Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Setengah Jadi

Bahan Pangan Setengah Jadi Hasil Perikanan dan Peternakan. 

Kekayaan bahan pangan bumi Indonesia berlimpah ruah. Keanekaragaman sumber pangan yang sangat potensial tersebut, meliputi pangan nabati dan hewani. Pangan hewani tersebut meliputi produk perikanan dan peternakan.

- Pengertian Bahan Pangan Setengah Jadi.

Bahan pangan setengah jadi adalah bahan pangan mentah yang telah mengalami  pengolahan dengan cara pengawetan. Bahan pangan setengah jadi dari hasil perikanan dan peternakan tidak semuanya dapat langsung dikonsumsi, namun masih terdapat proses tindak lanjud untuk manjadi makan siap saji.

Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Setengah Jadi
Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Setengah Jadi
Bahan pangan setengah jadi yang berbahan baku daging sapi dan daging unggas dimasa ini sangat banyak diminati terutama yang memiliki aktifitas yang padat sebab pengolahan bahan setengah jadi disimpan lama dalam kondisi beku seperti ; bakso, sosis,nugget atau dapat pula disimpan dalam kondisi kering seperti; dendeng, telur asin, dan abon. maka dengan cara tersebut, bahan pangan ini dapat digunakan kapan saja.

- Jenis dan Manfaat Bahan Pangan Setengah Jadi.

Jenis-jenis bahan pangan setengah jadi dari bahan perikanan dan peternakan sebagai bahan baku dalam membuat makan siap konsumsi diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Bakso ikan,
  • Denden cumi,
  • Terasi udang,
  • Tepung rumput laut,
  • Telur asin,
  • Dendeng daging, 
  • Kornet, dan
  • Keju.

1. Bahan Pangan Bakso Ikan Setengah Jadi.

Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Setengah Jadi
Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Setengah Jadi
Bakso ikan adalah olahan ikan yang terdiri dari beberapa pilihan bahan pokok seperti ikan tuna, surimi, udang, kakap, dan marlin. Berbeda dengan bakso daging, bakso ikan memiliki tekstur yang lembut dan gurih yang di olah dengan direbus atau digoreng dan disajikan saat masih hangat. 

2. Bahan Pangan Dendeng Cumi Setengah Jadi.

Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Setengah Jadi
Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Setengah Jadi
Dendeng adalah makanan kering sebagai salah satu produk awetan yang diolah dengan cara tradisional hingga modern dan sangat populer. Selain dari rasaya yang gurih dan lezat, dendeng cumi juga  merupakan makanan tradisional yang kaya akan kendungan gizi seperti protein, mineral, kalsium, dan besi serta memiliki kelebihan lain yaitu masa simpannya lebih lama. Dendeng cumi merupakan hasil olahan laut yang cukup banyak digemari sehingga sangat mudah diperjualbelikan di pasar-pasar tradisional, supermarket atau melalui sistem online.

3. Bahan Pangan Terasi Udang Setengah Jadi.

Terasi udang yang sering juga disebut dengan belacan termasuk hasil olahan setengah jadi berbahan dasar udang. Jenis udang yang biasa digunakan adalah udang rebon atau udang yang berukuran kecil. Terasi berbentuk seperti pasta atau adonan dan berwarna hitam kecoklatan, kadang diberi bahan pewarna merah sehingga ada yang berwarna kemerahan.

Udang rebon yang telah direbus dan digiling dan diberi garam kemudian difermentasikan kemudian dijemur agar kadar air menjadi rendah lalu digiling kembali hingga dapat dibentuk seperti pada umumnya terasi yang diperjual belikan, misalnya kotak dan bulat. 

Produk terasi memiliki bau yang tajam dan biasanya digunakan untuk membuat sambal atau juga dibuat menjadi kerupuk terasi atau pula sebagai bumbu masakan sebagai penyedap makanan untuk resep tertentu khas Indonesia.

4. Bahan Pangan Tepung Rumput Laut Setengah Jadi.

Salah satu bentuk pengolahan rumput laut yaitu dengan cara mengolahnya menjadi tepung agar awet. Dengan diolah menjadi tepung rumput laut, akan sangat bermanfaat, selain dari sisi praktis penyajian dan penggunaannya juga memudahkan dalam hal pengemasan dan pengangkutan.

Tepung rumput laut ini memiliki peran yang besar terutama sebagai stabilisator, bahan pengental, pebentuk gel, pengemulsi, dan lainnya. Sifat ini banyak dimanfaatkan oleh industri makanan, obat-onatan, kosmetik, tekstil, cat, pasta gigi, dan isndutri lainnya.

5. Bahan Pangan Telur Asin Setengah Jadi.

Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Setengah Jadi
Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Setengah Jadi
Telur asin adalah makanan yang berbahan dasar telur dengan cara diawetkan menggunakan garam berlebih untuk menonaktifkan enzim perombak. kebanyakan telur yang diasinkan adalah telur itik, meski tidak menutup kemungkinan untuk telur-telur yang lainnya.

Di Indonesia, terutama di Jawa, telur sain biasanya memiliki memiliki ciri khas cangkang telur berwarna hijau kebiruan. Telur asin yang dinilai berkualitas tinggi memiliki ciri-ciri bagian kuning telur berwarna agak kemerahan, kering ( jika dimakan tidak mengeluarkan cairan), tidak berbau amis, dan rasa asinnya tidak menyengat serta teksturnya berminyak.

6. Bahan Pangan Dendeng Daging Setengah Jadi.

Dendeng adalah daging yang dipotong tipis menjadi serpihan yang lemaknya dipangkas, dibumbui dengan saus asam, asin, atau manis dengan dikeringkan menggunakan api kecil atau diasinkan atau dijemur. Hasilnya adalah daging yang asin dan setengah manis serta tidak perlu disimpan di lemari pendingin.

Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Setengah Jadi
Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Setengah Jadi
Dendeng termasuk makanan berbentuk lempengan yang dibuat dengan cara pengeringan. Bumbu yang digunakan untuk dendeng yaitu garam dapur, gula merah, dan rempah lainnya. Garam dapur merupakan bahan pemberi cita rasa dan pengawet pada makanan keran dapat menghambat pertumbuhan jasad renik.

7. Bahan Baku Kornet Setengah Jadi.

Kornet daging berbentuk gilingan daging halus yang berbumbu.dengan diolah menjadi kornet, masalah masalah penyimpanan daging segar dapat diatasi. Agar awet, daging sapi segar memang harus disimpan pada suhu dingin hingga suhu yang beku, akibatnya menjadi tidak praktis apabila hendak digunakan.

Sedangkan daging sapi segar yang telah diolah menjadi kornet yang kemudian dikalengkan, dapat disimpan pada suhu kamar sekitar dua tahun. Daging kornet dapat dihidangkan sebagai campuran perkedel, telur dadar, mie rebus, pengisi roti, dan makanan lainnya.

8.Bahan Pangan Keju Setengah Jadi.

Keju terbuat dari susu sapi, susu kerbau, atau pula susu kambing. Teksturnya lembut dengan rasa yang creamy. Keju dibuat dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu.

Hasilnya kemudian dikeringkan, diproses, dan diawetkan dengan berbagai cara. Produk keju banyak memiliki variasi tergantung pada jenis susunya, pengentalan, dan proses pembuatannya. Produk bahan pangan setengah jadi susu lainnya adalah susu bubuk dan yogurt.

Demikian penjelasan singkat tentang Pengertian, Jenis, Manfaat Bahan Pangan Setengah Jadi tersebut diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Sumber : Kemendikbud-RI_2018
Tim Penulis : Dwi Sri Handayani Nuswantari, dkk
Pencetak : Masmedia Buana Pustaka