Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Deskripsi Bahan Limbah Keras Berdasarkan Prinsip Pengolahan Limbah Keras Reduce, Reuse, dan Recycle

Prinsip Pengolahan Limbah Secara Reduce, Reuse, dan Recycle.

Salam sababat ilmucerdasku.com dimanapun berada, berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang prinsip pengolahan limbah keras melalui prinsip reduce, reuse dan recycle yang semoga dapat memberikan jawaban bagi anda.

Biasakanlah membaca hingga tuntas ya agar kalian bisa mengerti dan dapat memehaminya secara menyeluruh biar dapat nilai yang bagus nantinya. Ok teman-teman berikut penjelasannya.

Apa itu Bahan Limbah Keras Berdasarkan Prinsip Pengolahan Limbah ?

Bahan limbah keras berdasarkan prinsip pengolahan limbah adalah limbah barang bekas atau sampah berwujut padat dan sulit dibentuk yang digunakan kembali atau di daur ulang melalui prinsip pengolahan limbah dengan cara Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), dan Recycle (diolah kembali menjadi produk baru).

Deskripsi Bahan Limbah Keras Berdasarkan Prinsip Pengolahan Limbah Keras Reduce, Reuse, dan Recycle
Tempat sampah hasil daur ulang ban bekas Gambar oleh imordaf dari Pixabay

Jenis - Jenis Bahan Limbah.

Bahan limbah keras merupakan material yang berupa sampah barang bekas pakai seperti kertas bekas, botol bekas, besi bekas, dan lainnya.

Bahan limbah juga dibagi menajdi dua jenis limbah yaitu bahan limbah keras dan bahan limbah lunak.

Kedua bahan limbah tersebut memiliki karakteristik yang berbeda berdasarkan wujudnya. Karakter sfat yang dimiliki oleh masing - masing bahan tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masng.

- Apa itu bahan limbah keras.

Bahan limbah keras merupakan material yang berwujud padat serta tidak mudah di bentuk tanpa bantan peralatan seperti kayu bekas, cangkang kerang, batok kelapa, botol kaca, pipa bekas dan lainnya.

- Apa itu bahan limbah lunak.

Bahan limbah lunak merupakan bahan limbah baterial limbah atau sampah yang memiliki karakteristik atau tekstur yang lembut dan mudah di bentuk, misalnya kertas, karton, pelepah pisang, sabuk kelapa, kulit jagung dan lainnya.

Apa itu Reduce, Reuse dan Recycle ?

Prinsip reduce, reuse dan recycle adalah upaya untuk mengurangi atau mencegah sampah yang terbuang ketempat pembuangan akhir (TPA) berdasarkan jenis limbah sampah yang berbeda - beda. 

1. Reduce.

Reduce atau mengurangi adalah langkah untuk mengurangi penggunaan benda-benda yang kemungkinan akan menjadi sampah.

Contohnya seperti kita mengurangi untuk mengkonsumsi minuman dalam kemasan botol sekali pakai dengan cara membiasakan diri untuk membawa botol minuman yang bisa di gunakan ulang untuk sehari-hari.

Hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengurangi sampah dalam bentuk kemasan botol baik itu botol plastik atau botol kaca.

2. Reuse.

Reuse adalah menggunakan kembali bahan - bahan bekas yang akan menjadi sampah dengan cara digunakan untuk manfaat yang lain berdasarkan jenis bahannya.

Contohnya seperti kalender bekas yang bisa digunakan sebagai pembungkus buku, kardus bekas yang bisa dijadikan boneka mainan, tempat pulpen, hiasan dinding dan lainnya.

3. Recycle.

Recycle atau mendaur ulang adalah upaya untuk mengolah kembali sampah atau limbah yang ada menjadi produk atau barang baru yang memiliki nilai ekonomis atau nilai estetik.

Proses mendaur ulang terdiri beberapa jenis diantaranya adalah melebur, memotong, menempel atau melipat.

- Melebur.

Contohnya seperti kertas bekas yang dilebur menjadi bubur kertas yang kemudian dijadikan produk kerajinan seperti boneka, relief peta atau dijadikan kertas hasil daur ulang.

- Memotong.

Contohnya seperti besi bekas atau logam bekas yang dipotong - potong dan di olah kembali menggunakan peralatan untuk dijadikan miniatur mainan, figuran, robot- robotan dan lainnya.

- Menempel.

Contohnya seperti kaca bekas yang di oleh kembali menjadi kerajinan lukisan tempel dari kaca berwarna - warni, kermik bekas yang di jadikan hiasan dinding yang berwarna warni dan lainnya.

- Melipat.

Contohnya seperti limbah kertas yang di olah menjadi mainan lipatan menyerupai perahu, origami dijadikan sebagai tas tentengan, karton yang dijadikan sebagai hiasan dinding.

Penutup.

Nah teman- teman sekalian, begitulah penjelasan singkat tentang deskripsi prinsip pengolahan bahan limbah keras yang bisa kami sampaikan pada kesempatan ini semoga memberikan menfaat bagi kalian semua dan terimakasih.

Jangan lupa bantu dukung kami dengan cara Share artikel ini kepada teman- teman yang lain ya.. dan se you next time dan salam ilmucerdasku.com.