Cara memasarkan produk di fb: Tips laris jualan online 2022 - ilmucerdasku
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memasarkan produk di fb: Tips laris jualan online 2022

Cara Memasarkan Produk di Facebook

Ok teman - teman sekalian, kali ini akan saya share tentang gimana caranya biar laris jualan di facebook atau clousing banyak di facebook.

Karena dari itu, kali ini special buat kalian saya bikinin tipsnya. nah.. teman-teman sekarang kita bicara bagaimana caranya bisa laris jualan di facebook.

Tapi sebelumnya ini itu di buat untuk yang pemula banget ya teman-teman mengingat untuk kali pertama tentunya kalian bingung harus mulai dari mana atau apa yang harus dilakukan apa dulu.

Ok teman-teman yang pertama harus punya terlebih dahulu yaitu media sosial seperti WA, Facebook tapi yang kelas bisnis ya.

Cara memasarkan produk di fb: Tips laris jualan online 2022

1. Buat dan Daftar Media Sosial.

Dan berikut ini langkah - langkahnya ya teman-teman biar gampang dan jangan loncat-loncat bacanya biar paham dan bisa laris jualannya di online.

a. Facebook Fanspage.

Jadi yang pertama teman-teman ya yaitu buat akun facebook lalu buat juga facebook fanspage dan kalau kalau kalian udah punya facebooknya silahkan buat fanspagenya. Banyak banget keutungan yang bisa didapatkan dari facebook fanspage ini teman-teman.

Misalnya kalian bisa mendapatkan banyak follower dan bisa menjangkau banyak audiens lebih dari 5000 orang.

Berbeda dengan facebook pribadi yang jumlah pertemannnya itu di batasi ya teman-teman. Selain itu.. fanspage juga di gunakan sama tokoh - tokoh ternama seperti artis, bran terkenal atau toko-toko laris hingga orang-orang pemerintahan.

Itulah kenapa facebook fanspage ini sangat saya rekomendasikan banget ke kalian semua.

b. Perbanyak teman FB yang seminat.

Jadi selanjudnya teman-teman yang perlu lakukan yaitu memperbanyak teman yang punya minat yang sama dengan kalian. 

Misalnya nih.. kalau kalian mau jualan online dengan produk tas, atau sepatu atau sesuai dengan hobi kalian, maka carilah mereka yang hbinya jualan produk tersebut di facebook.

Caranya gimana ? nah caranya itu silahkan kalian cari dan buka fanspagenya orang-orang yang punya all shop yang jualan produk yang sama dengan kalian, tapi yang ramai ya teman-teman jangan yang masih sepi.

Lihat kolom komentarnya apakah banyak yang nawar atau nanya - nanya soal harga atau tidak dan jika banyak yang komen maka orang - orang yang komen tersebut adalah targetnya.

Silahkan kalian add orang-orang itu untuk berteman dengan kalian dan dari sanalah kalian akan mendapatkan sumber pembeli yang akan membuat jualan kaku laris.

Kenapa? itu karena secara tidak langsung mereka juga pasti akan melihat postingan all shop kalian jika kamu udah mulai posting.

c. Tingkatkan Interaksi.

Nah teman- teman.. kita di FB perlu berinteraksi di facebook gitu lo, kita nga bisa hidup sendiri keculai kalau kalian adalah artis atau punya brand terama ya sudah pasti akan banyak yang liat, like dan komentar bahkan di share.

Tapi untuk pemula, itu akan sulit banget kalau kalian share jualan di facebook tapi kurang berinteraksi atau bersilaturrahmi ke facebooknya orang lain.

Caranya mudah saja, masuk aja ke status mereka dan beri komentar, atau like status mereka biar ada feedback ke kalian. 

Dari sana kalau kalian sering komen, like atau nge-share status mereka maka pasti mereka lama-lama akan kepo misalnya " ini siapa ya suka like and share status saya di FB?".

Nah dari sana tentu mereka pasti akan buka facebook kalian dan mulai like atau komentar di facebook kalian dan itu akan membuat produk dalam bentuk status yang kalian upload itu akan ke up terus ke atas karena rame.

Terlebih lagi kalau yang kalian upload itu adalah produk yang berupa hobi mereka sudah pastilah mereka akan antusias dan bisa jadi mereka juga akan mempromosikan atau merekomendasikan produk kalian ke teman-teman mereka yang lainnya teman-teman.

d. Jangan monoton upload jualan terus.

Kalau tiap harinya kalain cuma upload jualaaaaannnn.. melulu, orang itu pasti bisa saja bosan teman-teman. 

Orang lain juga tentunya butuh hiburan, butuh inspirasi gitu loh, mereka juga pastinya bisa bosan kalau misalnya berteman sama orang yang kerjanya cuma jualan melulu.

Jadi disini saya saranin agar teman-teman sesekali upload tips - tips atau kata-kata motivasi, atau kalimat - kalimat lucu jadi mereka itu tidak bosan berteman ama kamu.

Bahkan akan jauh lebih bagus lagi kalau kalian jualan produk didalamnya itu disisipin kata - kata lucu atau kata - kata inspirasi biar orang - orang yang liat juga berminat untuk nge like atau berkomentar di dalam situ.

e. Rutin upload tapi jangan Nge-Spam.

Teman- teman harus tau perbedaan upload rutin dengan nge-spam teman-teman. Kalau rutin tenunta tiap hari kan tapi kalau nge-spam lain lagi ceritanya.

Nge spam itu nga tiap hari upload tapi sekali upload langsung 100 produk, atau 200 produk yang di upload. Kalian yakin nga' kalau itu semua bakalan di baca?

Jadi.. kalau memang produk kalian mau jual itu memang banyak banget, maka harus kalian buatkan jadwal upload. Misalnya pagi 10 produk, siangnya 10 produk, sore 10 produk dan malammnya 10 produk.

Kalau belum habis hari ini ya tunggu besok aja biar pelanggang kalian atau teman-teman kalian di FB nga bosan atau nge kip kalian gara-gara nge-spam di FB.

Tapi jangan lupa juga ya di kasi kata-kata yang menarik tapi jangan kepanjangan kaya' baca koran ya teman - teman ya.. he' e.. nanti dikiranya ini mau jualan produk atau mau jualan kata-kata.

Jadi deskripsinya itu cukup di cantumkan harganya berapa, produknya apa, ukurannya berapa seperti saisnya tinggi dan lebarnya berapa, warna yang siap apa, barang yang readi apa, bahannya dari apa plus kata-kata pemanis di belakangnya.

f. Lakukan Promo.

Tips selanjudnya yaitu promo produk ya teman-teman yang di bagi menjadi dua jenis promo yaitu promo gratis dan promo berbayar.

Untuk promo gratisnya itu kalian bisa masuk ke grup - grup lapak gratisan seperti forum jual beli yang masih banyak tersedia di FB dan bisa kalian manfaatkan.

Jadi silahkan cari - cari forum - forum jual beli lapak yang ada di kota kalian masing-masing untuk menjangkau audiens yang lebih banyak lagi.

Dan untuk promo yang berbeyar sendiri kalian bisa menggunakan FBS teman- teman ya dan jauh lebih bisa menjangkau banyak teman-teman lagi.

g. Buka Toko.

Buka toko disini maksudnya buka sewa bangunan atau bangun toko sendiri ya teman-teman tatapi bikin tokonya itu di marketpleace atau membuat web gratis.

Misalnya buka marketpleacenya itu di shopee.co.id, tokopedia.com, bukalapak.com, bli-bli.com dan lainnya supaya audiens kalian bisa lebih percaya lagi sama onlineshoop kalian.

