Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerajinan Limbah Bahan Lunak: Contoh, Tahapan Pelaksanaan, Evaluasi lengkap

Perancangan Kerajinan Limbah Bahan Lunak.

Salam sahabat ilmucerdasku sekalian dimanapun berada. Materi berikut akan mengurai tentang perancangan kerajinan bahan limbah lunak yang akan dijelaskan lengkap dengan contoh perancangannya.

Namun sebelum lanjud membaca, sekedar mengingatkan aja nih agar teman - teman semua senantiasa membiasakan membaca hingga tuntas biar nga' salah paham dan gagal paham terkait penjelasan tentang perancangan kerajinan bahan limbah lunak ini. Berikut uraiannya.

A. Persyaratan perancangan kerajinan bahan limbah lunak.

Produk kerajinan yang berkualitas, dibuat dengan memperhatikan beberapa proses atau tahapan dan persyaratan yang ada. Prinsip pembuatan kerajinan bahan limbah lunak tersebut diantaranya adalah:

1. Aspek Kegunaan (Utility).

Benda kerajinan yang dibuat harus mengutamakan nilai praktis, yaitu dapat digunakan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan. Contohnya mangkuk yang digunakan untuk wadah sayuran.

Jika masih kurang infonya silahkan ditambahkan dikolom komentar yang bair kami update lagi contoh lainnya terkait materi bahan lunak ini.

2. Aspek Kenyamanan (Comportable).

Benda kerajinan harus memberikan rasa nyaman dan juga memberikan rasa senang pada pemakainya. Adapon contohnya seperti cangkir minuman yang didesain memiliki pegangan.

3. Aspek Keluesan (fleksibilitas).

Benda kerajinan harus memiliki keserasian antara bentuk dan wujud benda kerajinan dengan nilai gunanya. Contohnya pada kerajinan sepatu sesuai dengan anatomi dan ukuran kaki penggunanya.

4.   Aspek Keamanan (safety).

Sebuah benda kerajinan dibuat tujuan agar tidak membahayakan penggunanya salah satu contohnya adalah piring dari serat batang kelapa harus mempertimbangkan komposisi zat pelapis/pewarna yang di gunakan agar tidak menimbulkan bahaya jika digunakan sebagai tempat makan.

5. Aspek keindahan (aesthetic).

Benda kerajinan dengan nilai estetik tentu memiliki daya tarik tersebdiri dong bagi penggunanya dibandingkan dengan kerajinan yang biasa-biasa saja.. iya kan.. ? keindahannya itu bisa kita lihat dari beberapa hal, seperti bentuk, warna, aksesoriesnya atau ornamen serta kualitas bahan yang digunakan.

B. Proses Perancangan kerajinan bahan limbah lunak.

Tentunya karya yang baik itupun dihasilkan dari proses yang baik pula, maka dari itulah proses perancangan suatu kerajinan harus mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

a. Menentukan bahan serta jenis kerajinan yang akan di kerjakan.

b. Mencari ide dari berbagai sumber.

c. Membuat beberapa jenis sketsa dari kerajinan yang hendak dibuat.

d. Menentukan karya mana yang terbaik dan menarik.

e. Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang butuhkan.

f. Mulai membuat karya kerajinan bahan limbah lunak tersebut.

g. Evaluasi karya kerajinan dan terakhir,

h. Merevisi karya kerajinan tersebut jika dibutuhkan.

Ketujuh poin tersebut diatas, dapat di perkecil menjadi 3 poin kecil dalam proses pelaksanaannya diantaranya yaitu,

1. Perencanaan.

Perencanaan meliputi identifikasi kebutuhan dan ide atau gagasan tentang kerajinan yang akan dibuat.

2. Pelaksanaan.

Pelaksanaan meliputi persiapan bahan, persiapan alat dan proses pembuatan kerajinan dan terkhir adalah

3. Evaluasi.

Melakukan evaluasi dengan cara melakukan uji coba pada karya kerajinan yang telah jadi atau yang telah dibuat.

C. Contoh perancangan karya kerajinan bunga kulit jagung dari bahan limbah organik.

1. Perencanaan.

a. Mengidentifikasi kebutuhan.

Kulit jagung dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengembangkan kreativitas dalam bidang wirausaha dan juga memiliki nilai ekonomis.

Jika tidak ada kulit jagung maka bisa di ganti dengan bahan limbah lunak organik lainnya seperti daun kering, jerami atau kulit kacang dan lainnya.

b. Menentukan Ide atau gagasan.

Menentukan perencanaan karya kerajinan dari bahan limbah lunak organik yang bisa di cari dari berbagai sumber seperti majalah, atau surat kabar, survei pasar langsung atau yang paling simple melalui internet.

2. Pelaksanaan.

a. Alat dan bahan.

Untuk tahap pelaksanaan diawali dengan menyiapkan bahan pembuatan kerajinan misalnya kulit jagung, pewarna makanan, lem tembak, ranting pohon, botol bekas, dan kertas kado. Selain itu siakan pula alat kerja seperti pulpen, penghapus, gunting, pisau cutter.

b. Proses pembuatan.

1. Didihkan air dan berikan zat pewarna seperti hijau daun dan kuning untuk kelopak bunga, kemudian rebus kulit jagung bersama zat pewarna hingga warnanya meresap selama beberapa menit lalu tiriskan dan jemur tanpa menggunakan sinar matahari langsung.

2. Setelah kering potonglah kulit jagung seperti gambar dibawah ini.

Kerajinan Limbah Bahan Lunak: Contoh, Tahapan Pelaksanaan, Evaluasi lengkap

3. Lipat Pola kelopak menjadi dua  seperti contoh gambar dibawah ini.

Kerajinan Limbah Bahan Lunak: Contoh, Tahapan Pelaksanaan, Evaluasi lengkap

4. Bagian depan kelopak dilengkungkan keluar dan di tekan-tekan seperti gambar berikut.

Kerajinan Limbah Bahan Lunak: Contoh, Tahapan Pelaksanaan, Evaluasi lengkap

5. Rangkailah kelopak bunga dari kulit jagung tersebut hingga menyerupai bunga sungguhan dengan menempelkannya satu persatu pada kelopak menggunakan lem tembak.

6. Beri hiasan pada pertengahan kelopak dengan sisa - sisa dari kulit jagung yang sudah di gulung menggunakan pulpen hingga menyerupai putik spiral seperti gambar di bawah ini.

Kerajinan Limbah Bahan Lunak: Contoh, Tahapan Pelaksanaan, Evaluasi lengkap

7. Lakukan terus menerus hingga tercipta beberapa kuntum bunga seperti gambar nomer 6 diatas.

8. Tempelkan daun dan kelopak bunga yang telah jadi pada ranting yang telah disediakan hingga hasilnya seperti pada gambar dibawah ini.

Kerajinan Limbah Bahan Lunak: Contoh, Tahapan Pelaksanaan, Evaluasi lengkap

9. Langkah terakhir yaitu dengan membungkus botol atau wadah lain yang digunakan sebagai dudukan bunga menggunakan kertas kado atau boleh juga menggunakan bahan lain sesuai dengan kreatifitas masing-masing untuk memperindah tampilan dari karya kerajinan yang telah dibuat.

Sumber Gambar: //becreativeina.bloqspot.com.

c. Tahap Evaluasi Kerajinan limbah bahan lunak.

Langkah terkahir dari segala aktifitas ini yaitu evaluasi yang dilakukan dengan cara menguji karya dengan menilai apakah karyamu bagus dan layak atau tidak dan selain itu juga perlu pula memperhatikan keselamatan kerja dalam melakukan aktifitas ini.

Nah.. sampai disini mungkin teman-teman semua tentunya sudah bisa membayangkan bagaimana cara membuat kerajinan limbah bahan lunak ini tentunya. 

Jadi.. mungkin cukup sampai disini dulu apa yang bisa kami sampaikan dan jelaskan tentang kerajinan limbah bahan lunak ini semoga bisa memberikan manfaat dan terimakasih. Salam ilmucerdasku.