Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian,Contoh dan Ciri Sikap Wirausaha Kerajinan Tekstil

Salam sahabat sekalian dimanapun berada, tidak banyak bertele-tele, berikut ini kita akan mencoba menjelaskan tema atau judul di atas yang membahas tentang pengertian wirausaha dan kewirausahawan beserta contoh sikap dan ciri sikap wirausahawan yang sukses dalam kerajinan tekstil tersebut diatas dan berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian,Contoh dan Ciri Sikap Wirausaha Kerajinan Tekstil

1. Dasar Kewirausahawan Kerajinan Tekstil.

Wirausaha berasal dari kata 'wira' yang berarti pejuang, utama, gagah, berani, teladan, dan jujur. Sedangkan 'usaha' yaitu kegiatan yang dilakukan. Pengertian dari wirausaha, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi, menyusun kegiatan untuk mengadakan produk baru, mengatur permodalan serta memasarkannya. Perlu diketahui pula bahwa para pelaku wirausaha disebut dengan wirausahawan atau entreprenuer. Entreprenuership adalah sikap dan perilaku yang melibatkan keberanian mengambil resiko, kemampuan berfikir kreatif dan inovatif.

Keputusan Menteri koperasi dan pembinaan pengusaha kecil No. 961/KEP/IX/1995, dalam lampirannya menyarakan bahwa Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. 

Kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru secara kreatif dan inovatif untuk mewujudkan nilai tambah (Overton,2002). Kreatif berarti menghasilkan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya. Inovatif berarti memperbaiki, memodifikasi, dan mengembangkan sesuatu yang sudah ada. Nilai tambah berarti memiliki nilai lebih dari yang sebelumnya.

2. Stimulus dan Motivasi Motivasi Berwirausaha Kerajinan Tekstil. 

Pada saat ini, keberagaman tekstil tradisional di Indonesia dan keberagaman budaya khas daerahnya merupakan potensi untuk terjadinya akulturasi atau pencampuran budaya yang dapat menjadi dasar penciptaan karya-karya tekstil baru yang akan menambah kekayaan tekstil nusantara.  Nilai estetika kain tekstil Indonesia sangat unik dan khas sehingga banyak diminati oleh tidak hanya para pencinta kerajinan tekstil di Indonesia namun juga di mancanegara. 

Hal tersebut merupakan peluang usaha dibidang tekstil dan priduk dari tekstil seperti busana, dan perlengkapan interior. Kebutuhan masyarkat Indonesia terhadap kebutuhan sandang dan produk kerajinan pelengkap bekutuhan sandang merupakan peluang yang dapat digarap dan mendorong meunculnya bisnis kreatif industri rumahan.

Berbagai produk kerajinan yang tersebar di seluruh pelosok nusantara memiliki potensi untuk dijadikan peluang wirausaha, apalagi bila didukung dengan ketersediaan bahan baku produk dan kemampuan sumber daya manusia yang ada di wilayah tersebut, kerajinan tekstil akan dapat membantuk kesejahteraan rumah tangga dan perekonomian daerah tersebut.

Salah satu kekuatan produk kerajinan tekstil adalah keunikan raham hias, corak, dan warna yang berbeda dari setiap wilayah yang berbeda. Kearifan lokal dan nilai budaya yang kental pada suatu produk kerajinan membuatnya unik dan mudah digemari oleh masyarakat umum. Hal ini mendorong dan memotivasi kemandirian ekonomi dengan memanfaatkan potensi produk kerajinan.

3. Karakter dan Sikap Kewirausahawan Kerajinan Tekstil. 

Seorang wirausahawan harus memiliki sikap kreatif, inisiatif,dan percara diri dan juga memiliki ciri dari seorang wirausahawan yang diantaranya adalah sebagai berikut.

a. Percaya diri (self confident).

Percaya diri atau self confident merupakan perpaduan sikap dan keyakinan seseorang dalam menghadapi tugas atau pekerjaan yang bersifat internal, sangat relatif dan dinamis dan juga banyak ditentukan oleh kemampuannya untuk memulai, melaksanakan dan menyelesaikan suatu pekerjaan.

