Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Hasil Samping

Bahan Pangan Hasil Samping.

Salam sahabat pendidikan sekalian, berikut ini kita kembali akan membahas mengenai materi yang merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas tentang bahan pangan dan semoga dapat memberi jawaban dan manfaat untuk anda sekalian dan untuk singkatnya mari kita simak ulasan berikut.

1. Pengertian Bahan Pangan Hasil Samping.

Bahan baku daging hasil perikanan dan peternakan merupakan bahan pangan utama manusia namun tulang, kulit, kaki, dan juga sisik menjadi bagian dari bahan pangan yang jarang sekali dikonsumi meski masih banyak menyimpan manfaat gizi.

Sebagai olahan pangan siap konsumsi, hampir semua bagian dari bahan pangan hasil perikanan dan peternakan dapat di gunakan manusia. Bahan pangan hasil samping dapat diolah menjadi makanan siapsaji seperti mie bakso, ceker ayam, kripik ceker ayam, krupuk kulit dan lainnya.

2. Jenis dan Manfaat Bahan Pangan Hasil Samping.

Jenis-jenis dari bahan baku hasil samping yang digunakan untuk membuat makanan dari hasil samping perikanan dan peternakan diantaranya adalah sebagai berikut :

a. Bahan Pangan Hasil Samping Kepala Ikan.

Kepala ikan dapat diolah menjadi makanan yang lezat dan juga tentunya bergizi, misalnya dapat dijadikan makanan gulai kepala ikan, atau pula sup kepala ikan sebab bagian kepala ikan masih memiliki sedikit daging ikan dan mata ikan juga nikmat untuk disantap serta memiliki nilai nutrisi yang hampir sama dengan bagian tubuh ikan yaitu daging ikan. Selain memiliki gizi yang baik juga memiliki nilai jual.

b. Bahan Pangan Hasil Samping Kulit.

Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Hasil Samping
Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Hasil Samping
Kulit ialah bagian luar yang menutupi daging, baik itu daging sapi, ikan, dan lainnya. Kulit merupakan organ tunggal tubuh yang paling berat dan kulit juga merupakan hasil ternak yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi sekitar 59% dari nilai keseluruhan produk yang dihasilkan dari seekor ternak. Kulit ternak dapat diolah menjadi produk pangan seperti kripik kulit dan masakan lainnya.

c. Bahan Pangan Hasil Samping Ceker Ayam.

Ceker ayam merupakan bagian dari tubuh ayam yaitu kaki ayam dan memiliki tekstur yang unik serta rasa yang gurih, maka dari itu ceker ayam banyak digemari orang. Bagian tubuh ayam ini juga masih memiliki nilai gizi dan manfaat yang baik bagi tubuh sebab ceker ayam mengandung protein, kolagen, zat kapur/kalsium dan kartilago.

Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Hasil Samping
Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Hasil Samping
Ceker ayam memiliki sedikit daging dan jika dimasak biasanya akan mengeluarkan cairan atua gel khusus yang mengandung gelatin. Ceker ayam juga dapat diolah menjadi produk pangan sepeti kripik ceker, bakso ceker, sup ceker, dan lainnya.


d. Bahan Pangan Hasil Samping Tulang Ikan.

Selain dari kepala dari ikan, tulang ikan juga merupakan dapat dijadikan sebagia bahan pangan hasil samping. Tulang ikan dapat mengurangi terjadinya osteoporosis dan dapat memperkuat atua memperkokoh tulang tubuh pada manusia sebab tulang dari ikan mengandung kalsium, fospor, dan juga vitamin D yang sangat bermanfaat untuk tubuh dalam menjaga tulang tetap kokoh.

Proses pembuatan bahan pangan ini biasanya dimulai dengan proses pengeringan dan digiling menjadi tepung, setelah menjadi tepung, barulah dapat divermentasikan dalam bentuk olahan berupa cemilan, misalnya pangsit ikan, stik ikan, kerupuk dan bahan makanan lainnya.

Catatan :

Dalam mengolah hasil samping dari bahan baku perikanan dan peternakan harus melalui uji coba yang membutuhkan ketelitian, ketekunan dan juga kesabaran sebab waktu yang dibutuhkan relatif lama hingga dapat menghasilkan produk pangan sampingan yang sehat, dikemas dengan kemasan yang menarik dan miliki nilai ekonomis yang tinggi.

Demikian ulasan singkat tentang Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Hasil Samping tersebut diatas, semoga bermanfaat dan terimaksaih.
Sumber : Kemendikbud-RI_2018
Tim Penulis : Dwi Sri Handayani Nuswantari, dkk
Pencetak : Masmedia Buana Pustaka

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Hasil Samping"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel