ilmucerdasku.com | Milenial ? Disini Aja

Tas sepatu, wayang, dompet, jaket merupakan contoh hasil kerajinan

Salam sahabat ilmucerdasku dimanapun berada. berdasarkan judul utama diatas maka kita akan coba memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut beserta penjelasannya yang semoga dapat memberikan jawaban yang tepat dan benar untuk anda dan berikut uraiannya.

Tas sepatu, wayang, dompet, jaket merupakan contoh hasil kerajinan dari apa?

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah bahwa tas sepatu, wayang, dompet, dan jaket merupakan contoh hasil kerajinan dari bahan lunak yang bahan utamanya bersumber dari kulit.

Itulah jawaban yang bisa kami berikan dan dibawah ini beberapa penjelasan singkat tentang contoh kerajinan dari bahan lunak kulit.

Tapi sebelum lanjut, biasakanlah untuk membaca hingga tuntas agal tidak gagal paham dan salah paham dan untuk lebih jelasnya mari kita menyimak uraian singkat berikut ini.

Kerajinan tas sepatu, wayang, dompet, jaket dari bahan lunak kulit.

Kerajinan kulit menggunakan bahan baku dari kulit yang sudah di samak, kulit mentah atau kulit sintetis yang dihasilkan dari hewan seperti sapi, kambing, kuda, lembu, dan buaya dapat dijadikan sebagai bahan utama dalam membuat kerajinan dari kulit.

Kulit merupakan salah satu contoh dari bahan lunak alami yang sumbernya dari hewan seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya.

contoh hasil kerajinan kulit adalah tas sepatu, wayang, dompet, jaket

Perlu diketahui pula bahwa yang dimaksud dengan bahan lunak alami adalah bahan lunak yang di peroleh atau bersumber dari alam sekitar dan teknik pengolahannya juga secara alami dengan kata lain tidak dicampur atau dikombinasi dengan bahan buatan.

Sedangkan bahan lunak buatan adalah bahan untuk karya kerajinan yang sengaja diolah menjadi lunak dan juga dapat digunakan untuk berbagai macam jenis produk kerajinan dari bahan lunak buatan.

Contoh dari bahan lunak buatan yang bisa dijadikan produk kerajinan bahan lunak diantaranya adalah bubur kertas, gips, fiberglass, lilin, sabun, spons dan lainnya.

Terdapat banyak jenis produk kerajinan dari bahan lunak yang tidak hanya terbuat dari kulit saja melainkan juga terdapat beberapa kerajinan yang terbuat dari bahan lunak serat alam dan tanah liat yang semua itu merupakan bahan lunak yang bersifat alami.

Kerajinan tanah liat.

Kerajinan dari tanah liat sering dikenal dengan kerajinan keramik, yaitu karya kerajinan yang menggunakan bahan baku tanah liat yang melalui proses butsir, glasir, dipijit, pilin dan pembakaran.

Dengan proses tersebut maka tanah liat akan dapat menjadi suatu produk kerajinan yang memiliki fungsi pakai dan fungsi hias yang indah seperti gerabah, vas bunga, guci dan piring.

Di negara kita Indonesia, terdapat berbagai macam kerajinan keramik dari berbagai daerah yang memiliki ciri khas tersendiri, baik dari segi bentuk, teknik, hingga hias yang ditampilkan.

Kekayaan hayati di Indonesia telah menjadi sumber inspirasi dari keunikan, keindahan, bentuk kerajinan keramik yang menjadi keramik nusantara yang memiliki karakteristik tersendiri dan berbeda dengan keramik cina, jepang, dan negara lainnya.

Kerajinan serat alam.

Bahan serat yang bersumber dari alam yang menjadi bahan pokok untuk proses pembuatan kerajinan bahan lunak bisa menghasilkan kerajinan tangan.

Kerajinan tangan yang dihasilkan juga cukup beraneka ragam, seperti kerajinan tas anyam, dompet, topi, alas meja, atau tempat lampu.

Dalam proses pembuatannya menggunakan teknik yang mayoritas pengerajin yang membuatnya menggunakan teknik anyaman dan juga di tambah dengan karaktiristik di wilayah tempat kerajinan tersebut dibuat, semakin menambah nilai estetik dan keindahan dari produk kerajinan bahan lunak yang dibuat.

Nah.. sampai disini mungkin kita sudah bisa memahami dan mengerti tentang materi tas sepatu, wayang, dompet, jaket yang merupakan contoh hasil dari kerajinan bahan lunak kulit tersebut diatas.

Semoga penjelasan singkat ini bisa memberikan jawaban yang tepat untuk anda dan terimakaskih.

Tas sepatu, wayang, dompet, jaket merupakan contoh hasil kerajinan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Akbar Pagala

0 comments: