Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate

Produk Kerajinan Bahan Keras: Jenis,Karakteristik,Bahan Alam, Bahan Buatan dan Contohnya

Produk Kerajinan Bahan Keras merupakan produk kerajinan yang memanfaatkan bahan dasar produk yang memiliki ciri atau bersifat keras seperti logam, kayu, rotan dan lainnya yang kemudian diolah dengan menggunakna mesin atau secara manual untuk menghasillan suatu produk kerajinan.

Berikut ini akan kami sajikan beberapa materi tentang produk kerajinan bahan keras mulai dari jenisnya, karakteristik, kerajinan bahan keras buatan, kerajinan bahan keras alam , contoh kerajinan bahan keras serta salah satu contoh dari kerajinan dari bambu yang menarik. 

Tapi sebelum kita mulai sekedar mengingatkan agar senantiasalah membaca hingga tuntas agar tidak salah paham atau gagal paham dalam memaknai setiap uraian materi dibawah ini dan berikut penjelasannya:

Produk Kerajinan Bahan Keras: Jenis,Karakteristik,Bahan Alam, Bahan Buatan dan Contohnya
Contoh produk kerajinan bahan kerasGambar oleh Quang Nguyen vinh dari Pixabay

Mengenal Produk Kerajinan Bahan Keras.

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa produk kerajinan bahan keras adalah produk kerajinan yang memanfaatkan bahan dasar atau bahan baku produk yang memiliki tekstur atau sifat yang keras.

Selain dari itu, Dikutip dari id.wikipedia.org menyatakan bahwa kerajinan bahan keras adalah kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat keras, pejal, kuat, padat, tahan lama, tidak mudah terurai serta tidak mudah untuk berubah bentuk.

Pada bahan keras ini terdapat beberapa hal yang patut kita ketahui terlebih dahulu sebelum mencoba untuk membuat produk kerajinan bahan keras ini dan diantaranya adalah mengenal jenis serta karakteristiknya.

Jenis karakteristik kerajinan bahan keras.

Dalam proses produksi kerajinan bahan keras, para pengerajin menggunakan dua jenis bahan utama yaitu kerajinan bahan keras dari bahan alam dan juga kerajinan dari bahan buatan yang masing - masing dari bahan tersebut memiliki karakteristiknya masing. Berikut penjelasannya:

a. Kerajinan bahan keras buatan.

Bahan keras buatan adalah bahan dasar dari suatu karya kerajinan yang diolah melalui proses pencampuran bahan tertentu sehingga menciptakan bahan keras dan memiliki sifat yang kuat dan tahan lama (Kemendikbud. Hal.13-2017).

b. Kerajinan bahan keras alam.

Bahan keras alam adalah bahan yang digunakan untuk suatu karya kerajinan yang sumbernya dari alam seperti kayu, rotan, bambu dan banyak lagi lainnya.

Contoh Kerajinan Bahan Keras.

Dikutip dari Serupa.id, Adapun contoh kerajinan dari bahan keras alam dan bahan keras buatan diantaranya telah disebutkan pada penjelasan sebelumnya.

1. Bahan keras alami dari kayu.

Terdapat banyak jenis pohon yang kayunya bisa dimanfaatkan sebagai bahan keras alami dan beberapa diantaranya adalah kayu albasia, pinus, mahoni, jati, pohon nangka, kelapa, sungkai, kaper, kayu meranti dan lainnya.

Tiap - tiap kayu dari pohon tersebut memiliki karakter dan ciri - ciri yang berbeda namun selain dari kayu juga pada umumnya ayu tersebut memilikiserat atau urat kayu yang indah.

Kayu memiliki karakter yang tahan lama dan dapat di bentuk menjadi suatu kerajinan dengan cara di ukir. Sebahagian dari kayu - kayu tersebut dapat memuai akibat dari perubahan suhu namun tidak dengan kayu jati.

2. Bahan keras alami dari bambu.

Pohon bambu memiliki batang yang kuat dan berongga didalamnya, namun akan dapat terjadi pelapukan jika terkena air secara terus menerus.

Perbedaannya dengan kayu yang utuh bambu memiliki rongga didalamnya dan dapat dijadikan sebagia kerajinan wadah dan indah kerana memiliki ruas batang yang unik.

3. Bahan keras alami dari pohon rotan.

Rotan memiliki karakteristik yang lebih kuat dari pada bambu terutama pada bagian serat batangnya. bambu yang dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan ada yang berongga dan pula yang tidak.

Rotan yagn berongga memiliki ukuran 1/2 cm hingga 1 cm dan yang tidak berongga merupakan bagian dalam dari rotan tersebut.

Rotan juga memiliki ruas batang namun lebih samar dari pada bambu, memiliki struktur batang yang halus meski tanpa di amplas. Rotan merupakan salah satu tanaman merambah yang bisa tumbuh hingga puluhan meter panjangnya.

4. Bahan keras kaca.

Kaca merupakan bahan keras buatan yang memiliki karakteristik yang padat dan memiliki wujud yang bening dan transparan dengan ketebalan yang bervariasi tergantung kebutuhan.

Jika di permukaan kaca ingin dilukis maka harus menggunakan cat khusus yang bisa menempel pada permukaan kaca sebab permukaannya terbilang licin. selain itu kaca dapat dilunakkan melalui proses pemanasan pada suhu tertentu dan dibentuk menjadi kerajinan lainya.

5. Bahan keras logam.

Logam juga merupakan bahan keras buatan yang memiliki karakteristik terdiri dari berbagai warna mulai dari warna emas, perak, perunggu. Bentuknya bervariasi dari yang tebal da berat, hingga yang tipis.

Sifat logam salah satunya adalah mudah terkena korosi atau berkarat oleh udara, sehingga terkadang untuk membuatnya tahan lama harus dilapisi dengan menggunakan bahan kimia seperti Krom atua lapisan emas murni seperti pada perhiasan yang tidak sepenuhnya terbuat dari emas.

Bisa dijuga dilapisi dengan cat anti karat yang mengartikan bahwa kerajinan yang terbuat dari logam juga membutuhkan perawatan yang baik agar bisa lebih tahan lama.

Penutup.

Dari semua penjelasan diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa produk kerajinan dari bahan keras merupakan hasi karya kerajinan yang memanfaatkan bahan baku yang memiliki karakter atau sifat yang keras, tahan lama dan tidak mudah berubah bentuk.

Setiap kerajinan yang dibuat dair bahan keras ini akan memiliki daya simpan yang lebih lama dibandingkan produk - produk lainnya seperti kerajinan dari bahan lunak.

Mungkin cukup sekian apa yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan atas perhatiannya kami ucapkan banyak terimakasih.

Posting Komentar untuk "Produk Kerajinan Bahan Keras: Jenis,Karakteristik,Bahan Alam, Bahan Buatan dan Contohnya"