Kepercayaan diri atau self confident akan memengaruhi gagasan, karsa, inisiatif, kreatifitas, keberanian, ketekunan, semangat kerja, dan kegairahan dalam bekerja. Kunci keberhasilan dalam bisnis adalah untuk memahami diri sendiri. Maka dari itu, wirausahawan yang sukses adalah wirausahwan yang mandiri dan percaya diri.

b. Berorientasi Tugas dan Hasil.

Seorang yang selalu mengutamakan tugas dan hasil adalah orang yang selalu mengutamakan nilai-nilai motif berprestasi, berorientasi pada laba, ketekunan, dan kerja keras. Dalam kewirausahaan, peluang hanya diperoleh apabila ada inisiatif. Perilaku inisiatif biasanya hanya diperoleh dengan melatih diri, pelatih, pengalaman dan pengembangannya diperoleh dengan cara disiplin diri, berpikir kritis, tanggap, bergairah, dan semangat berprestasi.

c. Keberanian Mengambil Resiko.


Pengertian,Contoh dan Ciri Sikap Wirausaha Kerajinan Tekstil

Wirausahawan adalah orang suak dengan usaha-usaha yang menantang untuk mencapai kesuksesan atau kegagalan daripada usaha yang kurang menantang. Wirausaha menghindari situasi risiko yang rendah karena tidak memiliki tantangan dan menjauhi risiko yang tinggi karena ingin berhasil. Pada kondisi ini terdapat dua laternatif yang harus di jadikan pilihan, yaitu alternatif yang menanggung resiko dan alternatif yagn konservatif.

d. Sikap Kepemimpinan.

Seorang wirausaawan tentunya harus mempunyai jiwa kepemimpinan, kepeloporan, dan keteladanan. Ia selalu menampilkan produk dan jasa - jasa baru dan berbeda sehingga ia menjadi pelopor baik dalam proses produksi maupun pemasaran, dan selalu memanfaatkan perbedaan sebagai suatu yang menambah nilai.

e. Berorientasi ke Masa Depan.

Wirausahawan harus memiliki perspektif dan pendangan ke masa depan. Kuncinya adalah dengan kemampuan untuk menciptakan suatu yagn baru dan berbeda dari yang sudah ada di masa sekaran gini.

f. Keorisinal; Kreatifitas dan Inovatif.

Wirausahawan yang inovatif adalah orang yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
  • tidak penah puas dengan cara-cara yang dilakukan saat ini, meskipun cara tersebut dianggap sudah cukup baik.
  • selalu menunagkan imajinasi dalam pekerjaannya.
  • selalu ingin tampil berbeda atau selalu memanfaatkan perbedaan
Syarat untuk menjadi wirausahawan yang berhasil adalah sebagai berikut.
  • memiliki sikap mental yang positif.
  • memiliki keahlian di bidangnya.
  • mempunyai daya pikir yang kreatif.
  • rajin mencoba hal-hal baru (inovatif).
  • memiliki semangat juang yang tinggi dan komitmen yang tinggi., dan
  • mampu mengantisipasi berbagai resiko dan persaingan.

4. Faktor Penyebab Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha.

Setiap kita hendak memulai sesuatu yang baru tentunya tidaklah mudah. Maka dari itu, seorang wirausahawan harus berani mencoba dan mengambil resiko. Persoalan gagal dalam melakukan suatu hal adalah bagian dari proses untuk menuju kesuksesan. 

Seperti kita ketahui bersama pula bahwa kegagalan merupakan kesuksesan yang tertentunda. Jika kita mencoba suatu usaha lalu gagal, kita tidak perlu berputus asa atau berkecil hati dan teruslah kembali mencoba dengan belajar dari pengalaman yang sudah ada dan membuat perhitungan dan perencanaan yang matang.

Cobalah mencari cerita dari berbagia sumber tentang kisah para pengusaha yang sukses dalam menjalankan usahanya. Bacalah dengan seksama dan kemudian ambil pelajaran didalamnya dari kisah yang mereka lalui mulai dari memulai hingga mendapati kegagalan dan mencapai kesuksesannya. 

Demikian penjelasan singkat tentang Pengertian,Contoh dan Ciri Sikap Wirausaha Kerajinan Tekstil  tersebut diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Sumber: Prakarya-Kemendikbud_RI-2019.