Apa Kekurangan Serta Kelebihan Bisnis Online dan Offline - ilmucerdasku
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Kekurangan Serta Kelebihan Bisnis Online dan Offline

Kekurangan Serta Kelebihan Bisnis Online dan Offline.

Seiring dengan berkembangnya teknologi komunikasi secara online maka kita dihadapkan pada situasi antara ingin bisnis online atau bisnis offline.

Dengan adanya dunia internet ini maka hal tersebut juga mempengaruhi pemikiran orang-orang dari awalnya berbisnis secara offline menuju bisnis secara online.

Namun perlu kita ketahui bersama pula bahwa antara bisnis online dan bisnis ofline masing-masing terdapat kelebihan serta kekurangannya tersendiri. 

Usaha atau bisnis online memperoleh sebagian besar penjualan mereka secara online melalui situs - situs jual beli online yang tersedia dengan layanan serba cepat.

dan bisnis offline memperoleh penjualannya melalui toko fisik dengan karyawan yang bekerja sebagai pelayan toko untuk para pembeli yang datang langsung ke tokonya.

Jadi? 

Apa saja kelebihan serta kekurangan dari bisnis online dan offline ?

Apa Kekurangan Serta Kelebihan Bisnis Online dan Offline

1. Kelebihan Toko Bisnis Online.

Beberapa kelebihan dari toko online diantaranya adalah;

a. Anda tidak perlu membangun atau menyewa ruko, outlet atau ngontrak untuk melakukan jual beli barang.

b. Anda tidak membutuhkan banyak karyawan untuk awal bisnis online anda kecuali jika sudah dalam skala yang lebih besar dan bersifat nasional.

c. Biaya operasional hampir dikatakan sangat minim atau lebih hemat biaya

d. Biaya pengeluaran kecil yang tentunya akan memberikan fleksibilitas yang lebih baik terutama saat terjadi fluktuasi harga barang di toko online anda.

e. Informasi barang yang tersedia dan yang sudah habis mudah untuk diketahui hingga kita dapat memperhitungkan kapan harus menambah stock dan kapan tidak.

f. Jangakauan pembeli yang lebih luas hingga keseluruh dunia melalui situs e-commerce.

g. Jam operasional yang lebih lama bahkan hingga 24 jam dan pelanggang tidak perlu khawatir akan tutup toko.

h. Tidak merlukan modal yang super besar untuk memulianya bahkan cukup dengan ratusan rupiah anda sudah bisa berbisnis.

2. Kekurangan Toko Bisnis Online.

Diantara kelebihan juga tentu ada kekurangan dan kekurangan tersebut diantaranya adalah;

a. Kurangnya kredibilitas atau kepercayaan konsumen kepada penyedia barang, baik dari segi kualitas produknya, proses pengirimannya dengan kata lain ditebus tapi barang tidak datang-datang.

Hal inilah yang menjadi penyebab kepercayaan tersebut terkadang menjadi faktor kelemahan tersendiri dari sistem jual beli bisnis online.

b. Rawan kerusakan saat pengiriman dan dapat mengakibatkan pengembalian barang.

c. Biaya tambahan dalam proses pengiriman yang bisa menghalangi atau menjadi perhitungan konsumen saat memesan barang.

d. Bisnis online tidak memberikan sentuhan pribadi atau pengalaman langsung terhadap produk yang disediakan oleh pebisnis online.

e. Harus besaing ketat dari segi harga, kualitas dan stock dengan ribuan pengusaha online lainnya meski jangkauan costumernya sangat luas sebab banyak yang menawarkan produk yang sama dengan harga yang bersaing.

3. Kelebihan Toko Bisnis Offline.

Apa saja kelebihan dari bisnis offline? diantaranya adalah sebagai berikut;

a. Barang atau produk yang di tawarkan dapat dilihat secara nyata dan memberikan pegalaman lagsung untuk mencoba produk yang tiwarkan.

b. Pelangga tidak perlu khawatir akan merasa tertipu sebab barangnya bisa langsung dilihat dan di sentuh.

c. Membangun loyalitas kepada pelanggan yang berkunjung dan menjadi langganan tetap degan kata lain kita dapat mempertahankan pelanggan yang mengenal toko kita.

d. Resiko pengembalian produk sangat minim bahkan hampir tidak ada sebab pelanggan dapat menguji kualitasnya secara langsung.

e. Bisnis offlie menjadi satu-satunya pilihan yang paling tepat untuk sebagian besar pebisnis, misalnya pada restoran yang meski mereka beriklan di media sosial namun pelanggang tidak akan dapat menikmati makanannya secara langsung jika tidak datang ke restoran tersebut atau memesan dulu dari kurir.

4. Kekurangan Toko Bisnis Offline.

Sama seperti bisnis online, bisnis model offline juga bukan tanpa kekurangan yang diataranya adalah;

a. Harus mengeluarkan biaya atau modal yang besar, mulai dari membangun tempat usaha atau menyewa toko atau ruko, menggaji karyawan, biaya listrik, dan lainnya.

b. Jangkauan pelaggan dan pasarnya juga masih terbatas.

c. Tidak dapat bersaing dari segi harga dengan toko bisnis yang berbasis online sebab bisnis online menawarkan harga yag lebih terjangkau apa lagi jika toko online tersebut menawarka barang yang sama

d. Tidak bisa muka toko hingga 24 jam dan jikalaupun ada itu masih sangat terbatas jumlahnya.

Jadi setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan bisnis online dan juga offline diatas, apakah yang sekarang anda pikirkan? apakah akan memilih opsi bisnis online atau offline?

Sulusinya adalah gunakan saja dua - duanya, Tapi bagaimana caranya ya? nah mari kita bahas cara menggunakan bisnis online dan offline secara bersamaan.

Sebenarnya sederhana saja, jika anda sudah terlanjur memiliki usaha bisnis offline yang sedang berjalan dan ingin mejangkau lebih banyak pelanggan, maka caranya adalah;

- Buat akun media sosial baik itu Facebook, Whatsup, Twiter dan lainnya dan lakukan promosi disana dan secara tidak langsung jangkauan pelanggan anda akan bertambah luas.

- Tawarkan jasa antar barang langsung ketempat meski harus mematok tarif tertentu sesuai dengan jarak tempuh yang tentunya harus bersaing dengan yang lainnya.

- Buat website khusus yang mengupas tuntas tentang produk yang anda jula belikan di toko anda tapi itu jika anda memiliki kelebihan atau keterampilan koding.

- Bergabung dengan website jasa pengiklan untuk mengiklannya produk anda dengan menggunakan sedikit biaya tambahan (alternatif selain promosi langsung di media sosial menggunakan postingan produk).

- Gunakan motto hidup " patang surut sebelum melaut" mengapa karena usahamu adalah penentu keberhasilanmu dan juga kegagalanmu.

Nah, itulah mungkin sedikit apa yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfat bagi anda dan selamat berbisnis.

Posting Komentar untuk "Apa Kekurangan Serta Kelebihan Bisnis Online dan Offline"