Alat, Bahan dan Contoh Kerajinan Dari Kelapa

Membuat Kerajinan Dari Kelapa.


Siapa yang tidak mengenal tanaman atau buah - buahan yang satu ini.. benar.. kelapa.. merupakan jenis tanaman dengan saribu satu manfaat mulai dari akar, batang daun, dan buahnya dapat dimanfaatkan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Selain itu, tahukan kita bahwa ada bagian dari kelapa yang jarang atau bahkan kurang dimanfaatkan dan hanya dianggap sebagai limbah? namun sebenarnya masih dapat dimanfaatkan menjadi berbagia kerajinan atau kreasi unik dan menarik serta memliki nilai ekonomis.

Bagian tersebut adalah tempurung kelapa yang pada umumnya hanya dimanfaatkan sebagia bahan dasar untuk membuat arang. Namun, siapa yang menyangka jika limbah tempurung kelapa ini dapat bernilai tinggi dengan dijadikan berbagai macam produk interior dan fashion, seperti tempat tisu, place mate, kotak perhiasan, pot bunga, karpet, perlengkapan rumah tangga, tas dan lain sebagainya.

Cara membuatnyapun tidak terlalau sulit dan mudah untuk dipelajari. Bahkan jika anda kreatif, anda juga dapat berkreasi dan berinovasi untuk membuat produk lainnya melalui bahan dasar tempurung kelapa ini. Melihat potensi tempurung kelapa yang cukup besar, maka tidak ada salahnya kita belajar dan mempraktikkan berbagai macam kreasi dan inovasi dari produk ini.

Untuk itu, berikut ini kita akan mengulas beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan dalam membuat kreasi dan bahan alami tempurung kelapa dan beberapa teknik kreasi beserta contoh alternatif produk yang dapat anda buat sendiri dirumah.

A. Proses Awal Kerajinan dari Kelapa.


1. Pemilihan Bahan Kerajinan dari Kelapa.

Bahan yang digunakan dapat berupa kelapa utuh ataupun limbah kelapa muda. Perlu diingat bahwa kualitas bahan tentu akan menentukan kualitas produk yang akan dihasilkan jadi gunakanlah bahan yang tidak rusak atua busuk.


2. Pembuatan Pola Kerajinan

Proses ini dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara, yaitu dengan menggambar secara langsung pada lapisan kulitnya menggunakan pensil warna atau menggambar bentuk yang akan dibuat melalui media kertas, lalu terapkan pada kelapa. Proses ini tergantung pada ketersiadaan bahan baku yang anda siapkan.


3. Pembersihan Bahan Kerajinan.

Keluarkan isi kelapa dengan menggunakan sendok, pisau atau penatah. Agar isinya benar-benar bersih, lakukan pengemplasan dengan tujuan agar produk terhindar dari semut dan bau asam. Selanjudnya, jemur dibawah matahari langsung agar bagian dalam tempurung menjadi kering.


4. Pengerjaan Kerajinan dari Kelapa.

terdapat beberapa cara yang dapat dilkukan dalam proses ini yaitu :

- Pemotongan kulit kelapa.

Cara ini terbilang sederhana. Pemotongan dilakukan pada bagian kulit kelapa sesuai dengan pola yang dapat dilakukan lebih variatif sehingga diperoleh bentuk yang diinginkan. Pada saat tertentu, ketika anda menginginkan serabut muncul, seperti pada saat membuat bentuk rambut, anda dapat menggunakan sikat kawat atau paku. Caranya, sikat kulit kelapa sehingga dihasilkan serabut seperti rambut.

- Pembentukan tempurung kelapa.

Cara ini sedikit rumit. Kulit kelapa dikupas sehingga nampak tempurungnya yang selanjudnya dibentuk atau diukir dengan menggunakan pisau yang teridiri dari beberapa macam. Pisau ukir yang digunakan  untuk menghias bagian yang sempit adalah pisau yang memiliki ujung runcing dan harus benar-benar tajam serta tidak karatan. Begitu juga saat membentuk menggunakan gergaji harus tajam dan tidak karatan agar hasilnya rapi.


5. Pengeringan Bahan Kerajinan.

Tujuan dari pengeringan adalah agar jamur yang ada dapat mati sehingga produk hasil kreasi menjadi awet dan tahan lama serta tidak membusuk. Proses ini dilakukan jika keadaan kelapa yang digunakan masih dalam keadaan basah, misalnya pada kelapa muda.

Penjemuran dilakukan 2-3 minggu, bergantung dari intensitas cahaya matahari. Sebaiknya kita gunakan kelapa yang sudah tua sebab jika kelapa masih muda, dalam proses pengeringan maka kulitnya akan mengerut.


6. Penghalusan Bahan Kerajinan.

Proses ini  dilakukan setelah bentuk yang diinginkan selesai dengan menggunakan amplas, kikir, ataupun alat pengasah pisau dengan tujuan agar permukaan kerajinan tidak kasar dan menghilangakan ujung-ujung runcing yang dapat menimbulkan bahaya serta untuk menghasilkan proses pewarnaan yang rata dan nampak bagus.


7. Pengecatan Produk Kerajinan.

Proses ini, dapat kita gunakan cat kayu. Namun vernis juga dapat digunakan jika kita ingin hasilnya nampak alami. Pengecetan yang dilakukan secara berulang, harus menunggu pengecetan pertama hingga kering sebab jika masih basah maka akan menghasilan warna yang tidak sesuai dengan keinginan. Pengeringan dilakukan 1 - 2 hari agar dalam proses pengiriman barang, cat tidak lengket sehingga kualitas produk jadi menurun.

