail pada setiap bagiannya kemudian haluskan menggunakan spons.

3. Model cetakan satu sisi untuk teknik cetak tekan (padat) yang telah selesai dan siap dicetak.

Umumnya, terdapat dua teknik cetak pada proses pembantukan karya keramik, yaitu teknik cetak tekan dan teknik cetak tuang.

B. Proses pembentukan teknik cetak tekan.

Membentuk dengan taknik cetak tekan merupakan teknik pembentukan benda keramik yang dilakukan dengan bantuan cetakan gips satu sisi dengan menggunakan bahan tanah liat plastis dengan cara menekan bongkahan/lempengan tanah liat plastis kepermukaan cetakan sehingga mengisi cekungan atau bentuk cetakan yang membentuk suatu benda keramik yang sesuai dengan bentuk cetakan.

Teknik cetak tekan menghasilkan produk yang terbatas bentuknya, biasanya bentuk-bentuk dua dimensi seperti topeng, wadah sederhana, atau tile. Berikut ini beberapa contoh teknik pembuatan cetak tekan melalui pembuatna model, cetakan dan pencetakan benda keramik.

Jelaskan proses penyiapan dan pembentukan model teknik cetak tekan

Pembuatan benda keramik dengan teknik cetak tekan (satu sisi) dapat dilakukan dengan menggunakan cetakan cekung ataupun cetakan cembung. Hal paling penting yang harus dihindari adalah benda keramik hasil cetakan tidak menyangkut pada cetakan gips. Berikut contohnya;

Jelaskan proses penyiapan dan pembentukan model teknik cetak tekan

Demikan penjelasan singakat tentang  proses penyiapan dan pembentukan model teknik cetak tekan tersebut diatas, semoga bermanfaa dan temukan jawaban pertanyaan lainnya dalam kolom pencarian. Terimakasih.