Hakikat, Jenis, Bentuk, Unsur, dan Teknik Menyusun Naskah Lakon

Menyusun Naskah Lakon.


Salam sahabat pendidikan dimanapun anda berada, berikut ini kita akan mengulas beberapa rangkuman kecil tentang penyusunan naskah lakon yang semoga dapat bermanfaat bagi anda dan untuk jelasnya mari kita menuju ke ulasan berikut ini.

a. Hakikat Lakon.

Hakikat dari lakon adalah mengenai atau tentang suatu kehidupan, dimana kehidupan yang di hadapi atau yang dialami dan terjadi dijadikan sebagai sumber ide atau gagasan lakon dalam memaknai hidup agar lebih bergairah, lebih indah dan bermanfaat bagi kemaslahatan orang lain yang salah satunya dengan melalui pentas teatrikal atau teater.

b. Jenis – jenis Lakon.

Berdasarkan dengan jumlah babak, maka lakon dapat kita bedakan menjadi dua jenis lakon, yaitu lakon panjang dan lakon pendek. Lakon Panjang pada saat dipentaskan dapat mencapai tiga hingga lima babak sedangkan Lakon Pendek pada saat dipentaskan biasanya terdiri dari lakon dengan satu babak yang didalamnya terdapat beberapa peristiwa adegan didalamnya. Lakon atau kisah, dari sudut pandang lain juga dapat dibedakan, antara lain; lakon berdialog dan lakon tidak berdialog.

Pada dasarnya, Lakon teater atau Lakon drama panggung dapat digolongkan kedalam bentuk lakon berikut, yaitu;

- lakon tragedi

- lakon komedi,

- lakon tragedi – komedi, dan 

- lakon melodrama.

c. Unsur – Unsur Lakon.

Lakon dibangun dengan unsur pembentuknya dimana setiap unsur yang ada merupakan suatu kesatuan atau jalinan yang saling berhubungan dan saling mengikat satu dengan lainnya. Unsur yang dimaksudkan, yaitu; unsur alur, tema, tokoh,karakter, setting, dan sudut pandang pengarang sekalu kreator lakon atau penonton (masyarakat).

Selain dari keenam usnur pokok lakon tersebut, terdapat pula unsur lain yang juga tidak kalah pentingnya, yaitu; unsur pemilihan bahasa sebab dengan pemakaian bahasa yang tepat serta penempatan kata demi kata dengan akurat dan komunikatif, lakon akan memiliki daya tarik atau pesona di mata para pembaca atau audiens (penonton, pemirsa).

d. Teknik membuat Naskah Lakon.


Hakikat, Jenis, Bentuk,Unsur, dan Teknik Menyusun Naskah Lakon
Hakikat, Jenis, Bentuk,Unsur, dan Teknik Menyusun Naskah Lakon
Teknik dalam penyusunan naskah lakon teater dapat dilakukan dengan beberapa langkah atau tekni, yaitu sebagai barikut.

- Penerjemahan/menterjemahkan naskah, yaitu mengalihbahasakan lakon, dari satu bahasa ke bahasa yang lain.

- Pengadaptasian/mengadaptasi naskah, yaitu menyesuaikan lakon ke dalam warna budaya lokal atau nasional meskipun sumber lakon aslinya dari naskah karya orang asing.

- Penyaduran/menyadur naskah, yaitu mengubah karya orang lain menjadi karya sendiri dengan nilai yang lebih baru atau kebaruan.

- Penyanggitan/Sanggit naskah, yaitu proses kreatif kreator dalam mengembangkan tematik cerita yang sudah ada, menjadi cerita baru dengan tidak menghilangkan benang merah cerita aslinya.

Menyusun atau menulis naskah lakon, pada dasarnya dilakukan dengan teknik; menterjemahkan, mengadaptasi, menyadur, dan menyanggit untuk pementasan teater, bermula dari ketertarikan pada sumber bacaan berupa lakon. Kemauan, kemampuan dan ketajaman dalam berkreasi adalah modal penting dalam memulai kegaitan menyusun naskah lakon untuk pementasan teater.

Ketahuilah pula bahwa keberagaman dan keunikan jenis dan bentuk lakon teater tradisional Indonesia yang tumbuh dan berkembang di tengah – tengah masyarakat pedesaan dan masyarakat istana merupakan suatu gambaran jelas bahwa “ kita selaku bangsa Indonesia harus dan sudah sepatutnya mensyukuri dan mengagumi pemberian sang kuasa tersebut.

Keberagaman jenis dan juga betuk lakon teater tradisional adalah sumber krativitas lakon seni dan seni teater yang menjadi bukti bahwa kita memiliki kekayaan lakon dan pementasan teater yang khas dan bersifat adihulung yang tak terduakan oleh bangsa lain dimanapun. Pada akhirnya, kita dapat memanfaatkan dengan sebsar-besarnya untuk kemaslahatan dan juga sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia.

Demikianlah penjelasan singakat tentang penyusunan naskah lakon tersebut diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Sumber: Kemendikbud_RI-2017.

0 Response to "Hakikat, Jenis, Bentuk, Unsur, dan Teknik Menyusun Naskah Lakon"

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel