Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Identifikasi Potensi Kerajinan Untuk Pasar Global

Menjawab Potensi Kerajinan Untuk Pasar Global.

Pada era globalisasi saat ini, pasar kerajinan telah berkembang dan menjadi semakin kompetitif. maka dari itu, pengoptimalan potensi kerajinan di dalam pasar global adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Hal tersebut perlu dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat dan memperluas pasar bisnis. Maka dari itu pada materi ini kami akan mencoba menjelaskan dan mengidentifitkasi potensi kerajinan dan potensinya di pasar global.

Identifikasi Potensi Kerajinan Untuk Pasar Global
Potensi Kerajinan Batik Untuk Pasar Global

Apa itu Potensi ?

Potensi adalah kemampuan atau kapasitas sesuatu hal yang dapat mencapai suatu hasil tertentu. Dalam hal individu, potensi mengacu pada bakat atau kemampuan serta minat.

Potensi dalam hal suatu usaha dapat mengacu pada kemampuan untuk menghasilkan laba, memperluas jangkauan pasar, atau memngembangkan serta menciptakan inovasi yang baru.

Potensi juga bisa mengacu pada sumber daya alam, teknologi, atau ekonomi yang dapat digunakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Apa Itu Kerajinan ?

Kerajinan adalah aktiftas membuat suatu produk atau barang baik menggunakan proses secara manual atau dengan cara mekanis.

Ini termasuk juga dalam berbagai jenis produk seperti kerajinan tangan, kerajinan tekstil, kerajinan desain dan kerajinan tradisional.

Pada umumnya, kerajinan banyak menggunakan teknik tradisional serta material lokal dan dapat menjadi sumber pendapatan bagi individu dan masyarakat.

Karajinan juga dapat menjadi bagian dari budaya dan warisan suatu daerah yang dapat berkontribusi dalam perekonomian atau pasar global.

Apa itu Potensi Kerajinan ?

Dari penjelasan singkat diatas bisa disimpulkan secara singkat bahwa potensi kerajinan adalah bakat atau kapasitas suatu produk yang dapat dijadikan sebagia ujung tombak dalam memenuhi tuntutan pasar global yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

Apa itu Pasar Global ?

Pasar global adalah wadah bisnis transaksi perdagangan yang melampaui batas geografis dan ekonomi suatu negara, dan melibatkan berbagai negara.

Ini mencakup seluruh dunia dna memungkinkan barang dan jasa untuk di tawarkan dan dibeli oleh para pelaku ekonomi dari berbagai negara.

Pasar global memungkinkan tingkat persaingan yang tinggi dan memberikan peluang bisnis yang lebih besar bagi pengusaha dan individu untuk mengembangkan usahanya.

Lalu apa saja potensi kerajinan yang dapat digunakan di dalam pasar global ?

Berikut ini 10 jenis potensi kerajinan untuk pasar global yang kami rangkum untuk menjawab pertanyaan anda.

1. Potensi kerajinan Batik.

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah mendunia. Dari sini, kita dapat mengembangkan suatu ide yakni berupa pengembangan desain batik yang lebih inovatif dengan menggunakan teknologi digital saat ini agar dapat mempercepat proses produksi.

2. Potensi Kerajinan Keramik.

Potensi kerajinan keramik untuk pasar global juga sangat terbilang tinggi sebab kermik merupakan produk utama dalam proses pembangunan properti di seluruh dunia. 

Dengan mendesain keramik secara unik serta memiliki nilai estetik dan dipadukan dengan potensi teknologi digital untuk memperluas jangkauan pasar maka potensi keberhasilannya akan jauh lebih baik.

3. Kerajinann  Perak.

Kerajinan perak juga memiliki potensi yang besar dalam pasar global sebab preak merupakan salah satu produk mewah dan elegan di mata dunia.

Ide pengembang produk kerajinan perak untuk pasar global ini dapat dilakukan dengan cara menciptakan kerajinan perak yang lebih bervariasi, unik dan estetik serta memiliki nilai gunak yang tinggi termasuk meningkatkan nilai efesiensinya.

4. Potensi Kerajinan Rotan.

Rotan merupakan sumber daya alam indonesia yang sangat mudah didapatkan dan dijumpai di berbagai wilayah di Indonesia.

Rotan juga memiliki potensi yang tinggi di pasar global. Rotan merupakan salah satu produk yang ramah lingkungan serta memiliki nilai estetik dan artisitik. Rotan dapat dikembangkan menjadi berbagai jenis kerajinan seperti kursi rotan, meja rotan dan lainnya.

Rotan juga memiliki daya usia yang panjang  sehingga berpotensi untuk bersaing di pasar global mengingat rotan hanya tumbuh di daerah tropis sepreti di Indonesia.

Melalui perpaduan kerajinan rotan yang estetik dan unik serta teknologi digital saat ini maka akan dapat menjangkau pasar yang luas di seluruh dunia.

5. Kerajinan Tembikar.

Tembikar juga merupakan salah satu kerajinan yang memiliki potensi yang bagus di dalam pasar global sebab tembikar merupakan salah satu produk multi guna yang banyak di gunakan di seluruh dunia.

Potensi untuk mengembangkan ide kerajinan tembikar didalam pasar global dapat dilakukan dengan cara membuat inovasi kerajinan tembikar yang memiliki fungsi pakai dan fungsi hias yang lebih inovatif dan estetik yang kemudian di padukan dengan internet yang menjangkau pasar di seluruh dunia.

Baik dengan cara membuat website, toko online, atau memanfatkan platform iklan yang bertaburan di internet sebagai media pemasaran.

Selain dari kelima kerajinan tersebut tersebut masih ada beberapa keajinan lain,  seperti potensi pasar global dari ;

- kerajinan aksesoris, 

- kerajinan bambu, 

- kerajinan kulit, 

- kerajinan Kayu, dan

- Kerajinan barang bekas seperti plastik bekas, ban bekas dan lainnya.

Penutup. 

Pada umumnya, setiap produk kerajinan memiliki potensi di pasar global dunia selam kita mampu kreativitas dan kemampuan pemasaran yang mumpuni serta didukung sepenuhnya oleh pemerintah terutama dalam hal bantuan material untuk lebih mengembagkan setiap potensi sember daya alam, sumbe daya manusia, dan budaya yang dimiliki.

Oleh karena itu, dibutuhkan usaha yang keras dan tekat yang kuat dalam hal mengembagkan potensi yang ada dan harus mendapat dukungan penuh dari pemerintah agar tujuan dapat tercapai.

Mungkin cukup sekian apa yang bisa kami sampaikan semoga memberikan jawaban dan manfaat bagi anda sekalain, salam dari kami tim ilmucerdasku.com dan jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman – teman lainnya untuk membantu kami mengembangkan potensi kami dan terimakasih.