Jenis - Jenis Alat dan Bahan Seni Lukis

Jenis - Jenis Alat dan Bahan Seni Lukis. 

Penjelasan.

Media karya seni rupa atau seni lukis dua dimensi meliputi beragam jenis alat, bahan, dan media yang digunakan sesuai dengan jenis dan gaya dari karya yang dibuat atau yang diinginkan. Media tersebut sangat beragam sesuai dengan teknik yang digunakan. Adapun perlengkapan atau alat-alat tersebut meliputi sebagai berikut:
  • Pastel dan Krayon,
  • Cat (pewarna),
  • Kuas,
  • Pisau Palet,
  • Palet, dan 
  • Kanvas

1. Pastel dan Krayon.

Secara fisik, kedua jenis alat ini hampir sama bentuknya, sehingga kalian sering kali keliru ketika hendak membelinya namun sifat dan bahannya tidak sama. Mengapa demikian?

Crayon Oil Pastel terbuat dari pasta minyak yagn dicampur dengan pewarna. Crayon jenis ini memiliki sifat yang lembut, mudah bercampur ( baik digunakan untuk proses mixing), namun sangat mudah habis dan ,meninggalkan remahan (kotoran). 

Krayon jenis Wax terbuat dari lilin yang dicampur dengan serbuk berwarna dimana krayon jenis ini memiliki sifat yang keras, tidak mudah habis, dan tidak banyak meninggalkan kotoran, namun kurang baik untuk proses mixing dan gradasi.

Pastel (Oil Pastel) bisanya terbuat dari lilin (wax) dan minyak (oil). Pastel sering dihubungkan dengan warna-warna yang lebut, sedangkan crayon terbuat dari bahan kaolin dengan tepung warna sehingga terlihat lebih mengkilap dan keras, Sehingga krayon lebih banyak mengandung lilin dan warna yang dihasilkan krayon cenderung mengkilap dan sedikit berminyak.

Krayon menjadi sa;ah satu pilihan untuk menggambar sebab sifatnya yang padat dan tidak mudah menyerpih, sehingga tidak mengotori tangan dan baju ketika sedang menggambar.

2. Cat ( Pewarna ).

Bahan pewarna ini dibedakan berdasarkan jenis basis pengencernya yaitu :
  • Cat Air ( berbasis air),
  • Cat Minyak (berbasis minyak), dan
  • Cat Akrilik.

a. Cat Air.

Jenis - Jenis Alat dan Bahan Seni Lukis
Jenis - Jenis Alat dan Bahan Seni Lukis 
Cat air jenisnya ada dua macam yaitu, water colour yang bersifat transparan dan poster colour yang bersifat plakat. Bahan utama cat air berupa pigmen halus atau serbuk warna (dye) yang dicampur dengan gum arabic sebagai bahan baku, serta gliserin atau madu untuk menambah kekentalan dan daya rekat pigmen warna ke permukaan bidang gambar.

b. Car Minyak.

Cat minyak terbuat dari partikel-pertikel pigmen warna yang di suspensi dengan media minyak. Berbeda dengan cat akrilik yang mudah atau cepat mengering, namun cat minyak membutuhkan waktu untuk pengeringan. Cat minyak ini memberikan efek cerah serta memberikan tekstur yang sangat bagus meski juga terdapat sedikit kelemahan yang terdapat pada baunya yang sangat menyengat.

c. Cat Akrilik.

Cat Akrilik terbuat dari plastik berbasis polietilen yang akan mengeras ketika kering. Berbagia macam pigmen kemudian ditambahkan dalam emulsi akrilik untuk mendapatkan berbagia macam warna cat yang berbeda. 

Singakatnya, cat akrilik sebenarnya adalah cat plastik yang tersedia dalam bentuk pasta dan dikemas dalam bentuk tube. Berbagia mcam zat aditif umum ditambahkan kecat akrilik sehingga diperoleh berbagai jenis cat dengan sifat yang berbeda-beda. Sebagian zat aditif membuat cat lebih tebal, tipis, atau kering lebih lambat. Hal ini sangat berguna sebab cat akrilik cenderung kering dengan cepat.

Setelah kering, cat akrilik sulit dihapus kecuali dengan kenggunakan larutan alkohol khusus. Zat aditif tertentu mengubah cara cat terlihat. Cat ini juga dapat dicampurkan dengan air hingga maksimum 30% agar tidak mengurangi kualitasnya. Mencampurkan cat akrilik dengan air akan membuat tampilan cat warna cat nampak lebih lembut dan transparan. Karena sifatnya yang mengering dengan cepat, pastikan mengaplikasikan cat akrilik secepat mungkin sebab setelah cat mengering maka cat akan sulit untuk dihapus atau dimodifikasi.

3. Kuas Lukis

Kuas merupakan salah satu alat utama yang digunakan untuk mengecat kemedia lukis. Jenis dan bentuk dari kuas itu sendiri sangat beragam dan bervariasi dan pilihan dari kuas tersebut tergantung dari goresan yang bagaimana yang hendak atau akan kita gunakan. Jenis kuas yang pipih dan memiliki ujung kuas yang lurus datar digunakan untuk bahan cat minyak, sedangkan kuas dengan bulu yang berbentuk bulat dengan ujung yang runcing digunakan untuk bahan cat air.

4. Pisau Palet Lukis.

Pisau palet terbuat dari aluminium yang tipis dengan fungsi untuk mencampur cat seperti layaknya kuas juga untuk membuat efek-efek goresan pada media lukis. Bentuknya dan ukurannya tersedia dengan bebagai macam jenis, bentuk dan ukuran seperti ada yang runcing, lebar dan juga bulat.

5. Palet Lukis.

Palet adalah media yang digunakan sebagai media untuk mencampur cat dan juga tersedia dengan berbagia macam jenis dan ukuran. Untuk media seperti cat air, palet yang digunakan ialah yang memiliki lengkungan untuk penampungan air, sedangkan bentuk palet untuk cat minyak berbentuk datar dan memiliki lubang untuk pegangan.

6. Kanvas Lukisan.

Kancas merupakan media atau bahan yang bersifat umum digunakan sebagai media dalam melukis, kanvas menggunakan bahan dasar linen atau bahan katun.

Demikian penjelasan singakat tentang bahan dan alat yang digunakan dalam melukis diatas, semoga bermanfaat.
Sumber : Sini Budaya-KEMENDIKBUD-RI_Jakarta,2018
Kontributor Naskah : Milasari dkk.
Pe-Review : Defrizal
Penerbit : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud 

0 Response to "Jenis - Jenis Alat dan Bahan Seni Lukis "

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel