Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seni Rupa - pengertian, unsur serta fungsi seni rupa - ilmucerdasku.com

Jelaskan pengertian, unsur serta fungsi seni rupa. 

Salam sahabat pendidikan sekalian dimanapun berada. Pada kesempatan kali ini, kita akan coba menguraikan materi tentang pengertian, unsur, serta fungsi seni rupa. 

Namun sebelum kita membahas lebih jauh, Kami sekedar mengingatkan agar senantiasa membaca hingga tuntas agar  Tidak salah paham dan gagal paham dalam memaknai setiap penjelasan yang diberikan. 

Untuk lebih jelasnya Mari kita sama-sama membaca uraian singkat berikut ini. 

Kesenian adalah segala sesuatu ciptaan manusia untuk memenuhi atau untuk menunjukkan rasa keindahan. 

Sedangkan menurut Alexander Alland bahwa kesenian adalah bermain dengan menghasilkan bentuk transformasi representative yang estetik.

1. Pengertian seni rupa. 

Seni rupa adalah suatu cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. 

Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk,volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika. 

Seni rupa dilihat dari segi fungsinya dibedakan menjadi dua yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. 

Proses penciptaan seni rupa murni lebih menitikberatkan pada ekspresi jiwa Semata contohnya pada lukisan, sedangkan seni rupa terapan proses pembuatannya memiliki tujuan dan fungsi tertentu soalnya seni kriya. 

Sedangkan, jika ditinjau dari segi wujud dan bentuknya, seni rupa terbagi dua yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa tiga dimensi yang memiliki panjang lebar serta ruang. 

Secara kasar seni rupa dalam bahasa Inggris disebut juga dengan fine art. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah tersebut menjadi lebih spesifik kepada pengertian seni rupa murni untuk kemudian mengembangkannya dengan desain dan kriya ke dalam bahasan visual art. 

Pengertian lain dari seni rupa adalah cabang seni yang menghasilkan karya seni dimana bentuk dan kualitasnya dapat dirasakan oleh indra manusia, penglihatan serta indra peraba.

Ada juga yang mengatakan pengertian seni rupa adalah cabang dari kesenian yang menghasilkan suatu karya yang dapat dinikmati oleh masyarakat secara umum karena memiliki bentuk dan wujud nyata serta dapat dilihat.

pengertian, unsur serta fungsi seni rupa
Pengertian, unsur serta fungsi seni rupa

2. unsur - unsur seni rupa. 

Adapun unsur-unsur seni rupa diantaranya adalah sebagai berikut. 

a. Unsur titik. 

Titik adalah unsur terkecil yang merupakan dasar dari semua ide seni oleh seorang seniman sebelum membuat karya seninya.

b. Unsur garis. 

Unsur Garis adalah unsur yang menggabungkan semua titik-titik menjadi suatu bentuk tertentu. Garis tersebut akan membentuk ciri khas dan watak suatu karya seni baik itu karya seni yang kaku, lentur, keras dan lainnya. 

c. Unsur Bidang. 

Unsur adalah hasil pengembangan dan penggabungan dari banyak garis sehingga menghasilkan beberapa sisi dalam suatu karya seni.

d. Unsur Bentuk. 

Unsur bentuk adalah unsur yang membuat suatu karya seni menjadi lebih bermakna dan hidup dengan segala detail serta sentuhan yang membuatnya lebih indah. 

e. Unsur Ruang. 

Unsur ruang adalah yang memiliki sifat nyata dan tergantung pada dimensi nya baik itu dua dimensi atau tiga dimensi. 

f. Unsur Tekstur

Unsur tekstur adalah merupakan sifat yang terdapat pada suatu karya seni di mana di dalam seni rupa tekstur terdiri dari dua jenis yaitu tekstur semu dan tekstur nyata. 

g. Unsur Warna. 

Unsur warna adalah merupakan unsur yang sangat penting pada suatu karya seni. Itu dikarenakan warna dapat membuat suatu karya seni menjadi lebih indah dan lebih estetik. 

h. Unsur gelap dan terang. 

Unsur gelap terang dalam seni rupa adalah unsur yang membuat suatu karya seni nampak lebih nyata sebab berhubungan dengan detail suatu objek dalam karya seni rupa.

3. Fungsi seni rupa. 

Telah dijelaskan sebelumnya seni rupa jika dilihat dari segi fungsinya dibedakan menjadi dua yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. 

Fungsi seni rupa selain itu didasarkan pula pada tujuan penggunaannya, tempat, serta bentuk dari seni rupa tersebut. 

Secara umum fungsi seni rupa adalah terdiri dari dua fungsi diantaranya sebagai berikut. 

a. Fungsi individu. 

Fungsi individu adalah bentuk dari kebutuhan hidup atau kepuasan individu, khusus bagi seorang seniman seni rupa. 

Di dalam batin terdapat kepuasan tersendiri jam berapakah oleh seorang seniman ketika dapat mengekspresikan dirinya melalui karya seni yang mereka ciptakan. 

b. Fungsi sosial. 

Fungsi sosial dalam seni rupa adalah Kepuasan batin yang juga dirasakan oleh masyarakat para pencinta seni dari suatu seni rupa yang mereka lihat dan rasakan melalui Indra peraba. 

Hal tersebut menyebabkan banyak orang yang berminat membeli suatu karya seni yang menurut mereka layak untuk dibeli harga mahal. 

Selain dari kedua fungsi tersebut juga terdapat fungsi lainnya yang diantaranya adalah sebagai berikut.

4. Fungsi lain seni rupa.

a. Fungsi lain dari seni rupa adalah sebagai sarana pemenuhan kebutuhan emosional individu perupa yang dituangkan dalam bentuk ekspresi diri demi kepuasan batin yang berwujud karya seni rupa. 

b. Sebagai sarana peribadatan atau media untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta. 

c. Sebagai sarana komunikasi di dalam suatu kelompok masyarakat.

d. Memberikan edukasi kepada masyarakat baik secara tersirat maupun secara tersurat, serta sebagai media untuk mengenal dan melestarikan budaya bangsa

Sampai disini mungkin kita semua sudah bisa mengerti dan memahami apa saja unsur, fungsi serta pengertian dari seni rupa setelah membaca uraian singkat diatas. Cukup sekian dari kami di ilmucerdasku.com, semoga bermanfaat dan terimakasih. 

Sumber: maxmanroe.com/id.wikipedia.org/serupa.id.