Pengertian Seni Menurut Para Ahli serta Cabang - Cabang dari Seni.

Apakah arti seni? Apakah cabang - cabang dari seni?, Perlu sekiranya kita ketahui bahwa dalam kehidupan kita sehari-hari, tak jarang kita sering berkata " wah indah banget, Seni banget ya" entah itu melihat pemandangan di gunung, di pantai, atau kebun bunga yang dipenuhi dengan warna dan warni, lukisan seorang pelukis terkenal, dekorasi yang indah, suara orang yang bernyanyi dan lainnya. Pertanyaannya adalah apakah semua itu adalah seni?

Seni Menurut Para Ahli serta Cabang - Cabang dari Seni.
Seni Menurut Para Ahli serta Cabang - Cabang dari Seni
Terkadang juga kita salah mengartikan seni terutama yang masih tabu mengenai persoalan seni padahal arti seni itu sendiri adalah segala sesuatu yang dibuat manusia untuk menghasilkan karya seni yang indah. Seni itu sendiri juga bisa dikelompokkan menjadi bberapa jenis menurut jenisnya. 

Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan tentang pengeritan seni menurut para ahli dan cabang-cabang seni berikut ini.

A. Pengertian Seni Menurut Para Ahli.

Seni berasal dari kata sani (sanskerta) yang berarti pemuja, persembahan, dan pelayanan.kata tersebut berkaitan erat dengan upacara keagamaan yang disebut kesenian. Menurut padmanpusphita, kata seni berasal dari bahasa belanda, genie dalam bahasa latin disebut genius, artinya kemampuan luar yang di bawa sejak lahir.

Seiring dengan perkembangan waktu,banyak definisi diungkapkan oleh beberapa ahli. Berikut diuraikan beberapa definisi seni.

1. Everyman Encyklopedia. 

Seni adalah segala sesuatu yang dilakukan orang,bukan atas dorongan kebutuhan pokoknya, melainkan karena kehendak kemewahan, kenikmatan, ataupun kebutuhan spritual.

2. Ensiklopedia Indonesia.

Seni adalah pencipta segala hal karena keindahannya orang senang melihat atau mendengarnya.

3. Ki hajar Dewantara.

Seni adalah perbuatan manusia yang timbul dari hidupnya,perasaan,dan bersifat indah sehingga dapat menggetarkanjiwa perasaan manusia.

4. Akhdiat Karta Miharja.

Seni adalah kegiatan rohani manusia yang merefleksikan kenyataan dalam suatu karya,bentuk,dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani.

5. Prof.Drs.Suwaji Bastomi. 

Seni adalah aktivitas batin dengan pengalaman estesis yang dinyatakan dalam bentuk agung,mempunyai daya untuk membangkitkan rasa takjub dan dan baru.

6. Drs.Sudarmaji.

Seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estesi dengan menggunakan media garis,warna,tekstur,volume,dan gelap terang.

Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa seni merupakan hasil aktivitas batin yang direfleksikan dalam bentuk karya dan dapat mambangkitkan perasaan orang lain.dalam pengertian ini yang termaksud seni adalah kegiatan yang menghasilkan karya indah.

Definisi umum seni adalah segala macam keindahan yang di ciptakan oleh manusia.

B.Cabang-cabang Seni.

Di lingkungan masyarakat,proses penciptaan seni dapat digolongkan menjadi lima cabang seni.

1.Seni Rupa.

Seni rupa merupakan cabang seni yang umum disebut dengan seni visual.hal ini disebabkan seni rupa berwujud bentuk-bentuk yang disualkan melalui indra penlihatan(garis,bidang,warna,ruang,gelap, dan terang).

2.Seni Musik.

Istilah musik berasal dari bahasa yunan,mousikos.kata ini diambil darinama salah satu dewa orang yunani yang  bernama mousikos.mousikos dilambangkan sebagai dewa keindahan dan menguasai bidang kesenian dan ilmu pengetahuan.musik dapat diartikan sebagai ungkapan perasaan yang di tuangkan dalam bentuk bunyi-bunyinya.

Ungkapan yang dihasilkan  melalui suara manusia disebut vokal,sedangkan ungkapan yang dihasilkan melalui alat musik disebut instrumental.

3.Seni Tari.

Seni tari adalah seni yang dihasilkan dari gerak,mimik,dan tingkah laku seseorang.agar geraknya menarik dan enak dipandang,tarian diiringi musik.

4.Seni Sastra.

Kesusastraan berasal dari bahasa sanskerta,susastra.su berarti baik dan   sastra berarti buku.jadi,kesusatraan berarti tulisan yang mempunyai bahasa indah dan baik.

5.Seni Drama.

Drama berasal dari kata yunani,dramas ialah perbuatan atau pertunjukan peri kehidupan seseorang.drama ialah seni pertunjukan yang di atas pentas.

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian seni diatas, semoga bermanfaat untuk sabat seniman, pekerja seni dan para penikmat seni sekalian dan terimakasih.
Penulis : Sibagyo S.Pd

0 Response to "Pengertian Seni Menurut Para Ahli serta Cabang - Cabang dari Seni."

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel