Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kerajinan Tas Cantik dan Unik dari Kelapa

Tas Cantik dan Unik dari Kelapa.


Salam sahabat kreatif dimanapun berada. Kita telah ketahui bersama kelapa memiliki banyak manfaat bahkan bisa dikatakan bahwa seluruh bagian dari kelapa dapat dimanfaatkan dikehidupan kita sehari-hari dan salah satu dari bagian itu adalah buah kelapa kering yang memiliki bagian dalam yang keras dan disebut dengan batok kelapa. 

Selama ini batok kelapa sering dianggap sebagia limbah dan lebih banyak dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan arang, namun perlu kita ketahui bersama pula bahwa banyak kreasi yang bisa kita buat dengan batok atau tempurung kelapa tersebut salah satunya dengan mengubahnya menjadi kerajinan tas cantik dan unik dari bahan dasar kelapa. 

Untuk membuat kerajinan ini tentu kita membutuhkan peralatan yang akan digunakan untuk membuatnya dan adapun spesifikasi alat dan bahan tersebut adalah sebagai berikut :

A. Alat dan Bahan Kerajinan Tas dari Kelapa.

Agar kreasi yang akan dibuat memiliki kualitas yagn bagus, maka penggunaan alat dan bahannya juga harus disiapkan dan harus bagus pula antara lain sebagai berikut.

1. Pisau - Pisau yang digunakan harus memiliki ukuran yang beragam dari yang besar, sedang, semi kecil, serta kecil dan berujung runcing tapi harus tajam agar dalam mengaplikasikan pisau ini bisa membarikan hasil yang rapidan tidak mengurangi nilai seni bentuk prodak tersebut.

2. Gergaji - Sama dengan pisau, gunakan gergaji yang tajam dengan berbagia ukuran atau bentuk dan jangan lupa untuk mempertajam gergaji agar saat digunakan untuk membentuk hasilnya bisa optimal.

3. Kikir - Dimanfaatkan untuk menghaluskan pinggiran atau permukaan pada batok kelapa yang tajam dan bisa membahayakan.

4. Amplas - Dimanfaatkan untuk menghaluskan permukaan produk untuk memudahakan pengerajin dalam proses penyelesaian akhir seperti dalam proses pengecetan dan dapat memberikan hasil yang meksimal.

5. Sikat kawat - digunakan untuk menyikat serabut kelapa untuk menghasilkan bentuk atau tekstur tertentu pada prodak yang hendak dibuat.

6. Lem - Tentu semua tau tujuan penggunaannya, yaitu untuk menempelkan atau merekatkan alas dan gunakanlah lem yang memiliki daya rekat yang kuat agar produknya tidak mudah rusak.

7. Pensil - Dimanfaatkan untuk menggambar pola pada kertas sebelum menempelkannya pada tempurung kelapa untuk dijadikan pola pembuatan kerajinan. Bisa juga digunakan langsung atau diaplikasikan langsung pada kelapa (jika anda cerdas dalam menggambar model).

8. Kuas - Digunakan untuk pengecetan dan gunakanlah kuas dengan bermacam variasi bentuk dan ukuran agar sudut yang sulit dapat diajangkau dalam proses pewarnaan dan menghasilkan warna yang sempurna.

9. Bor - Digunakan untuk melubangi tempurung kelapa atau untuk membuat pola hiasan pada kreasi batok kelapa.

10. Gunting - Digunakan untuk proses pemotongan pada bagian dari kerajinan yang membutuhkan gunting atau untuk memisahkan dan menghilangkan bagian yagn tidak penting pada produk.

11. Paku - Digunakan untuk memperkuat alas ke kelapa agar dapat berdiri jika produk yang dibuat harus memakai kaki.

Bahan utama lain yang juga perlu disiapkan yaitu :

1. Kelapa - Tentu inilah yang paling utama karena kelapa merupakan produk yang akan dibuat kerajinan tapi jangan lupa melihat atau mengecek kualitas bahan dasar produk terlebih dahulu sebelum digunakan. Manfaatkan kelapa tua atau muda yang masih utuh atau yang sudah dikupas.

2. Kayu atau batang kelapa - Digunakan sebagai alas atau tatakan produk yang harus menggunakan kaki agar dapat beridiri tegak.

3. Cat - Vernis - Digunakan untuk mewarnai produk dan mempercantik hasil akhir dari produk.

4. Tali dari serabut kelapa - untuk produk kerajinan dengan model menggunakan gantungan seperti lampu gantung, hiasan dinding dan lainnya.

5. Malai dan Pelepah kelapa serta biji - bijian dan juga bunga yang telah diawetkan.

Itulah beberapa persiapan yang harus digunakan untuk membuat produk kerajinan dari kelapa namun kali ini, kita akan membuat produk Kerajinan tas cantik dan unik dari kelapa dimana alat dan bahannya kita ambil dari yang sudah kita siapkan diatas. Berikut ulasan cara membuat produk tas ini gays .

B. Cara Membuat Tas Cantik dan Unik dari Kelapa

a. Siapakan kelapa berukuran besar atau sedang.

b. Kupas kulitnya, belah menjadi dua bagian sama besar lalu bersihkan isi kelapanya hingga benar-benar bersih. Sebaiknya gunakan kelapa yang yang sudah tua agar tidak mudah mengeriput.

c. Haluskan kulit kelapa dengan kikir atau amplas kemudian cat dengan vernis lali keringkan.

Cara Membuat Kerajinan Tas Cantik dan Unik dari Kelapa
Cara Membuat Kerajinan Tas Cantik dan Unik dari Kelapa
d. Buatlah lubang pada bibir kelapa dengan menggunakan bor untuk memasang resleting dan dipernis kembali hingga mengkilap.

Cara Membuat Kerajinan Tas Cantik dan Unik dari Kelapa
Cara Membuat Kerajinan Tas Cantik dan Unik dari Kelapa
e. Pasang resleting dengan cara dilem dan diperkuat dengan cara menjahitnya pada bagian yang telah dilubangi.

Cara Membuat Kerajinan Tas Cantik dan Unik dari Kelapa
Cara Membuat Kerajinan Tas Cantik dan Unik dari Kelapa
f. Untuk menyatukan kelapa agar dapat menjadi tas mini yang unik, pasangkan kilit sebagai penguat.


g. Sebagai penutup pada bagian dalam, pasangkan kain pelapis.

Cara Membuat Kerajinan Tas Cantik dan Unik dari Kelapa
Cara Membuat Kerajinan Tas Cantik dan Unik dari Kelapa
h. Dan terkahir pasangkan tali sebagia pegangan lalu liat hasilnya.

Cara Membuat Kerajinan Tas Cantik dan Unik dari Kelapa
Cara Membuat Kerajinan Tas Cantik dan Unik dari Kelapa
Demikian penjelasan singakat tentang kerajinan dari kelapa tersebut dan akan masih banyak lagi kerajinan kelapa lainnya yang akan kita bahas pada artikel berikutnya. Demikian dari saya dan selamat mencoba.