Menggambar Ilustrasi: Pengertian, Jenis, Objek Menggambar Ilustrasi

Menggambar Ilustrasi. 

Pada saat kita sedang menikmati membaca sebuah buku, novel, majalah, atau lainnya yang sejenis seringkali kita mendapati atau menemukan gambar yang menyertai tulisan-tulisan yang ada didalamnya. Gambar-gambar tersebut itulah yang disebut dengan gambar ilustrasi yang bertujuan atau yang berfungsi untuk mempertegas maksud dan makna cerita melalui bahasa visual. 

A. Pengertian Gambar Ilustrasi.

Gambar ilustrasi adalah gambar yang memberikan penjelasan pada suatu cerita, peristiwa, atgau suatu kejadian, yang dapat berupa ilustrasi kulit buku, kartun, komik, karikatur, poster, narasi buku, gambar bagan, dan gambar dekoratif. Pembuatan gambar ilustrasi dapat berupa gambar yang berdiri sendiri atau pula gambar yang disertai dengan suatu cerita.

  • Ilustrasi yaitu gambar yang memperjelas ide cerita atau narasi. 
  • Tujuan dari gambar ilustrasi yaitu memperjelas, memperkuat, memperindah, mempertegas dan memperkaya cerita atau narasi.
  • Fungsi dari gambar ilustrasi yaitu dapat dimanfaatkan untuk menhidupkan sebuah cerita.
  • Gambar ilustrasi yang baik adalah ilustrasi yang dapat merangsang dan membantu pembaca untuk berimajinasi tentang cerita. Imajinasi sangat membantu dalam mengembangkan imajinasi dan memahami narasi.
  • Objek gambar ilustasi dapat berupa gambar manusia, tumbuhan atau hewan. Gambar-gambar tersebut dapat berupa gabungan dari beberapa objek yang berbeda yang disesuaikan dengan tema secita atau narasi yang akan dibuat.
  • Gambar narasi dapat dibuat dalam bentuk cerita bergambar, komik, kartun, karikatur, serta ilustrasi karya sastra berupa puisi atau sajak.
  • Gambar ilustrasi dapat terdiri dari berbagai macam warna atau hanya warna hitam dan putih saja yang dapat dilakukan secara manual atau dengan menggunakan alat digital.

B.Jenis - Jenis Gambar Ilustrasi.

Jenis - Jenis daripada gambar - gambar ilustrasi terdiri dari beberapa jenis yang diantaranya adalah sebagai berikut :

a. Gambar Kartun.

Menggambar Ilustrasi: Pengertian, Jenis, Objek Menggambar Ilustrasi
Pengertian, Jenis, Objek Menggambar Ilustrasi 
Bentuk daripada gambar kartun dapat berupa tokoh manusia atau hewan yang berisikan cerita-cerita yang memiliki sifat menghibur. Penampilan dari gamber kartun dapat dilihat dalam dua bentuk yakni gambar full color (penuh warna) dan hitam putih.

b. Gambar Karikatur.

Bentuk gambar karikatur memiliki karakter yang dilebih-lebihkan, menarik, lucu, unik dan terkadang mengandung kritikan dan sindiran dengan objek gambarnya dapat berupa manusia aaupun hewan.

c. Gambar Komik.

Ilustrasi dalam bentuk komik merupakan serangkaian gamabar yang saling melengkapi dan memiliki alur cerita dengan bentuk yang dapat berupa buku atau lembaran dengan gambar singkat (comik strip).

d. Gambar Ilustrasi Karya Sastra.

Karya sastra berupa cerpen, sajak dan puisi akan terlihat lebih menarik apabila disertai dengan gambar ilustrasi. Selain itu, hal tersebut juga dapat menarik minat orang untuk membaca cerita. Fungsi dari gambar ilustrasi disini bertujuan untuk memberikan penguatan dan penegasan isi atau narasi pada materinya.

e. Gambar Vignette.

Menggambar Ilustrasi: Pengertian, Jenis, Objek Menggambar Ilustrasi
Pengertian, Jenis, Objek Menggambar Ilustrasi 
Sebagia pengisi dari sebuah cerita atau narasi dapat pula disisipkan gambar ilsutrasi vignette yaitu gambar ilustrasi berbentuk dekoratif dengan fungsi untuk mengisi bidang kosong pada kertas narasi.

C. Bentuk Objek Gambar Ilustrasi.

Objek gambar pada gambar ilustrasi terdiri dari beberapa macam yang diantranya adalah sebagai berikut :
  • Gambar Ilustrasi Tumbuhan,
  • Gambar Ilustrasi Hewan, dan
  • Gambar Ilustrasi Manusia.

a. Gambar Ilustrasi dengan Objek Tumbuhan.

Tumbuhan dalam gambar ilustrasi dibuat dengan cara menyederhanakan atau menggambar detailnya.

b. Gambar Ilustrasi dengan Objek Hewan.

Tokoh hewan juga mempunyai proporsi dan anatomi yang berbeda dengan jenis dan bentuk binatang yang dapat dikelompokkan menjadi binatang darat, air dan juga binatang udara. Proporsi dari gambar ilustrasi masing masing dari binatang ini harus memiliki kejelasan.

c. Gambar Ilustrasi dengan Objek Manusia.

Tokoh manusia memiliki proporsi yang jauh berbeda sehingga  pada saat menggambarnya kita membutuhkan perhatian khusus untuk karakter dan memahami anatominya, agar terlihat lebih wajar dan tidak memiliki kesan yang kaku.

Demikian penjelasan singkat tentang Menggambar Ilustrasi: Pengertian, Jenis, Objek Menggambar Ilustrasi tersebut diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Sumber : Kemendikbud-RI_2017
Penulis : Eko Purnomo,dkk
Pe-review : Defrizal Adyar.

0 Response to "Menggambar Ilustrasi: Pengertian, Jenis, Objek Menggambar Ilustrasi "

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel