Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seni Rupa Modern, Pengertian, Aliran, Ciri, Tokoh Seni Rupa Modern

Pengertian Seni rupa Modern, Aliran, Ciri Serta Tokoh Seni Rupa Modern.

A. Pengertian Seni rupa Modern.

Dikutip dari id.wikipedia.id menyatakan bahwa Seni Rupa Modern adalah seni rupa yang meliputi karya artistik yang dihasilkan pada periode mulai dari tahun 1860-an hingga periode 1970-an.

Periode ini menandakan gaya dan filsafat seni rupa yang dihasilkan pada masa itu.

Istilah seni rupa modern tersebut biasanya dikaitkan dengan seni rupa dimana tradisi - tradisi masa lampau tertanam dalam jiwa eksperinmentasi.

Seni rupa modern adalah sebuah aliran seni yang muncul pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 yang mengacu pada tradisi seni yang lebih lama, namun juga mencakup ide-ide baru dan teknik yang lebih inovatif. 

Aliran seni ini menekankan penggunaan teknik-teknik dan media yang lebih modern, seperti lukisan dengan cat minyak, serta mengusung ide-ide yang lebih progresif dan kontemporer. 

Aliran seni rupa modern ini mencakup berbagai macam gaya dan aliran yang berbeda, seperti fauvisme, impresionisme, dan ekspresionisme.

Pengertian lain dari Seni Rupa Modern adalah dikutip dari serupa.id adalah seni rupa yang tidak terbatas pada satu tradisi atau daerah yang mengembangkan seni rupa berdasarkan pada filsafat serta ilmu dan prinsip seni yang lebih berkembang.

Istilah modern dalam dunia seni rupa berkaitan dengan seni rupa tradisi di masa lampau yang telah dikesampingkan dengan tujuan untuk mengangkat eksperimentasi karya seni rupa untuk kemajuan dunia seni khusunya seni rupa.

Pengertian Seni rupa Modern, Aliran, Ciri Serta Tokoh Seni Rupa Modern
Seni rupa Modern, Gambar oleh Roland Steinmann dari Pixabay 

1. Apa yang membuat suatu karya seni dikatakan modern ? 

Karya seni yang disebut modern biasanya memiliki ciri-ciri seperti mengadopsi teknik dan estetika baru, mengeksplorasi tema-tema yang berhubungan dengan kehidupan modern, dan seringkali memiliki makna yang lebih subyektif daripada karya seni tradisional. 

Karya seni modern juga sering dianggap menantang norma-norma sosial dan mengekspresikan ide-ide progresif atau kontroversial. 

Namun, definisi pasti mengenai apa yang membuat suatu karya seni modern bisa bervariasi tergantung pada konteksnya dan pendapat individu yang menilainya.

2. Bagaimana Sifat karya seni modern ?

Berikut ini adalah beberapa sifat yang mungkin dimiliki oleh karya seni rupa modern:

Menggunakan teknik dan estetika baru: Karya seni modern seringkali menggunakan teknik dan estetika yang berbeda dari yang biasa digunakan dalam karya seni tradisional.

Mengadopsi tema-tema yang berhubungan dengan kehidupan modern: Karya seni modern seringkali mengeksplorasi tema-tema yang berkaitan dengan kehidupan modern, seperti teknologi, konsumsi, dan perubahan sosial.

Memiliki makna yang lebih subyektif: Karya seni modern seringkali memiliki makna yang lebih subyektif daripada karya seni tradisional, sehingga penafsirannya bisa bervariasi tergantung pada pandangan individu yang menilainya.

Menantang norma-norma sosial: Karya seni modern sering dianggap menantang norma-norma sosial yang ada, dengan mengekspresikan ide-ide progresif atau kontroversial.

Mengandung unsur-unsur abstrak: Karya seni modern sering mengandung unsur-unsur abstrak, yang artinya tidak menggambarkan obyek atau kejadian secara langsung, melainkan lebih merujuk pada perasaan atau pemikiran tertentu.

B. Aliran - Aliran Seni Rupa Modern.

1. Seni rupa Naturalisme.

Naturalisme yaitu aliran seni rupa yang menggambarkan suatu objek sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya.

Ciri seni rupa naturalisme adalah wujudnya yang sama persis dengan apa yang dilihat.

2. Seni rupa Realisme.

Seni rupa realisme merupakan aliran seni yang menggambarkan objek dengan keadaan yang benar-benar nyata sehingga selalu focus pada objeknya.

Ciri aliran ini yaitu penggambaran objek yang dilakukan dengan cara yang sangat detail.

3. Seni rupa romantisme.

Seni rupa romantisme yaitu aliran seni rupa modern yang berfocus pada nilai estetika, irasional serta fantasi yang pada umumnya berwujud penggambaran kisah romantisasi dan dramatisasi.

Ciri aliran ini diantarnya adalah selalu menggunakan corak warna cerah yang mencolok.

4. Seni rupa Ekspresionisme.

Seni rupa ekspresionisme adalah seni rupa yang berfocus pada isi hati perupanya yang bersumber dari imajinasi ataupun batin.

5. Seni rupa impresionisme.

yaitu aliran seni rupa modern yang menggambarkan kesan objek yang abstrak yang tidak mengutamakan detail dan cenderung kabur.

C. Ciri Karya Seni Rupa Modern.

Berikut beberapa ciri seni rupa modern diantarnaya adalah sebagai berikut:

1. Tidak memiliki keterikatan pada tradisiatau pakem tertentu.

2.Hasil karyanya banyak mengandung unsur fisik dengan bentuk yang geometris.

3. Pada hasil karyanya tidak menggunakan unsur tradisional.

4. Bersifat universal dengan kata lain bahwa aliran ini tidak termaktup hanya pada satu lairan saja.

5. Lebih cenderung pada ke-originalisasian.

6. Lebih berfocus pada faktor fungsi dari karya seninya.

7. Memiliki konsep yang lebih kuat dari setiap karya yang dihasilkan.

8. Lebih berfocus pada kreatifitas sehingga dapat menghasilkan karya-karya dengan inovasi yang lebih baru.

9. Semakin minimalis suatu karya semakin lebih berkesan.

D. Tokoh - Tokoh Seni Rupa Modern.

1. John Constable,

2. William Hogart,

3. Frans Hall,

4. Jean Francios,

5. Millet, 

6. Honore Daumier, 

7. Jean Auguast Dominique Ingres,

8. Paul Cezanne, 

9. Vincent van Gogh, 

10. Paul Gauguin,

11. Raden Saleh, 

12. Sjarif Bustaman.

Perkembangan seni rupa modern diawali dengan adanya penemuan teknologi fotografi di abad ke 19.

Hal tersebut sangat mempengaruhi cara pandang dalam berkesenian diseluruh dunia terkhusus dalam bidang seni rupa dan desain.

Selain munculnya beragam aliran baru dalam seni rupa terutama seni lukis, muncul pula berbagia gerakan dan pendidikan seni serta desain yang menggunakan metode baru yang lebih bersifat konstruktif.

Salah satu contoh perkembangan seni rupa modern adalah dengan lahirnya "video art" yang berkembang di eropa yang kemudian menjalar ke Indonesia.

Hal tersebut telah melahirkan paradikma baru dalam berkesenian yang tidak terbatas pada suatu media, ruang dan waktu serta konteks tertentu saja.

Namun justru lebih bertujuan pada segi eksperimen dan eksplorasi seni rupa dengan memnafaatkan teknologi terbaru demi mendapatkan karya lokal yang taraf global, tradisi ke modern serta mengangkat masa lalu menjadi kontekstual di masa kini.

Cukup sekian apa yang bisa kami sampaikan tentang pengertian, aliran, ciri dan tokoh seni rupa modern tersebut diatas dan semoga bermanfaat. salam ilmucerdasku.com.

Tag: 

Seni rupa, Seni rupa modern, Karya seni rupa, seni rupa dua dimensi, seni rupa tiga dimensi, ciri seni rupa, unsur seni rupa, pengertian seni rupa, aspek seni rupa.

Posting Komentar untuk "Seni Rupa Modern, Pengertian, Aliran, Ciri, Tokoh Seni Rupa Modern"