Teknik / Langkah, dan Alat Menggambar Model

Teknik / Langkah, dan Alat Menggambar Model
Teknik / Langkah, dan Alat Menggambar Model 


Langkah - Langkah Menggambar Model.

Sebelum mulai menggambar, pertama-tama kita siapkan terlebih dahulu model objek yang hendak kita gambar dan kemudian siapkan pula papan gambar atau meja gambarnya. Setelah itu, aturlah sudut pandang dengan posisi tidak telalu jauh agar agar mudah untuk diamati secara jelas.

Biasakanlah menggambar diatas permukaan miring, bukan pada permukaan yang datar sebab dapat mengakibatkan gambar yang dibuat tidak nampak proporsional/distorsi. Gunakanlah alat pensil 2H atau H untuk membuat garis bantu.

Mengapa harus penil 2H atau H ? sebab jenis pensil ini sangat membantu dalam menggambar model sebab dapat menghasilkan garis-garis yang sukup tipis dan dengan pensil ini kita tidak akan terganggu oleh garis-garis atau pula coretan yang tebal dan dengan demikian waktu yang kita gunakan untuk menggambar model juga akan lebih efisien sebab kita tidak menghabiskan waktu hanya untuk menghapus coretan yang salah.

Biasakan pula memulai gambar dengan membuat proporsi, bentuk dan gesture secara global menggunakan pensil 2H atau H tersebut dan jika sudah selesai dengan model yang digambar, lanjudkan dengan menggambar setiap bagian dengan lebih detail. Setelah itu perjelaslah gambar dengan menggunakan pensil Hb, B, atau 2B atau dengan pensil warna, cat ataupun dengan spidol.

Adapun tahapan-tahapan dalam menggambar model alam benda yang diantara tahapan - tahapan tersebut adalah sebagai berikut :

- Teknik Menggambar Model.

1. Mempersiapkan objek gambar model alam benda yanghendak untuk digambar.

2. Membuat sketsa, yaitu memgambar bentuk global dengan memperhatikan proporsi, bentuk, dan objek yang hendak digambar.

3. Memberikan kesan gelap dan terang pada setiap bagian-bagian objek dengan menggunakan arsiran pensil hingga nampak perbedaannya.

4. Membuat ditail pada setiap objek gambar,

5. Memperjelas setiap bagian dari objek gambar, dan

6. Melakukan penyelesaian akhir gambar yang dilakukan sesuai dengan karakter dari masing-masing objek yang digambar.

- Alat dan Bahan Menggambar Model. 

Terdapat Beberapa alat serta bahan yang dapat digunakan dalam proses menggambar model yang sering digunakan memiliki ukuran yang beragam dan juga jenis yang beragam pula, diantara barang - barang tersebut terdiri dari pensil, penghapus, kertas dan juga papan gambar yang lengkap dengan kegunaannya masing-masing.

a. Pensil Gambar.

Pilih pensil berukuran 2H-H (keras), HB ( medium), dan B-2B (lunak). Gunakanlah peraut pensil untuk meruncingkan ujung dari pensil. Sepotong kertas amplas kecil juga dapat digunakan untuk mempermudah mengukur keruncingan penseil sesuai dengan kebutuhan dalam menggambar.

b. Penghapus Gambar.

Gunakan penghapus yang lunak dan lentur untuk membersihkan garis-garis pensil tanpa merusak kertas.

c. Kertas Gambar.

Gunakan kertas gambar seusi dengan kebutuhan, biasanya kertas yang digunakan tidak terlalu tipis dan memiliki tekstur. Kertas tersebut misalnya kertas ukuran standar ( A3, A4, dan kertas kwarto) dan untuk latihan kita dapat menggunaka kertas buram (khusus untuk latihan).

d. Pensil Warna.

Penggunaan pensil warna dapat dilakukan dengan cara mengarsir atau memblok warna. Tekanan pada penggunaan pensil harus sangat diperhatikan sebab sangat memengaruhi ketajaman atau kontraks warna pada gambar.

e. Krayon.

Bahan krayon terdiri atas dua jenis bahan yaitu bahan krayon dengan basis kapur serta bahan krayon dengan basis minyak (lilin).

f. Cat Air.

Bentuk dari cat air terdiri dari berbagia bentuk misalnya bentuk tube, dan batangan. Untuk bentuk tube dimanfaatkan dengan menggunakan palet (papan cat), sedangkan cat air dalam bentuk batangan bisa langsung digunakan di kemasannya.

Demikian ulasan singkat tentang Teknik / Langkah, dan Alat Menggambar Model tersebut diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Sumber : Kemendikbud-RI_2017
Penulis : Eko Purnomo,dkk
Pe-review : Defrizal Adyar.

0 Response to "Teknik / Langkah, dan Alat Menggambar Model "

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel