Apa Usaha yang Bagus Untuk Jangka Panjang ? - ilmucerdasku
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Usaha yang Bagus Untuk Jangka Panjang ?

Usaha yang Bagus Untuk Jangka Panjang ? Emang ada ? 

Jika anda bertanya usaha apa yang bagus untuk jangka panjang? sebenarnya itu tergantung pada apa tujuan anda dan bagaimana anda mendefinisikan jangka panjang itu sebaik mungkin seperti mendefinisikan kebutuhan hidup anda.

Apakah anda mungkin berharap untuk menjadi kaya dimana anda atau anak - anak anda di generasi yang akan datang tidak perlu bekerja lagi? atau apakah anda berhadap untuk memiliki gaya hidup yang berkelanjutan dimana ide usaha anda yang mendanai hidup kehidupan anda dan kebutuhan anda?

Semua hal ini adalah pertanyaan yang harus anda pikirkan sebab ' jangka panjang ' merupakan suatu ungkapan pribadi dari diri anda yang bersifat personal.

Faktor jangkan panjang dalam kehidupan anda, kedepannya tentulah akan sangat membantu anda dalam memulai ide usaha yang mefocuskan apa yang anda inginkan secara pribadi dan bagaimana hal tersebut akan dapat membantu anda dalam mencapai tujuan hidup anda tersebut.

Disini kita akan mengurai tentang bebrapa hal diantarnya adalah;

- Cara memulai usaha jangka panjang, dan

- Ide Usaha yang bagus untuk jangka panjang.

Untuk itu cobalah membacanya hingga tuntas agar anda benar-benar paham tentang apa yang anda butuhkan sebelum memuali usaha anda dan apa saja jenis usaha jangka panjag yang bagus untuk anda dengan beberpapa pilihan usaha yang akan kami berikan.

Apa Usaha yang Bagus Untuk Jangka Panjang

A. Cara Memulai Usaha Jangka Panjang yang Bagus ?

Langkah awal yang harus anda lakukan dalam bisnis jangka panjang adalah megetahui bagaimana cara membuat bisnis atau usaha jangkan panjang yang sukses bahkan meski tanpa bantuan dari orang lain meskipun itu tidak akan selamanya dapat kita lakukan.

Mengapa demikian? itu karena ketika seseorang berpikir tentang usaha jangka panjang maka mereka akan memikirkan tentang perusahaan besar dengan ratusan hingga ribuan pekerja. Apakah harus seperti itu?

Saya rasa tidak juga sebab kesuksesan di dunia usaha atau bisnis tidak harus terlihat seperti mereka atua meniru mereka dan bahkan anda dapat memulia bisnis atau usaha jangka panjang nada dengan dan atau tanpa bantuan karyawan sama sekali.

Percaya atau tidak, tanpa karyawan sekalipun anda dapat membangun usaha atau bisnis yang kuat meski sendirian selama anda mengikuti praktik terbaik dalam menjalankan usaha anda.

Mencari ide usaha yang bagus untuk jangka panjang memanglah mengasikkan namun perlu anda ingat juga bahwa setiap ide yang dibutuhkan juga membutuhkan waktu, uang dan juga resikonya masing - masing.

1. Visi dan Misi yang Kuat.

Kebanyakan suatu usaha yang hancur disebabkan karena visi mereka dalam membangun usaha tidaklah kuat. Secara sederhana, jika anda ingin berbisnis maka anda harus mampu bertahan dalam ujian yang panjang, memulainya dengan sebuah rencana yang matang, apa yang anda rencanakan, berlama lama waktu yang anda inginkan misalnya 5 atau 10 tahun?

Seorang solopreneur perlu memutar otak untuk meyesuaikan semua rencana mereka yang dimulai dari rencana dan kerangka kerja yang kuat, layaan yang maksimal untuk mendaoatkan klien yang potensial, menjadwalkan jam kerja dan liannya.

Semakin detail rencana anda maka akan semakin mudah pula anda untuk melakukan setiap ide anda dan membuatnya tetap berada di jalur yang benardan menjadi motivasi untuk anda saat bekerja.

2. Bedakan Bisnis dengan Hobi.

Perlakukanlah bisnis aau usaha anda selayaknya sebagai suatu bisnis sebab antara hobi dan bisnis merupakan 2 hal yang berbeda jauh.

Hobi hanya anda lakukan pada waktu yang luang saja sedangkan untuk bisnis anda jauh lebih memerlukan keterlibatan dan membutuhkan rasa hormat dan keseriusan dalam menjalanannya.

Sebagai seorang solopreneur maka anda adalah pemegang tanggung jawab penuh atas segala keuntungan dan kerugian hingga utang usaha anda termasuk pula jika terjadi tuntutan hukum kepada usaha anda.

Jika anda ingin bisnis anda bertahan dalam jangka waktu yang panjang maka tentunya anda harus tidak focus pada 1 jenis produk saja dan menggantungkan hidup padanya sebab jika produk tersebut sudah tidak laris lagi maka usaha anda tidak akan bertahan dalam kurun waktu yang panjang.

3. Mengetahui kapan harus beralih usaha.

Anda mungkin senang bekerja atau mengerjakan semua sendirian namun masih ada kemungkinan anda tidak akan bisa seperti itu selamanya.

Ini bukanlah suatu hal yang buruk, namun perlu anda ketahui pula bahwa anda tidak akan bisa menjadi seorang ahli dalam berbagai macam hal.

Banyak hal yang terkait dalam bisnis anda yang mungkin hanya orang lain yang bisa melakukannya dan jika itu terjadi maka itulah baru akan menjadi masalah besar bagi anda jika tidak segera melakukan perubahan dalam waktu yang singkat.

4. Membangun Brand yang Tahan Lama.

Untuk dapat membangun usaha yang bagus untuk jangka panjang maka anda harus bekerja lebih cerdas. Hal - hal yang dapat membuat bisnis anda hancur itu semua tergantung dari kemampuan anda dalam membangun nama besar atau brand dari usaha anda.

Dengan caa ini maka anda dapat mendapatkan kepercayaan dan juga meningkatkan pendapatan anda tanpa perlu mempekerjakan bayak karyawan.

Memang benar ada batasan untuk tetap menjadi seorang slopreneur dalam sebuah bisnis namun sebagian besar orang juga beranggapan bahwa fleksibilitas dan kebesan ber-ide dalam usaha juga merupakan hal yang sangat berharga untuk ditukar dengan uang.

B. Ide Usaha yang Bagus Untuk Jangka Panjang.

Sedikit berbeda dengan pendapat orang pada umumnya, sebanarnya ada banyak cara untuk dapat memulai bisnis yang bisa membuat kita tidak terlalu focus pada logistik dan modal awal namun kita hanya dituntut untuk lebih focus pada bagaimana cara memulainya.

Maka dari itu, perlu kiranya kita mengetahui bahwa tidak akan ada yang besar jika tidak ada yang kecil, maksusnya adalah cobalah memulainhya dari usaha yang kecil terlebih dahulu jika anda adalah seorang pemula.

Penasara dengan apa usaha yang bagus untuk jangka panjang di tahun ini? berikut ide yang kami rangkum.

- Dropshoper,

- Kursus Online,

- Butik Fashion Online,

- Membuat Kerajinan Tangan,

- Usaha Pakan dan Hewan Peliharaan,

- Usaha Penitipan Anak,

- Kedai Kopi Online dan Offline,

- Cleaning Servis Taman dan Perumahan,

- Driver Pesan Antar.

1. Menjadi Dropship (dropshoper).

Hanya dengan membeli stock, mengambilnya, simpan, bungkus dan kirim dan dengan sedikit kemampuan  pengelolahan inventaris barang maka anda sudah memulai bisnis ini.

Dropshipping adalah bisnis yang mudah untuk dimulai. Usaha ini merupakan salah satu dari usaha yang bagus bertaraf jangka panjang dimana anda hanya perlu memesan barang dengan harga yang murah dan mengemaskan kembali lalu dijual kembali dengan harga yang sedikit lebih mahal.

Usaha ini juga tidak membutuhkan biaya yang besar, tidak terikat oleh aturan yang rumit dan dapat dilakukan dengan skala yang besar selama anda mampu dalam hal permodalan.

2. Jasa Kursus Online.

Tidak seperti yang lainnya, bisnis didunia maya ini tidak memakan biaya produksi atau pegiriman yang harus di khawatirkan sehingga keuntungan anda akan tetap stabil dan mejadi salah bisnis yang pantas untuk anda coba.

Hanya dengan mencari tahu apa yang dibutuhkan orang - orang disekitar anda dan anda cukup memberikan layanan atau jasa anda baik melalui video call di laptop atau dengan melalui unduhan di website anda berupa video tutorial atau artikel.

Jika anda memiliki bakat dalam dunia digital maka kelebihan anda tersebut dapat anda manfaatkan untuk kemudian dijual melalui internet dalam bentuk layanan online seperti kursus bahasa, atau lainnya.

3. Toko Butik Online.

Bila anda memiliki fashion dengan selera anda sendiri dan senang berbagi dengan teman - teman anda di internet secara online, maka itu merupakan salah satu hal yang bisa anda manfaatkan untuk membuat butik online.

Anda tidak perlu menjadi seorang disainer busana, hanya cukup dengan membeli barang dari distributor online lainnya yang kemudian ada upload di toko online anda dengan model dropshop seperti yang telah di jelaskan diatas.

4. Usaha Kerajinan Tangan.

Jika anda memiliki keterampilan tangan dalam hal membuat kerajinan, maka itu artinya ada berada dalam situasi yang menguntungkan untuk memulai bisnis online anda.

Tidak sama dan berbeda jauh dari beberapa ide lainnya dalam daftar ini, anda hanya perlu untuk mempertimbangkan biaya pengiriman dan inventaris barang atau produk anda, namun anda sudah bisa memulainya dengan sederhana berdasarkan pesanan atau dengan jumlah kecil higga anda melai menjual secara konsisten.

5. Usaha Binsis Hewan Peliharaan.

Melirik dari hobi para pencinta hewan, industri hewan peliharaan ini sudah terbilang matang dari semua jenis ide usaha yang bagus untuk jangka panjang ini.

Dalam hal hewan peliharaan, anda dapat membuka penawaran jasa titip hewan, pelatihan hewan, aksesories hewan, pakan hewan, mainan hewan dan lainnya.

6. Usaha Penitipan Anak.

Mungkin hal ini masih tabu di telinga anda, namun jika anda adalah orang senang dengan anak kecil maka kesenangan anda itu merupakan salah satu modal awal untuk memulai bisnis ini.

Hanya dengan menjaga dan merawat anak yang dititipkan kepada anda maka anda sudah bisa memberikan tarif bayaran untuk diri anda sendiri sesuai dengan keinginan anda.

Hal ini tidaklah mustahil, mengingat di era yang serba ontime dan cepat seperti sekarang ini, banyak diantara ibu - ibu rumah tangga yang bekerja sebagai karyawan dengan jam kerja yang tinggi membutuhkan jasa anda.

7. Usaha Kedai Kopi Online dna Offline.

Kedai kopi mungkin bukanlah hal yang jarang kita dengan dan temui di saat ini namun ini bisa menjadi salah satu perhitungan anda untuk memulai usaha anda.

Kebanyakan kedai kopi hanya melayani paruh waktu saja dari pagi hingga sore di pinggir jalan atau di cafe - cafe dan Masih kurang dari mereka yang melakukan layanan online dan itu bisa anda manfaatkan.

Selain itu, kopi untuk mendapatkan kopi yang berkualitas juga tidak begitu sulit. Anda hanya perlu memiliki sidikit keahlian dalam meraciknya dan hanya perlu membuat pelanggan anda selalu menginginkan kopi anda.

8. Cleaning Servis Taman dan Rumah.

Kesibukan diantara jam kerja mereka yang bekerja sebagai pegawai perusahaan, kantoran atau yang liannya terkadang membuat kebanyakan orang tidak sempat menata rumah mereka sendiri.

Hal itu bisa anda menfaatkan untuk menawarkan layanan servis taman dan rumah dengan berpormosi di media sosial atau dengan membuat spanduk iklan yang bertuliskan kontak person anda dan dengan tarif yang sesuai dengan keinginan anda.

Hanya dengan bermodalkan sedikit peralatan bersih - bersih maka anda sudah bisa memulai bisnis ini dari rumah ke rumah.

9. Driver Pesan Antar.

Punya motor? atau punya mobil ? dan tidak punya pekerjaan tetap? nah.. itulah peluang besar anda untuk dalam hal ini.

Gunakanlah kendaraan anda untuk melayani mereka yang malas keluar rumah dan hanya mau memesan makanan, barang, atau apa saja dari rumah memalui anda. 

Cukup dengan modal secukupnya beserta kendaraan yang anda miliki maka usaha anda sudah bisa anda jalankan dengan tarif berdasarkan jarak tempuh dan barang yang klien anda ingin beli.

Bahkan anda bisa membuka layanan jasa antar jemput anak dari sekolah mereka dimana kebanyakan orang tua tidak mampu melakukannya karena kesibukan mereka dan tentunya bangunlah kepercayaan terlebih dahulu agar mereka tidak merasa khawatir dengan jasa anda.

10. Usaha Aksesories Handphone.

Mengingat jaman sekarang yagn penuh dengan dunia digital elektronik sekarang ini, tentunya usaha ini terbilang akan dapat berlangsung untuk jangka panjang sebab ratusan hingga jutaan orang menggunakan handphone di tangan mereka dengan berbagia merek.

Mereka yang sayang dengan handphone mereka tentunya akan selalu membutuhkan peralatan dan aksesories untuk membuat handphone mereka terlihat lebih mewah, aman dan nyaman.

Carilah distributor aksesories handphone yang murah dan juallah kembali baik melalui toko kecil yang anda miliki sendiri atau jika belum memiliki toko maka jualah secara online di media sosial dengan melakukan promosi dalam bentuk gambar dan sedikit kata - kata pemanis.

11. Harga Bersaing.

Semua bentuk usaha yang telah di jelaskan diatas tidak lepas dari patokan harga yang harus membuat klien atau pelanggan anda merasa nyaman.

Jangan memberikan harga yang jauh lebih tinggi dari pesaing anda yang menjual produk atau jasa yang sama dengan anda, meskipun sedikit asalkan lancar saya rasa itu bukan masalah.

Saran dan Masukan.

a. Focuslah pada pasar atau usaha yang anda anggap paling mudah.

b. Buatlah tawaran harga yang tepat dan bukan hanya sekedar mencari keuntungan.

c. Uji, pelajari lalu kembangkan usaha anda secara konsisten siring dengan berjalannya waktu.

Mungkin itulah penjelasan singkat tentang usaha apa yang bagus untuk jangka panjang yang kami sajikan untuk anda semoga bermanfaat dan terimakasih. Salam Sukses. 

Posting Komentar untuk "Apa Usaha yang Bagus Untuk Jangka Panjang ?"