4 Ruang Lingkup Seni Lukis Menurut Pakar Seni Lukis

Pengertian dan Ruang Lingkup Seni Lukis.


Sahabat sekalian dimanapun berada, berikut kita akan coba mengurai tentang apa yang menjadi ruang lingkup daripada seni lukis yang semoga dapat menjadi referansi yang bermanfaat untuk anda sekalian. Untuk jelasnya mari kita simak uraian berikut.

Namun sebelumnya perlu saya tekankan agar anda mau belajar untuk membaca sesuatu hingga tuntas agar referensi yang anda dapatkan tidak keliru dan salah difahami. Berikut uraiannya.

4 Ruang Lingkup Seni Lukis Menurut Pakar Seni Lukis
Ruang Lingkup Seni Lukis Menurut Pakar Seni Lukis
Berbicara soal defenisi seni lukis, banyak defenisi yang dikeluarkan oleh para ahli terkait pengertian dari seni lukis namun tidak ada satupun yang dapat memberikan kepuasan kepada semua orang. Karena sesungguhnya seni lukis itu memiliki keberagaman dan memiliki banyak aliran dari yang satu dengan yang lainnya.

Tidak jarang pula terdapat pertentangan secara diametrak. Dari berbagai defenisi tersebut, disini kita akan coba memilih satu defenisi yang akan menjadi bekal dasar yang cukup relevan dalam memahami pengertian dari seni lukis.


a. Secara teknis.

Secara teknis, lukisan adalah pembubuhan pigmen atau warna dengan bahan pelarut diatas pemukaan bidang  dasar, seperti peada kanvas, panel untuk menghasilkan sensasi atau ilusi ruang, gerakan, tekstur, untuk mengekspresikan berbagai makna aau nilai subjektif, baik yang sifatnya intelektual, emosi, simbolik, religius, dan lainnya.


b. Menurut Herbert Read.

Menyatakan bahwa seni lukis adalah penggunaan garis, warna, tekstur, ruang dan bentuk, shape, pada suatu permukaan, yang bertujuan untuk menciptakan berbagia image. Image tersebut bisa berupa pengekspresian ide, emosi, pengalaman, yang dibentuk sedemikian rupa sehingga mencapai harmoni.
Adapun pengalaman yang diekspresikan tersebut adalah yang berisi tentang keindahan aau pengalaman estetik.


c. Menurut Edmund Burke Feldman.

Mengatakan bahwa pengekspresian itu menggunakan:

  • Unsur – unsur visual, yang terdiri dari garis, warna, bentuk, tekstur, dan ruang atau gelap terang.
  • Organisasi dari unsur – unsur tersebut, yang meliputi kesatuan, keseimbangan, irama, dan perbandingan ukuran.


d. Menurut Suwaryono.

Mengemukakan bahwa seni lukis memiliki dua faktor, yaitu:

  • Faktor ideoflastis, yaitu ide, pendapat, pengalaman, emosi, fantasi, dan lainnya. Faktor ini lebih bersifat rohania yang mendasari penciptaan seni lukis.
  • Faktor Fisioplastis, yaitu meliputi hal – hal yang menyangkut masalah teknis, termasuk organisasi elemen – elemen visual seperti garis, warna, tekstur, ruang, bentuk dengan prinsip – prinsipnya. Dengan demikian faktor ini lebih bersifat dalam arti seni lukis itu sendiri.


Seni lukis adalah wujud ekspresi yang wajib dipandang secara utuh dan menyeluruh yang terdiri dari ide dan organisasi elemen – elemen visual. Elemen visual tersebut disusun hingga sedemikian rupa oleh seorang pelukis dalam bidang dua dimensional.

Pengertian seni lukis sesungguhnya mencakup ruang lingkup yang lebih luas dari sebuah defenisi, karena seni lukis juga mengenal istilah lukisan dinding, lukisan miniatur, pottery, manuskrip, jambangan, mozaik, potret, kaca, enamel, teknologis yang dibuat dengan menggunakan media elektronik seperti komputer.

Lukisan teknologis yang dihasilkan oleh media elektronik dikenal sebagai vektor art dan menghasilkan lukisan yang realistis.

Pada dasarnya seni lukis yang populer di tengah masyarakat yang didapatkan dari lembaga pendidikan adalah easel painting, yaitu jenis lukisan yang berukuran lebih kecil dan lukisan dinding atau mural.

4 Ruang Lingkup Seni Lukis Menurut Pakar Seni Lukis
Ruang Lingkup Seni Lukis Menurut Pakar Seni Lukis
Sejenis seni lukis yang lebih fleksibel, karena para pelukis dapat membawa easel yang praktis itu keberbagai lokasi untuk menggambar bebas, disamping itu pula dapat digunakan berkrya di studio seni lukis.

Dari semua penjelasan diatas, maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa ruang lingkup utama dari seni lukis terebut adalah terdiri dari:
  • Visual,
  • Ruang,
  • Tekstur, dan 
  • Bentuk 

Nah.. sampai disini mungkin anda sudah dapat memahami apa pengertian dan juga ruang lingkup dari seni lukis. Demikian dari kamid an terimakasih.
Sumber: Seni Budaya-Kemdikbud-RI.2018.

Belum ada Komentar untuk "4 Ruang Lingkup Seni Lukis Menurut Pakar Seni Lukis"

Posting Komentar

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel