Jelaskan proses penyiapan dan pembuatan gips dengan teknik cetak

Proses penyiapan gips teknik cetak 

Gips sebagai bahan utama dalam pembuatan cetakan harus benar-benar dipilih dengan baik dalam arti gips tersebut memenuhi persyaratan untuk dibuat cetakan. Persyaratan itu di antaranya adalah butiran gips halus, apabila dicampur air, cepat hangat dan mengeras serta memiliki daya serap tinggi (porous) terhadap slip tanah liat. 

Hal ini dimaksudkan agar slip tanah liat yang dituang di dalam cetakan gips akan mudah diserap dan menempel pada cetakan gips secara merata dan membentuk dinding benda keramik. Dengan demikian, tanah liat akan menyusut dan terlepas dari dinding cetakan gips sehingga mempermudah melepas benda dari cetakan gips. Perbedaan kualitas gips dapat dilihat dari: kekerasan bahan gips, perbandingannya dengan air, dan lamanya reaksi dengan air.

Gips sebagai bahan untuk membuat model atau cetakan memerlukan persiapan yang baik sebab gips yang dicampur dengan air akan bereaksi yang menyebabkan gips menjadi keras. Proses penyiapan gips yang baik dapat dilakukan dengan melalui cara-cara berikut ini.

Jawab:

Jelaskan proses penyiapan dan pembuatan gips dengan teknik cetak

1. Tuangkan air bersih ke dalam ember plastik menggunakan gelas ukuran sesuai dengan ukuran atau volume yang telah ditentukan dan sesuai dengan kebutuhan.

2. Timbang berat bahan gips menggunakan timbangan yang sesuai dengan perbandingan berat volume air yang telah ditentukan.

3. Taburkan bahan gips yang telah ditimbang secara merata kedalam ember yang telah berisi air. Lakukan secara bertahap sedikit demi sedikit dengan gips masih berbentuk tepung.

Jelaskan proses penyiapan dan pembuatan gips dengan teknik cetak

4. Masukkan gips ke dalam air hingga tamak sedikit gips muncul diatas permukaan air lalu diamkan hingga 1-2 menit agar air meresap secara merata dalam gips.

5. Aduk menggunakan tangan sehingga secara perlahan hingga ke bagian dasar agar gips tersebut tercampur rata dengan air menjadi adonan gips yang hangat.

6. Kontrol kepekaan adonan gips tessebut, usahakan jangan sampai terlalu cair atau sebaliknya sehingga adonan gips siap dituang kedalam cetakan.

Pembuatan benda keramik dengan teknik cetak merupakan salah satu teknik yang memiliki keunggulan dalam proses produksinya, yaitu bentuk dan ukuran benda keramik sama, dapat diproduksi dalam jumlah yang banyak dan waktu yang relatif lebih cepat.

Pada masa sekarang ini, di Indonesia sudah banyak terdapat pengerajin keramik yang memproduksi peralatan rumah tangga, barang interior, saniter, alat teknik, dan alat elektronik dengan menggunakan teknik cetak, baik itu dengan menggunakan teknik cetak tekan, ataupun dengan menggunakan teknik cetak tuang yang lebih rumit dan canggih. Teknik ini pun semakin berkembang dikalangan para pengerajin keramik dengan bentuk-bentuk yang unik dan menarik para konsumen.

Demikian penjelasan dan jawaban singkat tentang proses penyiapan dan pembuatan gips tersebut diatas, semoga bermanfaat dan cari jawaban pertanyaan lainnya pada kolom pencarian. Terimakasih.

0 Response to "Jelaskan proses penyiapan dan pembuatan gips dengan teknik cetak"

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel