Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merancang Budidaya Tanaman Pangan

Keberhasilan budidaya tenaman pangan ditentukan oleh kondisitanah dan iklim di daerah tersebut, atau disebut dengan lingkungan  mikro tanaman yang meliputi cahaya, temperatur, kelembaban udara relatif, kadar karbon dioksida di udara, kecepatan angin, polutan dan zona pengakaran. Perancangan budidaya tanaman haus mempertimbangkan hal tersebut sencara detail.

Cara Merancang Budidaya Tanaman Pangan

Merancang Budidaya Tanaman Pangan

1. Memilih Jenis Tanaman Budidaya.

Intensitas hujan selalu menjadi pertimbangan untuk beberapa jenis tanaman, hujan dengan intensitas yang tnggi akan mengakibatkan rontoknya bunga pada tanaman pangan. Hujan yang turun secara terus - menerus akan meningkatkan kelembaban di sekitar tanaman yang belum tentu sesuai dengan karakteristik tanaman seperti kacang tanah.

Suhu udara harus dipertimbangkan dan diperhatikan sebab sebagian tanaman cocok dengan suhu udara yang sejuk dan sebagiannya lagi cocok dengan suhu yang hangat. Media tanam terdiri dari jenis tanaman, kandungan dan teksturnya, derajat kesamaan dan pengairan. Pilih dan budidayakanlah jenis tanaman pangan yang sesuai dengan kondisi tanah dan iklim di tempat budidaya akan dilakukan.

Adapun pertimbangan lain dalam merancang budidaya tanaman pangan, yaitu lamanya masa tanam yang dimulai dari tahapan persiapan lahan hingga panen, pasar sasaran yang menjadi target penjualan barang, atau peluang pengelolaan produk hasil budidaya tanaman pangan menjadi produk pangan. Adanya minat pasar terhadap keripik, membuka peluang untuk hasil budidaya singkong. Hal tersebut dapat menjadi latar belakang dari keputusan untuk memilih jenis tanaman pangan yang akan dibudidayakan.

2. Perencanaan Proses Budidaya Tanaman Pangan.

Keputusan pemilihan tanaman yang akan dibudidayakan dibuat setelah dilakukan penelitian tentang kondisi tanah, iklim, potensi tanaman pangan di daerah tersebut, peluang pasar dan peluang pengelolahannya. Tahap selanjudnya, yaitu membuat rancangan proses budidaya yang hendak dilaksanakan, dimulai dari persiapan lahan hingga panen. Buatlah perancanan secara diteil yang meliputi waktu, sarana, dan proses yang harus dilakukan.

3. Pelaksanaan dan Evaluasi Budidaya Tanaman Pangan.

Pelaksanaan budidaya tanaman pangan yang dilakukan harus sesuai dengan rencana yang telah ditentukan. Lakukan pengamatan dan pencatatan secara berkala tentang proses pertumbuhan pada tanaman pangan yang dikelolah. Lakukan juga evaluasi pada setiap tahapan hingga panen. Hasil dari evaluasi dapat dimanfaatkan sebagai perbaikan perencanaan, perancangan, pengelolaan budidaya tanaman pangan tersebut.

Demikian penjelasan singkat diatas, semoga bermanfaat dan baca juga artikel lain yang berkaitan tentang Proses serta alat budidaya tanaman pangan. Terimakasih. 
Sumber: Prakarya-Kemendikbud_RI-2019.