Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yang termasuk modal abstrak adalah pengertian dan jenisnya

Yang termasuk modal abstrak adalah

Salam sahabat ilmucerdasku dimanapu berada, sebelum kita labih jauh membahas tentang apa yang termasuk dalam modal abstrak sedikit kami mengingatkan.

Biasakanlah untuk membaca hingga tuntas dan tidak terburu-buru agar lebih memahami dan mengerti setiap penjelasan yang disajikan pada artikel ini dan untuk lebih jelasnya mari kita sama-sama menyimak uraian berikut.

Yang termasuk modal abstrak adalah pengertian dan jenisnya

1. Apa itu modal ?

Dikutip dari id.wikipedia.org, menyatakan bahwa modal memiliki banyak arti yang berhubungan dari segi ilmu ekonomi finansial dna akunting.

Didalam modal dan finansial, modal biasanya merujuk pada kekayaan finansial, terutama dalam penggunaan awal atau dalam hal menjaga keberlangsungan suatu bisnis.

Modal dapat terdiri dari beberapa arti berdasarkan jenisnya, misalnya modal uang atau finansial, modal intelektual atau kecerdasan, modal fisik, modal kerja, modal keterampilan dan lainnya.

Modal juga memiliki struktur yaitu gabungan dari pendanaan jangka panjang perusahaan yang dipresentasikan dengan hutang modal, saham preferens dan saham bias jika modal tersebut dikaitkan dengan modal usaha.

Modal lainnya seperti modal fisik tentunya juga memiliki pengertian yang berbeda dimana modal fisik itu sendiri adalah orang yang memiliki fisik yang bagus yang bisa digunakan untuk bekerja agar dapat menghasilkan uang.

Sedangkan modal keterampilan, yaitu modal yang ada dalam diri seseorang yang hanya diketahui oleh orang tersebut dan dapat digunakan untuk menghasilkan uang dengan cara menjual karya dari keterampilan yang dimilikinya.

Modal adalah aset utama perusahaan dalam menjalankan bisnis yang pada umumnya berbentuk uang atau dana aset, atau utang. Dengan demikian, maka proses produksi hingga pemasaran suatu perusahaan dapat berjalan dengan lancar. 

2. Apa itu abstrak ?

Abstrak menurut wikipedia  jika dikaitkan dengan benda maka berarti benda tersebut memiliki ketidak jelasan dan tidak terdefenisikan, dan jika dikaitkan dengan seni maka abstrak yaitu tidak menampilkan objek seperti pada bentuk aslinya.

Abstrak jika dikaitkan dalam dunia hukum berarti pernyataan yang singkat yang merangkum poin-poin utama dokumen legal sedangkan jika dikaitkan dengam literatur maka abstrak merupakan ringtkasan dari sebuah literatur atau suatu tulisan atau rangkuman.

Jadi apa hubungan antara modal dan abstrak ?

Berdasarkan dari kedua defenisi antara modal dan abstrak yang jika dikaitkan dengan dunia bisnis atau keuangan maka modal abstrak adalah modal yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata, namun dapat dijadikan sebagai suatu hal yang menguntungkan bagi seseorang atau suatu perusahaan, misalnya modal hak cipta, modal pengetahuan, modal keahlian, modal keterampilan atau skill, citra perusahaan dan lainnya.

Modal abstrak atau pasif hanyalah 1 diantara beberapa jenis modal lainnya yang dibutuhkan dalam suatu usaha atau bisnis dan berikut ini beberapa jenis modal yang patut kita ketahui bersama.

3. Jenis-jenis modal.

a. Modal dari segi sumbernya.

Dikutip dari tribunnews.com, menyatakan bahwa modal dari segi sumbernya terdiri modal internal dan modal eksternal.

- Modal internal.

Modal internal adalah jenis modal yang berasal dari pemilik usaha itu sendiri, modal dari para pemegang saham, atau modal yang didapatkan dari perusahaan lain.

Maka modal  jenis ini adalah modal internal yang berasal dari pengurus inti perusahaan atau pendiri usaha itu sendiri  yang bisa berbentuk seperti tabungan pribadi, inventaris barang, alat produksi gedung, saham, tanah, dan lainnya yang menjadi milik pribadi seseorang atau perusahaan.

- Modal eksternal.

Kebalikan dari modal internal yaitu modal eksternal, yaitu modal yang sumbernya bukan dari pribadi seseorang atau perusahaan melainkan bersumber dari pihak lain dari seseorang atau perusahaan lain.

Jenis modal ini bisa didapatkan dari investor atau orang yang memiliki kelebihan uang yang di tanamkan dalam suatu perusahaan atau dipanjamkan kepada seseorang dimana investor tersebut dapat meliputi perseorangan, kelompok, kreditur seperti bank atau koperasi.

Semua investor ini disebut juga dengan pemodal dimana jika seseorang atau suatu perusahaan tidak memiliki kemampuan dari segi modal untuk mendirikan usahanya maka investor ini dapat memberikan bantuan atau suntikan modal yang disebut dengan modal eksternal.

b. Jenis modal lainnya.

Tentunya bukan hanya modal internal dan eksternal saja yang dapat disebut sebagia modal namun masih banyak jenis modal lain yang bisa kita pelajari seperti;

- Modal berdasarkan pemilik yang terdiri dari modal perseorangan dan modal sosial.

- Modal berdasarkan wujudnya yang terdiri dari konkret/aktif dan modal abstrak/pasif seperti yang dijelaskan di awal artikel ini.

- Modal berdasarkan sifatnya yang terdiri dari modal tetap dan modal lancar.

Sampai disini mungkin kita semua sudah bisa memahami dan mengerti tentang apa itu modal abtrak yang telah kita bahas lengkap dengan beberapa jenis modal lainnya. 

Cukup sekian dulu apa yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat dan terimakasih .