6+ Ciri serta Contoh Sikap Wirausahawan Sukses

Sikap Wirausahawan yang Sukses. 

Seorang wirausahawan tentunya harus memiliki kreatifitas, inisiatif, percaya diri, orientasi, berani mengambil resiko, berjiwa pemimpin, dan juga inovatif. Berikut ini beberapa penjelasan tentang contoh dan ciri sikap seorang wirausahawan yang sukses diantanya adalah sebagai berikut.

1. Kreatif dan Inovatif.

Wirausahawan yang kreatif dan inovatif adalah seorang wirausahawan yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini.
  • tidak pernah puas dengan satu cara meski cara tersebut sudah cukup baik atau memadai,
  • selalu berimajinasi dan menuangkannya dalam aktifitas atau pekerjaannya,
  • selalu ingin untuk tampil beda atau memanfaatkan perbedaan.
Syarat untuk menjadi wirausahawan yang sukses adalah,

  • memiliki sikap mental yang positif,
  • ahli dibidangnya,
  • memiliki daya fikir kreatif,
  • inovatif (berani mencoba hal baru),
  • semangat juang yang tinggi dan komitmen yang tinggi,
  • dapat mengantisipasi resiko dan persaingan.

2. Berorientasi Masa Depan.

Seorang wirausahawan harus memiliki orientasi ke masa depan, kuncinya yaitu dengan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbada dari yang lain atau yang ada pada masa sekarang ini.

3. Berani Ambil Resiko.

Seorang wirausahawan sangat menyukai hal-hal atau usaha yang bersifat menantang untuk mencapai sebauh kesuksesan atau kegagalan daripada usaha yang kurang menantang. Wirausahawan menghindari risiko yang rendah sebab tidak memiliki tantangan dan menjauhi situasi atau risiko yang tinggi karena ingin mencapai kesuksesan. Dalam situasi ini terdapat dua alternatif yang harus dijadikan pilihan, yaitu alternatif yang menanggung resiko dan alternatif yang konservatif.

4. Jiwa Kepemimpinan.


6+ Ciri serta Contoh Sikap Wirausahawan Sukses

Wirausahawan sejati tentu harus memiliki jiwa atau sikap kepemimpinan, kereladanan dan kepeloporan dan selalu menampilkan produk atau jasa - jasa baru dan berbeda sehingga menjadi pelopor, baik itu dalam proses produksi ataupun pemasaran dan selalu memanfaatkan perbedaan bagi suatu yang dapat memberi nilai tambah.

5. Berorientasi Tugas dan Hasil.

Wirausahawan yang selalu mengutamakan tugas dan hasil adalah orang yang selalu mengutamakan nilai-nilai motif berprestasi, berorientasi pada laba, kerja keras dan tekun. Dalam kewirausahaan, peluang hanya dapat diperoleh apabila ada inisiatif dimana inisiatif itu sendiri dapat diperoleh melalui pelatihan dan pengalaman betahun-tahun dan pengembangannya yang diperoleh dari dengan cara disiplin diri, tanggap, berfikir kritis, bergairah serta semangat berprestasi dan pantang menyerah.

6.  Self confidence atau Percaya Diri.

Sikap percaya diri merupakan panduan sikap dan keyakinan seseorang dalam menghadapi tugas atau pekerjaan, yang bersifat internal, relatif dan dinamis serta banyak ditentukan oleh kemampuannya untuk memulai, melaksanakan dan menyelesaikan suatu pekerjaan.

Kepercayaan diri akan memengaruhi gagasan, inisiatif, kreativitas, karsa, keberanian, ketekunan, semangat kerja, dan juga kegairahan dalam berkarya. Kunci keberhasilan dalam bisnis atau usaha adalah untuk memahami diri sendiri. Maka dari itu, Wirausahawan yang sukses, yaitu wirausahawan yang mandiri dan percaya diri.

Demikian penjelasan singkat diatas semoga bermanfaat.

0 Response to "6+ Ciri serta Contoh Sikap Wirausahawan Sukses"

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel