Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis - Jenis Usaha Budidaya Tanaman Pangan

Wirausaha Bidang Budidaya Tanaman Pangan

1. Pengertian Wira dan Usaha.

Wira berarti gagah, berani, tangguh, tauladan, pejuang, dan jujur sedangkan usaha adalah aktifitas atau kegiatan yang dilakukan. Maka pengertian dari Wirausaha adalah orang yang pandai dan juga berbakat dalam mengenali produk baru, dapat menentukan dan produksi produksi baru, menyusun kegiatan untuk mengadakan produk baru, mengatur permodalan serta memasarkannya.

Kewirausahaan, seperti yang tercantum dalam lampiran keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil No. 961/KEP/M/IX/1995, menyatakan bahwa kewirausahaan adalah semangat, sikap perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi, dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. sedangkan Entrepreneurship adalah sikap dan perilaku yang melibatkan keberanian mengambil resiko, kemampuan berfikir kritis dan inovatif.

Menurut Everton (2002) bahwa Kewirausahaan adalah kemampuan menciptakan sesuatu yang baru secara kreatif dan inovatif untuk mewujudkan nilai tambah. Kreatif berarti menghasilkan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya dan inovatif berarti memperbaiki, memodifikasi serta mengembangkan sesuatu yang sudah ada sebelumnya dan nilai tambah berarti memiliki nilai yang lebih dari sebelumnya.

2. Stimulus dan Motivasi Wirausaha Tanaman Pangan.

Dengan penduduknya yang sangat besar maka seiring dengan hal tersebut maka kebutuhan akan pangannya juga tentu sangat besar. Hal ini telah menjadikan Indonesia sebagia salah satu konsumne pangan terbesar produk pengan hasil pertanian. Usaha dalam memproduksi pangan sendiri menjadi sangat penting dilakukan gar dapat memenuhi kebutuhan pangan bangsa.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Maka dari itu, sudah seharusnya negara kita ini mampu memenuhi kebutuhan pangan sendiri meski pada kenyataannya masih harus mengimpor pangan seperti beras dari luar negeri.

Pertanian merupakan salah satu basis ekonomi kerakyatan di Indonesia sekaligus sebagai penentu ketahanan, bahkan kedaulatan negara. Namun kenyataannya, pertanian sebafai salah satu faktor yang mengindikasikan tingkat kesejahtaraan dan peradaban suatu bangsa, kini makin tidak diminati lagi oleh generasi muda.

Banyak yang mengindikasikan dunia petanian dengan kelas rendahan. Maka dari itu, kita harus menyadari bahwa pangan yang kita konsumsi berasal dari usaha budidaya sehingga usaha budidaya tanaman bisa dikatakan sebagai usaha yang sangat mulia.

Bangsa yang besar, yaitu bangsa yang dibangun dari kemandirian masyarakatnya, yaitu masyarakat yang mampu menopang dirinya sendiri tanpa bergantung pada pihak luar. Hal ini dapat dicapai jika warganya memiliki jiwa kewirausahaan dan karakter sebagia seorang entrepreneur.

Jenis - Jenis Usaha Budidaya Tanaman Pangan

3. Jenis - Jenis Usaha Budidaya Tanaman Pangan.

Banyak usaha - usaha dibidang budidaya tanaman pangan yang perlu dikembangkan melalui wirausaha sehingga dapat meningkatkan produksi pangan ataupun meningkatkan nilai tambah produk pangan hasil pertanian. 

Berikut ini adalah beberapa contoh wirausaha di bidang budidaya tanaman pangan yang dapat kita coba diantaranya adalah;
  1. Budidaya padi untuk memproduksi beras,
  2. Budidaya jagung untuk memproduksi biji jagung,
  3. Budidaya sorgun untuk dijadikan pakan hijauan, bahan baku bio etanol dan panen biji,
  4. Budidaya kacang tanah untuk menghasikan biji dan panen konsumsi,
  5. Budidaya kacang hijau untuk dipanen bijinya, dan juga 
  6. Budidaya kacang kedelai untuk menghasilkan biji, dan dipanen muda.
Semua jenis budidaya tersebut diartas tentunya telah kita ketahui wirausaha jenis apa saja yang dapat kita lakukan dengan bahan baku tersebut. Hasil panen dari budidaya tanaman pangan tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk diolah menjadi berbagai jenis hasil produk konsumsi tanaman pangan yang bermanfaat dan berdaya guna bagi masyarakat terutama masyarakat Indonesia itu sendiri.

Salah satu contohnya seperti pengolahah biji kedelai untuk dijadikan produk pangan tempe dan tahu, siapa yang tidak mengenal makan hasil tanaman pangan yang satu ini. Sudah lezat.. begizi pula.. jadi siapkan kreatifitas dan ilmu anda untuk membuat produk baru dengan bahan dasar tanaman pengan tersebut.

Demikian penjelasan singkat tentang Jenis-Jenis Usaha di Bidang Budidaya Tanaman Pangan tersebut diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Sumber: Prakarya-Kemendikbud_RI-2019.