Atau mungkin juga kalian punya keahlian di untuk membuat website, soalya sekaran gkan banyak banget nih online shop di media sosial yang bersifat penipuan yang abis di transfer tapi barangnya nga kunjung datang dan nomer kalian di blokir.

Kalau kalian ingin membuat website teman- teman saya rekomendasikan untuk menggunakan layanan hosting yang bagus dan terpercaya salah satunya itu niagahoster.co.id.

2. Tentukan Ide Produk.

Jadi kalau soal produk saya saranin kalian untuk mencari produk yang benar-banar bestseller ya teman-teman, misalnya baju mulai dari baju anak - anak, remaja atau orang dewasa.

Produk lainnya seperti sepatu dan tas yang memang saat ini sedang tren di tahun 2022. Jadi kalau kalau kalian misalnya ingin jualan baju?

Maka saya saranin agar kalian konsisten dengan satu produk tersebut. Tujuannya yaitu untuk membentuk image produk yang terdpat dididalam diri kalian.

Jadi jangan biasakan misalnya hari ini ngapload tas, besok upload baju dan lusa upload sepatu karena itu akan membuat audiens kalian itu bertanya " nih orang sebenarnya jualan apa ya.. bikin pening aja".

Teman - teman itu kan masih pemula jadi nanti akan ada masanya ya teman-teman, tapi untuk kalian yang pemula aku saranin mendingan kalian konsisten dulu biar orang tau dulu besiknya kamu itu di produk apa gitu lo.

3. Cari Supplier Tangan Pertama.

Ini wajib banget ya teman-teman karena akan banyak banget keuntungannya terutama dari segi harga kalian akan bisa dapat harga yang jauh lebih murah.

Lain cerita kalau kalian dapat barangnya itu dari tangan kedua karena mereka pasti sudah cari untung dulaun.

Tapi kalau kalian belinya itu langsung dari pabriknya tentunya harga yang kalian dapat udah murah, stockya banyak banget, produknya juga lengkap, jadi kalian itu bisa lebih pecaya diri kalau mau jualan.

Mislanya nih.. kalian ambil produknya dari tangan pertama atau produsennya, dari harga misalnya 20 ribuan dan itu murah banget lalu kalian jual misanya 30 ribu hingga 40 ribu per produk maka kalian pasti akan bisa bersaing dengan onlineshoop lainnya karena harga yang kalian pasang tuh murah - murah.

Selain itu, stock di pabriknya itu kan banyak banget kan jadi kalau ada yang order tentunya kalian lebih bisa pede karena tidak takut kehabisan barang dan membuat kalian kehilangan kepercayaan dan kehilangan pelanggang.

4. Jangan Stock Produk.

Jadi teman - teman jangan stock produk dulu ya karena sekarang ini sebagai pemula kalian itu masih dalam proses pencarian jati diri dalam diri kalian teman-teman.

Misalnya baru mulai kalian sudah beli produknya banyak banget dan akhirnya nga laku kan bisa mubazir gitu lo. Nah.. untuk yang satu ini kalian bisa manfaatkan sembari belajar di dropship dan preorder.

Kalau kalian belum tau apa itu preorder atau dropship, kalian searching aja di google dan pelajari caranya, Banyak banget kok contohnya.

5. Pasang Harga yang Bersaing.

Ini sangat saya sarankan teman-teman ya.. jadi untuk kalian yang pemula saya saranin mending kalian untung dikit tapi yang beli itu banyak dari pada untungnya banyak atau nga ada yang beli sama sekali.

Jadi caranya itu kalian liat dulu harga - harga yang ada pada kompetitor atau saingan kalian dalam produk yang sama dan mereka mematk harga 50 ribu maka kalian harus berani kasi harga di bawahnya saja meski untungnya dikit.

Nah itu tadi ya teman- teman 5 tips bisnis online dari aku buat kalian yan gmasih pemula ya jadi ini benar-benar untuk kalian khusus yang pemula ya semoga bermanfaat dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara memasarkan produk di fb: Tips laris jualan online 2022"