Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Musik Barat: Jenis Contoh Pertunjukan Musik Barat dst

Jenis Pertunjukan Musik Barat.

Musik Barat: Jenis Contoh Pertunjukan Musik Barat dst

Ditinjau dari segi sarananya terdapat 3 jenis musik barat yang dipertunjukkan diantaranya adalah pertunjukan vocal, pertunjukan instrumen, dan pertunjukan gabungan antara vocal dan instrumental.

Sebelum lanjut, pastikan agar anda senantiasa membaca hingga tuntas agar mudah memahami setiap penjelasan dan mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang diberikan kepada kalian sob. Nah untuk lebih singkatnya kita akan memulainya dari seni vocal.

A. Seni Pertunjukan Musik Vocal Barat.

Seni vocal yaitu seni musik yang mengutamakan serta mengeksplorasi suara atau vocal pada manusia yang sering juga disebut dengan istilah singing atau bernyanyi.

Seniman vocal atau sering disebut dengan vocalis sangat mengandalkan kualitas suaranya dalam berkarya dan senantiasa menjaga gaya hidup sehatnya untuk menjaga kualitas vocal yang ia miliki misalnya dengan tidak mengkonsumsi makanan berminyak, merokok, atau minum alkohol.

Didalam seni pertunjukan musik barat terkhusus pada seni pertunjukan musik vocal terdapat istilah yang lazim dan patut diketahui diantaranya adalah Teknik Vocal. 

1. Teknik Vocal.

Mulut merupakan salah satu organ tubuh yang paling memiliki peran penting dalam musik vocal lengkap dengan bagian organ tubuh lainnya sebagai pendukung. Beberapa organ tersebut diantaranya adalah;

a. Organ penggerak.

Suara manusia dihasilkan oleh organ penggerak yang berfungsi menggerakkan pita suara dengan cara mendorong udara hingga mengenai pita suara. Dan yang tergolong sebagai organ penggerak yaitu:

- Paru-paru,

- Pangkal tenggorokan atau Larynx,

- Batang tenggorokan atau Pharynx, dan 

- Sekat rongga dada disebut dengan Diafragma.

b. Organ Penggetar.

Organ tubuh yang tergolong sebagai organ penggetar dalam menghasilkan suara disebut dengan pita suara yang berbentuk jaringan berupa tenunan otot yang tipis dan elastis dan berwarna kekuningan.

Jika terkena dorongan udara dari paru-paru maka pita suara akan bergetar dan menghasilkan bunyi atau suara dari hasil getaran tersebut. Posisi atau bentuk dari pita suara tu sendiri berbeda-beda dan tentu akan menghasilkan ciri khas suara yang berbeda pula.

Contoh bentuk dari perbedaan pita suara tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

- Terbuka lebar.

- Tertutup rapat

- Bagian atas terbuka sedikit, dan 

- Bagian bawah terbuka sendikit.

Berikut beberapa cara atau tips untuk merawat pita suara kalian jika kalian seorang vocalis agar kualitas suara kalian tetap terjaga.

- Ketika bangun tidur biasakanlah mendahulukan minum air putih dan senam pagi sambil menghidup udara segar sebanyak mungkin.

- Hindari merokok, alkohol dan minum kopi.

- Hindari bernyanyi dalam keadaan perut sedang kosong ataupun terlalu kekenyangan sebab akan mempengaruhi rongga perut diafragma dan kualitas pernapasan.

- Tidak mengkonsumsi makanan berminyak dan pedas saat akan bernyanyi.

- Jika sedang pilek atau sakit sebaiknya jangan bernyanyi.

- Tidak minum minuman yang terlalu panas ataupun yang terlalu dingin.

- Bernyanyilah dengan nada yang sesuai dengan kemampuan suaramu agar vocal yang dikeluarkan tidak mudah jebol atau aus karena dipaksa.

c. Organ atau Alat Pengucapan.

Alat ucap manusia adalah mulut yang terdiri dari 2 bagian, yaitu artikulator dan artikulasi. Artikulator adalah alat ucap yang digerakkan untuk menghasilkan berbagia macam bunyi dan alat ini disebut dengan lidah.

Sedangkan titik artikulasi adalah bagian dari alat ucap yang menjadi tumpuan titik sentuh artikulator atau lidah yang diantaranya adalah gigi bibir, gusi, langit-langit keras, lunak dan anak tekak.

Untuk menghasilkan artikulasi yang baik dalam pelafalan lagu maka beberapa alat pengucap yang patut untuk kalian latih adalah;

- Rahang bawah, dilatih dengan melakukan gerakan membuka dan menutup, kiri dan kanan, depan dan kebelakang agar rahang lebih lentur.

- Lidah, dilatih dengan cara melakukan gerakan memutar, kekanan kekiri dan keluar dan masuk agar gerakan lidah akan lebih lincah.

