Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan perbedaan proses pembentukan teknik cetak tekan dan cetak tuang

Perbedaan proses pembentukan teknik cetak tekan dan cetak tuang


Penjelasan singkat.

a. Teknik cetak tuang.

Tidak jauh berbeda dengan teknik cetak tekan, pada teknik cetak tuang juga menggunakan cetakan atau wadah cetak yang diawali dengan pembentukan model. Teknik cetak tuang ini lebih rumit sebab memiliki dua sisi atau lebih dan tidak mungkin menggunakan cetakan satu sisi.

Jelaskan perbedaan proses pembentukan teknik cetak tekan dan cetak tuang

Teknik cetak tuang dapat menghasilkan benda - benda keramik dengan berbagai jenis yang memiliki atau terdiri dari beberapa dimensi (1 hingga tiga dimensi) seperti;

  • Benda hias satu cetakan seperti topeng,
  • Mangkok, dua cetakan dengan dua bagian cetakan,d an 
  • Cangkir, tiga cetakan, yaitu cetakan cangkir 2 cetakan dan cetakan handle/tangkai 1 catakan.


b. Teknik cetak tekan.

Teknik cetak tuang adalah teknik pembentukan banda yang dilakukan dengan menggunakan bantuan cetakan satu sisi atau cetakan tunggal menggunakan bahan tanah liat plastis dengan menggunakan cara menekan lempengan tanah liat diatas cetakan hingga tanah liat mengisi seluruh bagian dari cetakan atau cekungan pada cetakan yang akan menghasilkan bentuk benda yang sesuai dengan model cetakan.

Jelaskan perbedaan proses pembentukan teknik cetak tekan dan cetak tuang

Hasil produk dari teknik cetak tekan masih tergolong terbatas dari segi bentuk sebab hanya menghsailkan produk dengan satu sisi pandang saja atau biasa disebut dengan bentuk dua dimensi seperti bentuk topeng, wadah sederhana atau tile.

Dari penjelasan singakat diatas, maka dapat kita simpulkan bahwa perbedaan proses pembentukan teknik cetak tekan dan teknik cetak tuang terdapat pada proses dan hasil dari cetakannya. 

Jawab: 

a. Pada prosesnya, teknik cetak tekan cenderung lebih mudah dilakukan sebab hanya dilakukan pembentukan pada satu sisi saja yang terdapat pada cetakan yang telah dibuat dengan bahan gips, dan

b. Pada teknik cetak tuang cenderung lebih rumit sebab menggunakan 1 hingga 3 cetakan untuk menghasilkan 1 produk kerajinan yang lebih cenderung bersifat tiga dimensi (dapat di nikmati dari segala sisi), sedangkan pada teknik Cetak Tekan hanya menghasilkan kerajinan dengan dua dimensi (satu sisi pandang).

Demikian jawaban singkat tentang pertanyaan mengenai perbedaan proses pembentukan kerajinan dengan teknik cetak tekan dan teknik cetak tuang diatas dan temukan pertanyaan lainnya di kolom peencarian. Terimakasih.