Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan Jenis Produk Rekayasa Elektronika Kendali Otomatis

Manfaat dan Jenis Produk Elektronika Kendali Otomatis


Apa itu kendali otomatis? Apa saja jenis produk elektronika kendali otomatis? Sahabat pendidikan dimanapun berada. Produk elektronika dengan sistem kendali otomatis dapat dimaknai sebagia sesuatu yang bekerja sesuai dengan keinginan penggunanya. Produk otomatis ini sudah banyak kita jumpai di pasaran, baik yang sederhana hingga yang kompleks.

Contoh sederhana produk ini seperti "ricecooker" (penanak nasi). Penanak nasi ini mampu menukar sistem kerja dari kerja manusia menjadi kerja alat otomatis. Kemudahan, kesederhanaan, dan manfaat nyata, serta keuntungan dari sistem otomatis ini dapat meningaktkan efektifitas kerja sehingga pengguna dapat melakukan aktifitas yang lainnya pula.

Kendali otomatis adalah suatu teknologi yang menghubungkan antara sistem mekanik, kelistrikan, dan elektronika secara bersama dengan sistem informasi untuk mengendalikan produksi.

Manfaat dan Jenis Produk Rekayasa Elektronika Kendali Otomatis
Manfaat dan Jenis Produk Rekayasa Elektronika Kendali Otomatis
Sistem mekanik pada contoh diatas adalah penanak nasi dan sistem kelistrikan adalah tenaga (energi listrik) yang diberikan untuk memanaskan elemen pemanas. Dalam hal ini elemen pemanas dan juga 'thermostat dapat dikategorikan sebagai sistem elektronik.

Komponen thermostat membaca temperatur dan memberikan informasi kepada sistem elektrik untuk memberikan tindakan. Sistem penanak nasi ini ada dua tindakan, yaitu terus memberikan energi atau berhenti memberikan energi pada temperatur 100 derajat celcius.

Sistem kendali otomatis terdiri dari tiga elemen, yaitu :

  • sumber tenaga untuk menjalankan aksi,
  • sistem kendali umpan balik (feedback control), dan
  • machine programming.

Pada sistem umpan balik, umumnya terdiri dari 5 komponen utama dimana komponen tersebut terdiri dari;
  • masukan (input),
  • proses yang dikendalikan (plant),
  • keluaran (output),
  • elemen pengukur (sensing element), dan 
  • pengendali.


A. Jenis Produk Elektronika Kendali Otomatis.


a. Alat rumah tangga dan industri.

Produk elektronik kendali otomatis terdapat di hampir semua produk rumah tangga. Contohnya terdapat pada lampu otomatis seperti lampu rias yang akan menyala dengan menggunakan sensor tubuh pada saat menditeksi pergerakan dan akan padam jika tidak ada pergerakan selama beberapa waktu.

Selain itu juga terdapat pada lampu dalam lemari, ruang tamu, kamar mandi, atau gudang dimana penggunaan lampu pada ruangan ini akan menyala jika diperlukan saja. Rangkaian lampu ototmatis ini sebagai upaya untuk menghemat energi listrik dimana pengguna tidak meski harus secara manual menekan tombol swith pada rangkaian instalasi penerangan yang dipasang.

Manfaat dan Jenis Produk Rekayasa Elektronika Kendali Otomatis
Manfaat dan Jenis Produk Rekayasa Elektronika Kendali Otomatis
Hal ini tentunya sangat bermanfaat dalam hal penghematan energi listrik di dalam lingkungan rumah tangga kita agar energi tidak terbuang dengan sia - sia. Selain itu juga sangat bermanfaat dalam hal pengurangan dampak terhadap pemanasan global di muka bumi.

b. Produk elektronika kendali otomatis pada robot.

Robot merupakan mesin hasil dari rakitan tangan - tangan terampil manusia yang dapat bekerja tanpa lelah untuk membantu pekerjaan manusia yang bersifat nonstop dan penjelajah lingkungan yang berbahaya misalnya untuk penelitian, membantu poses produksi di lahan industri, transportasi dan kesehatan.

Kendali otomatis pada robot bergerak berdasarkan perintah - perintah yang telah di program pengendalinya yang dilengkapi dengan sensor dan semua input yang diterima oleh sensor akan memberikan data untuk diproses lebih lanjut oleh mikrokontroler.

Manfaat dan Jenis Produk Rekayasa Elektronika Kendali Otomatis
Manfaat dan Jenis Produk Rekayasa Elektronika Kendali Otomatis
Secara umum, karakteristik pada robot diantaranya adalah sebagai berikut;

  • menditeksi lingkungan dengan menggunakan sensor - sensor panas, suhu, suara, dan halangan,
  • kemampuan bergerak menggunakan kaki dan tangan atau roda,
  • memiliki kecerdasan buatan untu memutuskan gerakan yang tepat dan akurat dengan menggunakan unit pengontrol, dan
  • catu daya listrik menggunakan baterai, aki, atau sel surya.

B. Manfaat Produk Elektronika Kendali Otomatis.


Proses pengolahan hasil pertanian, perkebunan, maupun perikanan sangat terbantu jika dikembangkan produk elektronika kendali otomatis sebab proses kendali dapat memantau suhu secara otomatis sehingga parameter - parameter proses pengolahan tetap terjaga dengan baik.

Misalnya pada industri pengolahan ikan untuk penyimpanan hasil olahan dan hasil budidaya jamur. Agar tingkat kesegarannya tetap terjaga atau tidak cepat rusak, dibutuhkan pengaturan suhu yang sesuai untuk menjaga kesegaran dari produk tersebut dan menjaga dari kontaminasi bakteri pembusuk.

Pada industri kelapa sawit dibutuhkan kondisi suhu yang konstan agar proses pemisahan antara batu kelapa dengan kulitnya pada proses pembuatan minyak berjalan dengan baik, misalnya (CPO Meter). 

Dalam ruang lingkup kerja yang lain, misalnya instansi kesehatan seperti rumah sakit, jenis pengendali otomatis banyak digunakan untuk mengontrol suhu ruang seperti 'Termometer suhu tubuh'

Nah.. sampai sejauh ini kami harap sobat semua sudah bisa mengerti tentang apa saja jenis dan manfaat daripada produk rekayasa eletronika otomatis tersebut diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Sumber:Prakarya-Kemdikbud-RI.2018.