B. Alat dan Bahan Kerajinan dari Kelapa

  1. Pisau - Gunakan pisau yang memiliki ujung yang rincing dan tajam agar hasilnya rapi.
  2. Gergaji - tajam dan terdiri dari ukuran besar, sedang dan kecil untuk membuat bentuk yang diinginkan dan memberikan hasil yang optimal.
  3. Kikir - digunakan untuk merapikan pinggiran atau permukaan produk kelapa agar tidak tajam dan membahayakan.
  4. Ampelas - digunakan untuk menghasulkan dan membuat hasil akhir menjadi lebih baik.
  5. Sikat kawat - digunakan untuk menyikat serabut kelapa untuk mendapatkan tekstur tertentu.
  6. Lem - gunakan lem serbaguna yang memiliki kerekatan yang kuat agar produk juga memiliki daya tahan yang lama.
  7. Pensil - dugunakan untuk membuat pola pada kertas yang diterapkan pada kelapa.
  8. Kuas - digunakan untuk pengecetan dan gunakan beberapa ukuran untuk mencapai sudut yang sulit dalam proses pengecetan produk.
  9. Bor - digunakan untuk melubangi atau membuat pola hiasan pada beberapa bagian tertentu pada produk kerajinan.
  10. Gunting - digunakan untuk memotong bagian yang tidak perlu atau bagian tertentu pada kelapa.
  11. Paku - digunakan untuk merekatkan alas ke kelapa agar dapat berdiri tegak.
Bahan Baku utama lainnya :
  1. Kelapa - Menggunakan kelapa muda atau kelapa tua. bisa yang masih utuh atau juga yang sudah dikupas.
  2. Kayu - digunakan sebagai alas atau tatakan agar produk dapat berdiri tegak.
  3. Cat atau vernis - digunakan untuk mewarnai produk agar lebih menarik.
  4. Tali dari sabut kelapa - digunakan untuk menggantung produk yang tujuannya sebagai hiasan dinding yang digantung.
  5. Malai dan Pelepah kelapa serta bunga dan biji-bijian yang dikeringkan yang digunakan untuk menghias beberapa kerajinan yang terbuat dari kelapa berikut ini :

a. Kerajinan Tempat Tisu Kura - Kura dari Kelapa.

Alat, Bahan dan Contoh Kerajinan Dari Kelapa
Alat, Bahan dan Contoh Kerajinan Dari Kelapa 
  • Pilihlah kelapa tua yang kering dengan ukuran besar atau sedang kemudian dibelah dan dipotong tempurungnya hingga membentuk lubang, kerok isinya hingga bersih total lalu jemur.
  • Potong sebagian kulit kelapa sehingga tersisa bagian serabutnya agar mudah membentuk pola atua bentuk hewan.
  • Buat pola hiasan pada kulit kelapa, seperti kura-kura.
  • Ukir dengan pisau runcing dan tajam sesuai dengan pola yang diinginkan. Haluskan permukaan dengan amplas.
  • Cat dengan warna yang anda sukai kalau bisa yang gunakan warna yang kontraks dan jemurlah produk hingga benar-benar kering. Lihat hasilnya.

b. Kerajinan Kap Lapu dari Kelapa.

Alat, Bahan dan Contoh Kerajinan Dari Kelapa
Alat, Bahan dan Contoh Kerajinan Dari Kelapa 
  • Gunakan kelapa tua dan kering berukuran besar atau sedang. Potong sepertiga bagian hingga dapat terlihat isinya. Lepaskan kulit kelapa sepertiga bagian sehingga tempurung nampak menonjol, lalu jemur.
  • Gunakan Bor untuk membentuk pola yang diinginkan. Buat lubang pada tempurung kelapa dengan diameter yang beragam agar cahaya lampu dapat tembus keluar.

Alat, Bahan dan Contoh Kerajinan Dari Kelapa
Alat, Bahan dan Contoh Kerajinan Dari Kelapa 
  • Rapikan serabut kelapa yang akan menjadi rambut hingga tampak rapi dan rata.
  • Buatlah rambut pada sisi kulit kelapa yang ada dengan sikat kawat.
  • Haluskan permukaan tempurung kelapa lalu di pernis.
  • Potong batang kelapa berbentuk silinder sebagai tempat berdirinya lampu dan buat juga dua lingkaran sebagai alasnya. lubangi dengan bor untuk membuat jalan kabel.
  • Satukan lingkaran alas dan batang agar dapat berdiri dan masukkan kabel lalu pasang lampunya.
  • Tutup lampu dengan kap lampu yang sudah dibuat tadi dan lihat hasilnya.

c. Kerajinan Temat Lilin dari Kelapa.

Alat, Bahan dan Contoh Kerajinan Dari Kelapa
Alat, Bahan dan Contoh Kerajinan Dari Kelapa 
  • Buat pola pada tempurung kelapa kering dengan bentuk bintang dan lingkaran atau sesuai dengan selera anda. Kemudian potong tempurung kelapa menggunakan gergaji berdasarkan pola yang telah dibuat sebelumnya.
  • Haluskan permukaan menggunakan amplas.
  • Pasang paku pada tempurung berbentuk bintang dibagian tengahnya untuk tempat dudukan lilin lalu vernis tempurung berbentuk lingkaran dan bintang tersebut hingga mengkilap.
  • Ambil bambu dengan diameter kurang lebih 8 cm. lilirkan pelepah batang kelapa dan rotan untuk memperindah tampilan.
  • Pasangkan potongan tempurung berbentuk bintang dan lingkarang tadi pada kedua sisi bambu dengan menggunakan lem perekat yang kuat, beri lilin pada paku yang pasang lalu liat hasilnya.

Demikian beberapa contoh kerajinan dari kelapa tersebut diatas, semalat mencoba dan terimakasih atas segenap perhatiannya.

0 Response to "Alat, Bahan dan Contoh Kerajinan Dari Kelapa "

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel