Alat, Teknik dan Langkah Menggambar Ilustrasi

Alat, Teknik dan Langkah Menggambar Ilustrasi
Alat, Teknik dan Langkah Menggambar Ilustrasi

Alat, Teknik dan Langkah Menggambar Ilustrasi. 

Salam sahabat pendidikan dimanapun berada, berikut kita akan mengulas tentang kelanjutan artikel sebelumnya yang mebahas tentang gambar ilustrasi mulai dari pengertian dan seterusnya hingga pada artikel berikut yang akan membahas mengenai teknik, alat dan langkah-langkah dalam membuat gambar ilustrasi. Untuk lebih singkatnya mari kita semak ulasna berikut.

Menggambar ilustrasi bisa kita lakukan dengan dua cara atau dua teknik yaitu dengan manggunakan teknik kering dan teknik basah. Masing - masing dari kedia jenis tenik ini memiliki alat serta bahan yang berbeda dan tentunya juga akan menghasilkan hasil yang berbeda pula.

1. Teknik Kering dalam Menggambar Ilustrasi.

Menggambar ilustrasi dengang menggunakan teknik kering tidak perlu kita gunakan pengencar air atau minyak. Ilustrasinya dapat langsung dibuat pada bidang dua dimensi berupa kertas gambar yang kemudian dibuat sketsanya untuk selanjudnya diberi aksen garis atau warna sesuai dengan media kering yang digunakan.


- Alat dan Bahan Teknik Kering dalam Menggambar Ilustrasi.

a. Pensil.

Pensil yang digunakan dalam menggambar ilustrasi yaitu ukuran pensil 2B - 6B.

b. Arang.

Arang yang dimanfaatkan untuk membuat atau menggambar ilustrasi yaitu arang yang berbahan dasar dari kayu. Menggambar ilustrasi dengan bahan ini akan meninggalkan sisa-sisa arang atau debu arang pada gambar.

c. Krayon/pastel color.

Krayon atau pastel color memiliki berbagai macam warna dan dimanfaatkan untuk menggambar ilustrasi yang menginginkan berbagia macam pewarnaan.

d. Charcoal.

Charcoal memiliki bentuk fisik yang menyerupai pensil warna dengan lapisan kertas sebagai pembungkusnya. Alat ini juga memiliki ciri khas warna yang tajam atau jelas.

e. Pulpen.

Siapa yang tidak mengenal pulpen. Tidak hanya meggambar ilustrasi, pulpen juga dimanfaatkan dalam berbagia bidang dan sudah menjadi senjata utama bagi mereka yang bernaung didunia pendidikan dan yang lainnya. Pulpen digunakan untuk menggambar ilustrasi dengan karakter yang tegas pada garis-garis gambarnya.


2. Teknik Basah dalam Menggambar Ilustrasi.

Menggambar dengan teknik basah yaitu ilustrasi yang dibuat dengan cara membuat sketsa pada bidang gambar dua dimensi berupa kertas atau kanvas dan diberi warna sesuai dengan media basah yang telah di tentukan.


- Alat dan Bahan Teknik Basah dalam Menggambar Ilustrasi.

a. Cat Air.

Cat air dalam menggambar ilustrasi menggunakan air sebagai bahan campuran atau pengencernya sebelum diterapkan pada media kertas atau kanvas.

b. Cat Minyak.

Cat minyak dalam menggambar ilustrasi menggunakan campuran khsusu seperti minyak untuk mengencerkan cat yang hendak digunakan sebelum di terapkan kemedia kanvas atau kertas gambar.

c. Tinta atau media lain yang memerlukan air atau minyak sebagai pengencer.

3. Proses/Tahapan dalam Menggambar Ilustrasi.

Ilustrasi merupakan salah satu proses atau jenis kegiatan yang membutuhkan keterampilan dalam menggambar bentuk. Adapun bentuk yang digambar harus bisa mempertegas atau memperjelas serta memperindah isi cerita atau narasi yang menjadi tema dari gambar tersebut. Garis-garis, bentuk dan teknik pewarnaan pada gambar harus disesuaikan dengan keseimbangan, komposisi, proporsi, serta kesatuan antara gambar dan narasinya.

Terdapat beberapa tahapan- tahapan dalam menggambar ilustrasi yang antara lain adalah sebagai berikut ini :

a.  Menetukan tema dari gambar berdasarkan oleh narasi atau ceritanya.

b. Menetukan apa jenis gambar yang hendak atau yang akan dibuat.

c. Menetukan irama, komposisi, proporsi, keseimbangan dan kesatuan pada objek gambar.

d. Menggambar terlebih dahulu sketsa secara global (keseluruhan) yang disesuaikan dengan narasi atau  ceritanya.

e. Memberikan arsiran atau pula warna pada objek gambar sesuai dengan karakter cerita dalam narasi atau ceritanya.

Demikian ulasan singkat tersebut diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Sumber : Kemendikbud-RI_2017
Penulis : Eko Purnomo,dkk
Pe-review : Defrizal Adyar.

0 Response to "Alat, Teknik dan Langkah Menggambar Ilustrasi"

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel