Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengetahui Pengertian, Ciri, Contoh Kerajinan Bahan Lunak Alami dan Buatan

Pengertian, Contoh, Ciri Kerajinan Bahan Lunak Alami dan Buatan.

Pengertian, Ciri, Contoh Kerajinan Bahan Lunak Alami dan Buatan

Ilmucerdasku.com. Secara umum kerajinan bahan lunak adalah suatu produk kerajinan yang di buat menggunakan bahan yang bersifat lunak, baik itu secara alami ataupun buatan.

Kerajinan bahan lunak ini dapat dijumpai di berbagai wilayah dan mudah untuk didapatkan sebab bahan bakunya yang juga mudah dibuat dan didapatkan. Misalnya bahan lunak tanah liat bahan lunak kertas bekas dan lainnya.

1. Pengertian kerajinan bahan lunak.

Kerajinan bahan lunak adalah kerajinan tangan yang dibuat dengan melalui proses kreatif seorang pengerajin menggunakan bahan-bahan yang bersifat lunak, empuk, lentur mudah dibentuk dan diolah baik menggunakan tangan atau dengan menggunakan alat modern.

Beberapa kerajinan dibuat menggunakan tangan atau manual dan seiring berkembangnya zaman maka banyak pula bentuk kerajinan bahan lunak yang sudah dibuat menggunakan mesin cetak dan lainnya.

2. Ciri – ciri kerajinan bahan lunak.

Salah satu ciri utama kerajinan yang dibuat dari bahan lunak, yaitu mudah di bantuk, itu karena bahan yang digunakan dalam pembuatannya bersifat lunak atua memiliki elastisitas meski di bentuk menggunakan tangan.

Misalnya kerajinan keramik dari tanah liat, kerajinan keramik dari tanah liat ini bisa dibentuk dengan tangan dan memang pada umumnya hingga saat ini masih banyak yang menggunakan tangan untuk membuatnya karena tidak membutuhkan peralatan yang sangat rumit.

Selain itu bahan utamanya berupa tanah liat juga sangat mudah didapatkan dimana saja dan inilah salah satu kerajinan yang dari dulu hingga saat masih tetap eksis didunia kerajinan bahan lunak alami.

3. Jenis-jenis bahan lunak.

Jenis-jenis bahan lunak ada dua yaitu bahan lunak alami dan bahan lunak buatan. Bahan lunak alami salah satunya seperti yang dijelaskan diatas yaitu tanah liat dan adapun contoh lain selain tanah liat adalah sebagai berikut.

a. Bahan lunak alami.

- Serat alam, 

- Kulit pohon,

- Kulit hewan,

- Kapas pohon kapuk,

- dan lainnya.

b. Bahan lunak buatan.

- Sabun,

- Kertas,

- Lilin,

- Fiberglas,

- Gibs,

- dan lainnya.

4. Contoh kerajinan bahan lunak.

 Berdasarkan pada jenis-jenis bahan lunak yang terbagi menjadi dua jenis yaitu bahan lunak alami dan bahan lunak buatan maka contoh kerajinan yang dihasilkan juga akan dibagi dua yaitu kerajinan dari bahan lunak alami dan kerajinan dari bahan lunak buatan.

a. Contoh Kerajinan dari bahan lunak alami.

 - Serat alam.

Kerajinan yang terbuat dari serat alam diantaranya adalah patung, sapu lidi, gantungan kunci, spon cuci, sapu lantai, boneka, alas meja, lap kaki, dompet, topi dan masih banyak yang lainnya termasuk tas.

- Kulit pohon.

Tidak semua kulit pohon bisa dijadikan sebagai kerajinan namun terdapat beberapa kulit pohon yang masih bisa dimanfaatkan untuk dijadikan kerajinan tangan misalnya kulit pohon Ivo dan kulit pohon Fuya. 

Contoh kerajinan kulit pohon diantaranya adalah bunga hias untuk meja, tas, hiasan dinding seperti kaligrafi, lukisan dengan bahan dasar kulit pohon dan lainnya.

- Kulit hewan.

Kulit hewan seperti kulit sapi, kerbau, kuda dan kambing merupakan bahan utama dari kerajinan bahan lunak alami ini. Selain bisa dijadikan sebagai bahan utama kerajinan juga bisa di jadikan sebagai bahan cemilan seperti kerupuk kulit.

Beberapa contoh kerajinan bahan lunak dari kuit hewan ini diantaranya adalah tas kulit, dompet kulit ,baju kulit, sendal kulit, sepatu kulit dan beberapa kerajinan kulit lainnya seperti  jam tangan, topi gelang dan lainnya.

- Kapas pohon kapuk.

Pohon kapuk batangnya berwarna hijau dengan tinggi pohon dapat mencapai ketinggian 20 meter bahkan lebih dengan tekstur kulit pohon memiliki duri besar yang tajam untuk pohon kapuk yang sudah lama atau tua.

Buah pohon kapuk ini didalamnya terdapat kapas. Ketika buah ini kering maka buahnya akan jatuh dan buah tersebut bisa diolah menjadi bermacam kerajinan seperti kasur, dan juga diolah menjadi benang untuk kemudian dibuat menjadi celana, baju,sweter dan beberapa hasil kerajinan lainnya yang memiliki nilai kegunaan yang tinggi.

Tidak hanya buah kapuk yang berisi kapasnya saja yang bisa djadikan kerajinan tangan, batang pohon kapuk yang terbilang sangat ringan jika dibandingkan dengan beberapa jenis pohon lainnya juga sering dijadikan bahan utama alat musik seperti kendang, gimbe, dan beberapa alat musik pukul lainnya seperti angklung atau kulintang.

b. Contoh kerajinan dari bahan lunak buatan.

- Sabun Batangan.

Pada dasarnya sabun bantangan berasal dari bahan cair yang dipadatkan, maka dari itu ketika sabun terkena air maka sabun akan mudah larut. Cara kerjanya kurang lebih hampir sama dengan gula pasir yang ketika disiram air maka akan larut dan menyatu dengan air.

Sabun batangan dijadikan kerajinan sederhana karena sifatnya yang lunak dan mudah dibantuk menjadi beberapa jenis kerajinan seperti boneka, bunga, hewan,clay atau figure.

- Kertas bekas pakai.

Kertas bekas pakai sepeti koran biasanya mudah didapatkan di wilayah perkantoran dan pada dasarnya kertas koran ini juga memiliki sifat yang mudah terurai didalam air karena memiliki daya serap terhada air yang sangat tinggi.

Cara mengolahnyapun mudah, baik dengan cara dijadikan bubur kertas yang kemudian diberikan banan campuran lain hingga menyerupai adonan. Dari sinilah bubur kertas yang berbentuk adonan tersebut dibentuk menjadi kerajinan seperti patung, kursi, lemari, boneka, hiasan rumah dan lainnya.

- Lilin.

Lilin biasanya di gunakan sebagia penerang kala lampu rumah sedang padam namun lilin juga dapat dijadikan kerajinan unik sebab sifat atau tekstur lilin hampir sama dengan sabun, namun yang membedakannya adalah jika sabun mudah larut dalam air maka lilin akan terurai jika terkena panas dari api contohnhya lilin yang digunakan sebagai penerang.

Adapun kerajinan lilin yang paling populer di tengah para pengerajin bahan lunak diantaranya adalah miniatur bangunan, figure, boneka atau patung lilin yang bisa seukuran manusia bahkan dapat menyerupai manusia seutuhnya dengan sentuhan tambahan seperti warna pada kulit,rambut dan matanya.

- Fiberglas.

Fiberglas adalah bahan lunak buatan yang berwarna dasar bening pada umumnya. Fiberglas bersifat cair dan sedikit kental yang jika mengering maka akan memadat dan mengeras dan jika diberi pewarna maka akan semain menarik jika dijadikan kerajinan.

Kerajinan dari fiberglas banyak jenisnya, seperti gantungan kunci, kalung, gelang, manik-manik,anting, dan dengan sedikit tambahan bahan lainnya maka fiberglas dapat disulap menjadi labih bernilai tinggi seperti perahu fiber yang sekarang ini banyak mendominasi dunia kelautan di wilayah pesisir pantai diseluruh indonesia. Umumnya fiberglas dibuat dengan menggunakan cetakan.

- Gibs.

Gibs jika dilihat sekilas kurang lebih hampir sama dengan terigu yang berwarna putih atau kapur namun dengan komposisi zat yang bebeda. Biasanya kerajinan gips paling sering ditemukan di loteng rumah.

Loh kok diloteng rumah? Balpon maksudnya.. hehe.. iya benar, balpon rumah pada umumnya hanya terbuat dari triplek dan sejenisnya namun untuk mempercantinya kadang-kadang para pemilik rumah menggunakan jasa pengerajin gips atau paling kerennya disebut dengan gipsun.

Selain dari balpon rumah contoh lain kerajinan gipsun ini seperti figure, boneka, bunga seperti kaktus, gantungan kunci dan lainnya. Paling umum kerajinan ini dibuat dengan menggunakan cetakan seperti pada fiberglas.

Teman –teman sekalian, sampai disini saya harap kita semua sudah bisa mengerti dan memahami serta sudah bisa melaui belajar membuat kerajinan berdasarkan contoh dari bahan lunak alami dan buatan untuk dijadikan kerajinan tersebut.

Mungkin cukup sekian dulu dari kami semoga bermanfaat untuk anda dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Mengetahui Pengertian, Ciri, Contoh Kerajinan Bahan Lunak Alami dan Buatan"