- Bibir, dilatih dengan cara membuka dan menutup dan menahan hembusan udara agar bibir mendapatkan kelenturan yang baik saat bernyanyi.

d. Organ atau Alat Resonantor.

Resonantor atau resonansi adalah organ tubuh yang memiliki fungsi untuk memantulkan suara yang ditimbulkan oleh pita suara. Yang termasuk organ resonantor adalah rongga mulut, rongga dada dan rongga hidung.

Organ tubuh yang berkaitan langsung dengan pembentukan suara harus dilatih agar dapat membantu kita untuk mendapatkan suara yang merdu dengan cara sebagai berikut.

- Latihan intonasi.

Latihan ini terdiridari latihan aksentusai atau memberikan tekanan pada bagian tertentu pada sebuah lagu, dan latihan dinamik atau menambah atau mengurangi kuat lemahnya suara.

- Latihan artikulasi.

Latihan artikulasi, yaitu latihan ketepatan dalam melafalkan bunyi dengan alat ucap yang meliputi latihan vocalisasi atau latihan pelafalan bunyi-bunyi vocal, dan latihan pembentukan bunyi-bunyi konsonan.

- Latihan pernapasan.

Latihan pernapasan yaitu latihan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas paru-paru agar dalam bernyanyi tidak mudah kehabisan nafas. Adapun latihan ini terdiri dari beberapa bagian diantaranya adalah;

a. Latihan pernapasan dada,

b. Latihan pernapasan bahu,

c. Latihan pernapasan diafraqma, dan 

d. Latihan frasering.

Frasering adalah aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar dalam bernyanyi agar pesan yang di maksud didlam lagu akan mudah dimengerti oleh pendengar. Frasering dalam bernyanyi disesuaikan dengan kaidah komunikasi yang berlaku.

B. Contoh Pertunjukan Musik Instrumental Barat.

Selain dari seni petunjukan musik vocal, musik juga dapat dipertunjukkan dengan hanya menggunakan instrument. Contoh pertunjukan musik barat instrumental diantaranya adalah pertunjukan musik Rasital, Ansambel, dan orkestra.

1. Musik Rasital.

Rasital atau deklamasi merupakan pertunjukan musik piano secara solo dengan membawakan lagu karya sendiri yang menggambarkan perjalanan proses kreatif sang pianis dimana musik yang dimainkan tersebut biasanya portopolio karyanya sendiri.

2. Musik Ansambel.

Ansambel adalah sajian kelompok musik yang digabungkan dengan instrumental baik instrumental yang sejenis atau campuran.

Ansambel musik yang memainkan alat gesek semuanya disebut sebagai ansambel gesek seperti pada alat musik violin, biola, cello dan contra bas.

Sedangkan ansambel campuran memainkan berbagia jenis alat musik mulai dari alat musik ritmis melodis hingga harmonis.

Berdasarkan dari instrumen yang digunakan, terdapat beberapa macam jenis ansambel musik seperti ansambel gesek, ansambel tiup, perkusi, petik dan ansambel campuran.

3. Musik Orkestra.

Orkestra dimaksudkan sebagai kelompok musisi yang memainkan alat musik bersama dengan jumlah pemain mulai dari 30-40 pemain bahkan hingga 100 pemain.

Dalam orkestra, jumlah 30-40 pemain disebut dengan orkestra kecil dan yang 100 orang disebut dengan orkestra besar atau disebut dengan symphony orchestra atau philharmonic orchestra.

4. Musik Band.

Band merupakan pertunjukan musik barat yang cukup populer sebab setiap negara didunia memiliki band populer di wilayah atau dinegaranya.

Band sering disamakan dengan grup musik atau ansambel musik dan dikarenakan kemajuan teknlogi di bidang akustik, maka alat musik pun mendapatkan sentuhan teknologi.\

Akhirnya, pertunjukan musik pun ltidak lagi membutuhkan instrumen yang banyak dan lama kelamaan instrumen dapat menghasilkan suara yang makin bervariasi dan cukup dimainkan dengan sedikit orang.

Maka grup musik band merupakan kumpulan dari musik yang terdiri atas dua atau lebih musisi yang memainkan alat musik ataupun bernyanyi. 

Setiap ragam jenis alat musik memiliki aturan main yang berbeda atas jumlah dan komposisi atas sebuah penampilan, begitu pula halnya dengan lagu-lagu atau musik yang dibawakan pada permainan ansambel tersebut.

Sampai disini mungkin kalian semua telah dapat memahami apa saja poin penting dari setiap penjelasan tentang jenis dan contoh pertunjukan musik barat diatas. 

Mungkin sampai disini dulu apa yang dapat kami sampaikan untuk teman-teman sekalian, semoga memberikan manfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini untuk membuat kami lebih bersemangat lagi dalam memberikan informasi yang bermanfaat. Terimakasih.