Karbohidrat (Hidratarang): Fungsi, Struktur dan Sumber Karbohidrat (Hidratarang)

Fungsi, Struktur dan Sumber Hidratarang (Karbohidrat). 

Perlu diketahui bahwa Hidratarang atau karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi manusia sehingga jenis dari nutrien ini juga disebut juga dengan zat tenaga. Hidratarang yang ada dalam makanan adalah pati, surkosa, laktosa, dan fruktosa. Yang paling tinggi di antara jenis-jenis hidratarang ini adalah pati polasakarida (starch) yang dicernakan oleh enzim amilase pankreas.

Hasil akhir penguraian hidratarang adalah monosakarida, yaitu glukosa, fraktosa, dan galaktosa. Glukosa merupakan monosakarida terpenting diantara ketiganya. Metabolisme glukosa dikendalikan secarfa hormonal. Glukosa digunakan untuk menghasilkan energi, dan kelebihan glukosa akan diubah menjadi glikogen serta lemak yang kemudian disimpan.

Masukan hidrat arang yang tidak mencukupi akan menimbulkan ketosis. Hidratarang merupakan senyawa yang terdiri atas karbon, hidrogen dan oksigen. Nutrien ini mencakup pati dan gula dalam berbagai bentuk. Tanaman memiliki kemampuan untuk menghasilkan gula serta pati dari karbon dioksida dalam udara dan air dari tanah. Manusia memperoleh hidratarang dari sumber makanan nabatinya.

A. Fungsi Hidratarang (Karbohidrat).


Hidratarang dioksidasi dalam tubuh agar menghasilkan panas dan energi bagi segala bentuk aktifitas tubuh. Karbon dioksida dan air terbentuk sebagai produk akhir dan pada prinsipnya kedua bahan tersebut diekskresikan melalui paru-paru serta ginjal. Satu gram hidratarang memberikan 16 kj(4 kal) pada proses oksidasi di dalam tubuh.

B. Struktur Hidratarang (Karbohidrat).


Bentuk Hidratarang paling sederhana yang perlu mendapat perhatian dalam gizi adalah gula sederhana, yakni glukosa , fruktosa, dan galaktosa. Ketiga bentuk gula sederhana ini dikenal dengan nama Monosakarida. 

Struktur Molekul glukosa :


Karbohidrat (Hidratarang): Fungsi, Struktur dan Sumber Karbohidrat (Hidratarang)
Karbohidrat (Hidratarang): Fungsi, Struktur dan Sumber Karbohidrat (Hidratarang)
Pasangan monosakarida dapat bergabung membentuk disakarida. Bentuk disakarida yang paling penting dalam gizi manusia adalah surkosa. laktosa, dan maltosa. Komposisi ketiga bentuk disakarida ini digambarkan di bawah ini :

Glukosa + Fruktosa > Surkosa
Glukosa + Galaktosa > Laktosa
Glukosa + Glukosa > Maltosa.

Kebanyakan senyawa monosakarida bergabung membentuk senyawa polisakarida. Polisakarida yang terpenting dalam gizi manusia adalah pati yang tersusun dari banyak unit glukosa. terdapat dua jenis tipe pati (starch) yaitu amilosa da amilopektin.

- Amilosa (amylose) terdiri atas sebuah rantai lurus dengan 70-350 molekul glokosa.
Fungsi, Struktur dan Sumber Karbohidrat
Struktur Amilosa
- Amilopektin ( amylopectin) merupakan senyawa rantai bercabang dengan molekul glukosa hingga 100.000 buah.
Fungsi, Struktur dan Sumber Karbohidrat
Struktur Amilopektin

C. Sumber - Sumber Hidratarang (Karbohidrat).


- Glukosa dibuat secara komersial dari pati dan ditemukan pada sebagian buah, terutama pada buah anggur.

- Fruktosa ditemukan dalam madu dan buah-buahan. Kadang-kadang fruktosa disebut dengan 'gula buah'.

- Surkosa merupakan gulapasir yang biasa kita gunakan atau konsumsi. bentuk gula ini diperoleh dari tanaman tebu serta bit, dan terdapat pual pada sebagian buah serta sayuran.

- Laktosa adalah gula yang ditemukan di dalam susu.

- Galaktosa tidak terdapat secara alami tetapi dihasilkan melalui proses pencernaan laktosa.

- Maltosa ditemukan pada biji yang berkecambah dan terbentuk saat pembuatan bir.

- Starch (pati) merupakan hidratarang simpanan yang dihasilkan oleh tanaman. Dalam jumlah yang cukup besar, pati ini ditemukan pada semua jenis biji-bijian, buah-buahan mentah dan sayuran seperti kentang, kacang polong, buncis, dan lentil atau miju-miju.

- Glikogen. Hewan menyimpan hidratarang dalam bentuk glikogen pada hati dan ototnya. Daging bukan merupakan makan sumber hidratarang sebab glikogen akan rusak selama proses penggantungan daging.

- Selulosa merupakan komponen dinding sel tanaman. Bentuk hidratarang ini ditemukan dalam sereal, sayuran serta buah, dan umumnya dikenal sebagai serat (fiber). Bagi tubuh manusia, serat tidak tersedia sebagai makanan karena sekresi pencernaan pada manusia tidak mampu memecahkan serat. 

Namun serat tetap merupakan unsur penting dalam diet karena menambah massa ke dalam isi usus, merangsang gerakan peristaltik usus dan membentuk pengeluaran feases. Pada hewan herbivora, selulosa dapat menjadi makanan karena adanya bakteri tertentu dalam usus hewan tersebut yang mengubah selulosa menjadi zat - zat yang dapat diserap dan dimanfaatkan tubuhnya.

Demikian ulasan singkat tentang Fungsi, Struktur dan Sumber Karbohidrat (Hidratarang) tersebut diatas, semoga ada manfaatnya dan terimakasih.
Sumber : Ilmu Gizi dan Diet (Nutrition and Dietetics for Nurses)
Penulis : Mary E. Beck
Penerbit : ANDI Yogyakarta_2011.

0 Response to "Karbohidrat (Hidratarang): Fungsi, Struktur dan Sumber Karbohidrat (Hidratarang)"

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel